NationalNews

BEKRAF Merangkul Kreator Lokal Dalam Program KATAPEL 2018

256
×

BEKRAF Merangkul Kreator Lokal Dalam Program KATAPEL 2018

Share this article

LASAK.iD – Jakarta, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) merangkul kreator lokal dalam program KATAPEL 2018. Program yang digagas oleh BEKRAF untuk membantu kreator lokal dalam mengambangkan karya serta membuka mata kreator lokal dalam membuat karya yang menguntungkan bagi para kreator lokal.

BEKRAF

Ingin mengarahkan kreator lokal untuk mendaftarkan hasil karya mereka dan menjual Intellectual Property (IP) sehingga menghasilkan keuntungan bagi pihak industri kreatif. Beberapa karya yang saat ini di fokuskan seperti animasi, film, komik, dan games.

Program KATAPEL ini bertujuan untuk memperkuat nilai jual di dalam negeri dan luar negeri, saat ini BEKRAF berperan menjembatani kreator lokal dengan pemasaran lisensi IP. Managing Director Danumayadipa Agency Robby Wahyudi mengatakan, industri kreatif menggandalkan kekuatan kapitalisasi hak atas kekayaan intelektual untuk medapatkan nilai tambah ekonomi. Saat ini kreator lokal masih kurang paham dengan penjualan IP atau bahkan terhambat dalam pemasaran IP.

“Ada lima hambatan yang biasanya dihadapi para kreator kita saat memasarkan produknya, pertama adalah akses permodalan, kedua kurang tenaga ahli, ketiga itu adalah kurangnya kolaborasi antar professional, dan terakhir kurangnya pengetahuan terhadap hak intelektual properti” ujarnya saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta, senin. (8/10)

Boni Pudjianto selaku Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri BEKRAF mengatakan keuntungan industri kreatif ini akan didapat dari hasil penjualan Intellectual Property (IP). Penjualan IP bisa melalui tiga cara yaitu jual putus, jual lisensi, dan jual franchice. Penjualan IP memiliki potensi daya jual yang cukup tinggi.

“Diharapkan para peserta dapat membuat strategi komersial dan distribusi IP agar dapat nilai jual lisensi yang tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri” tutupnya.

Program KATAPEL ini sendiri sudah di buka dari tanggal 8 Oktober sampai 17 Oktober 2018, serta program ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan pungutan biaya dengan kata lain gratis. Bagi para kreator lokal yang ingin mendaftarkan karyanya  bisa mengunjungi ke website yang sudah di tentukan WWW.KATAPEL.ID

Karya yang telah dikirimkan oleh peserta akan diseleksi dan akan ada 5 kreator yang terpilih, untuk para kreator yang tidak terpilih bisa mengikuti batch ke dua program KETAPEL dengan hasil karya sebaik mungkin.

(GIO)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x