Event

Ketiga Kalinya Diadakan #BicaraUang Creator Fest Masih Gaet Generasi Milenial

59
×

Ketiga Kalinya Diadakan #BicaraUang Creator Fest Masih Gaet Generasi Milenial

Share this article

LASAK.iD – Masyarakat Indonesia sebagian besar memang masih sensitif dan tabu jika membahas tentang uang, keuangan atau finansial. Hanya sebagian orang saja yang saat ini mulai berani untuk speak up terkait uang. Menariknya bukan memperlihatkan seberapa banyak uang dan kekayaannya yang dimiliki, melainkan berbicara melalui sebuah karya seni. Sayang hal tersebut masih di dominasi oleh kaum muda, namun menjadi sebuah hal positif pastinya.

Meski pola dan pemikiran tersebut mulai ke arah yang lebih baik, pada kenyataannya masih sangat sedikit wadah yang bisa memberikan ruang bagi mereka untuk berbicara uang. Baik berbicara secara gamblang ataupun yang mereka tuangkan dalam sebuah karya seni.

Melihat kondisi itu, Permata Bank sebenarnya sudah mewadahi melalui acara bertajuk #BicaraUang Creator Fest. Acara yang diselenggarakan sejak tahun 2017 hingga memasuki tahun ketiganya ternyata menarik banyak perhatian. Terlebih acara Creator Fest memang ditunjukan untuk generasi milenial yang memiliki sudut pandang yang kritis dan kreatif, serta memiliki pemikiran yang tajam dalam melihat banyak hal dan dalam memaknai sesuatu.

PermataBank selalu konsisten dalam memberikan yang terbaik untuk nasabah dan tentunya seluruh masyarakat Indonesia. Kami ingin inisiatif-inisiatif yang kami lakukan dapat terus mengedukasi secara luas, khususnya generasi milenial agar kita semua dapat memaknai permasalahan finansial secara lebih open minded, seperti salah satunya melalui acara #BicaraUang Creator Fest 2019. Kami ingin banyak generasi muda punya wadah untuk menuangkan kreatifitas dalam memaknai keuangan”, papar Ivy Widjaja selaku Head, Customer Segmentation & Marketing Permata Bank.

Hal ini juga diperkuat dengan data yang diberikan Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf terkait generasi milenial. Menurut Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf), Indonesia didominasi oleh generasi millenial dengan rata-rata 80% dari 1,6 juta industri kreatif yang ada. Para pelaku ekonomi kreatif rata – rata berada dalam usia 20 sampai 40 tahun dengan berbagai macam bidang usaha yang mereka geluti, termasuk diantaranya karya seni. Yang mengindikasikan Creator Fest akan menjadi agenda rutin yang diadakan setiap tahunnya.

Pada awal April lalu, Permata Bank yang diwakili Ivy Widjaja selaku Head, Customer Segmentation & Marketing dari Permata Bank dan para seniman profesional ternama Indonesia, seperti Anton Ismael, Yandy Laurens dan Muklay mengadakan media gathering di kawasan Kuningan, Jakarta. Acara tersebut dilakukan untuk memperkenalkan kembali, apa itu #BicaraUang Creator Fest. Lebih jauh lagi untuk menyebarluaskan #BicaraUang Creator Fest akan hadir kembali di tahun 2019.

Tahun 2019 #BicaraUang Creator Fest kembali digelar sejak Maret lalu hingga nanti puncak acaranya akan dilaksanakan pada Agustus mendatang bersamaan dengan acara besar dari Permata Bank, Wealth Wisdom 2019. Masih sama seperti tahun sebelumnya, #BicaraUang Creator Fest 2019 akan memperlombakan 3 kategori, yaitu film pendek, photography dan ilustrasi.

Sebelumnya para kreator tersebut tampil di puncak acara Agustus mendatang, beberapa tahapan harus dilewati. Mulai dari Creator Hunt yang sudah dimulai sejak 31 Maret – 31 Mei mendatang. Pada tahap awal tersebut, akan dicari para kreator yang memiliki pandangan baru, ide dan kreatifitas yang dituangkan dalam sebuah pesan mengenai keuangan dimana semua karya diunggah melalui website www.creatorfest.id.

Setelahnya akan ada tahap seleksi, yang akhirnya terpilih sekitar 30 orang kreator untuk mengikuti camp & coaching yang akan dilakukan 24 Juni-31 Juli 2019 melalui program creator camp. Disini para kreator akan diberikan arahan oleh para mentor, seperti Yandy laurens dari Cerita Films untuk skenario, Goen Rock untuk teknis videography, Anton Ismael dan Kelas Pagi untuk creative photography, Muklay untuk ilustrasi dan GFC untuk creative fashion. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan karya yang bisa dipamerkan.

Ajang seperti Creator Fest 2019 ini pastinya sangat dibutuhkan oleh anak-anak muda kreatif untuk dapat mengeksplorasi bakat mereka secara lebih mendalam dan jauh. Apalagi dari PermataBank juga berkolaborasi dengan creator-creator yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing, jadi mereka semua memiliki wadah untuk berbagi dan berdiskusi untuk dapat menciptakan karya yang menghibur dan juga mengedukasi”, sebut Muklay selaku visual artist yang merangkap sebagai coach untuk acara Creator Fest 2019.

Puncaknya, karya dari para kreator akan dipamerkan pada Creator Fest, yang berlangsung selama 2 hari, 14-15 Agustus 2019. Di momen inilah para kreator memiliki kesempatan untuk memamerkan dan mempresentasikan karya terbaiknya. Di acara ini pengunjung bisa melihat 30 karya terbaik dari 10 orang kreator photography, 10 orang kreator film pendek dan 10 orang kreator illutrasi. Menariknya, acara Creator Fest selain bisa berkarya juga bisa beramal loh.

Permata Bank selaku penyelenggara akan mengadakan lelang dari hasil karya para kreator yang berjumlah 30 orang. Hasil lelangnya nanti bukan masuk kantong sendiri (kreator) melainkan disumbangkan ke badan amal kemanusiaan.

(Sarah)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x