Event

TikTok Ajak Masyarakat Bertindak Lewat Kampanye #Serunya17an

103
×

TikTok Ajak Masyarakat Bertindak Lewat Kampanye #Serunya17an

Share this article

LASAK.iD – TikTok merupakan destinasi video mobile berdurasi singkat yang hadir di Indonesia sejak September 2017 telah memberikan banyak warna melalui beragam konten. Pada awalnya pemetaan konten yang menjadi favorit belum terlihat dengan jelas

Kini, seiring berjalannya waktu TikTok menjelma sebagai platform pilihan masyarakat Indonesia dengan total 125 juta pengguna aktif bulanan. Beragam jenis konten pun banyak bermunculan, tetapi secara tidak langsung pilihan konten pun mulai mengkerucut.

Tahun ini, untuk TikTok Indonesia ada lima kategori konten memuncaki peringkat dengan memiliki jumlah penonton terbanyak. Sebut saja, komedi (#SerunyaKetawa) dengan 15.6 juta, edukasi (#SerunyaBelajar) dengan 34 miliar, kuliner (#SerunyaKuliner) 23.7 miliar, fesyen dan kecantikan (#SerunyaGayaBareng) dengan 7.1 miliar dan v-log (#SerunyadiTikTok) dengan 12.7 miliar penonton.

Ketertarikan yang tinggi dari masyarakat untuk menjadi bagian dari komunitas membuat TikTok Indonesia rajin menyerukan kampanye dengan menyesuaikan tema tertentu. Terbaru, TikTok Indonesia meluncurkan kampanye #Serunya17an yang bertepatan dengan bulan kemerdekaan.

Kampanye #Serunya17an atau yang dibaca menjadi serunya tujuh belasan atau serunya satu tujuan untuk mengajak komunitas TikTok dan masyarakat luas sama-sama berjuang mencapai satu tujuan, yaitu Indonesia yang lebih baik. Ini sejalan dengan tema HUT RI tahun ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Untuk itu, TikTok selama bulan Agustus ini mengajak komunitas dan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai program yang ditawarkan melalui aplikasi maupun dalam bentuk nyata dalam rangkaian kegiatan sosial bersama para pejuang kreatif.

Selain merayakan keseruan 17-an, kampanye #Serunya17an juga memiliki makna lain, yaitu satu tujuan (1=satu, 7=tujuh,+an) untuk Indonesia yang lebih baik. Melalui semangat juang menuju satu tujuan dari para pejuang kreatif dari berbagai kategori yang telah menunjukkan tindakan nyata melalui konten mereka. Kami harap semangat #Serunya17an ini bisa menginspirasi masyarakat Indonesia untuk sama-sama berjuang membawa perubahan bermakna lewat cara mereka sendiri”, ungkap Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia.

Untuk itu, TikTok menunjuk pejuang kreatif sebagai bagian dari kampanye #Serunya17an untuk mewakili semangat dalam membuka peluang mata pencaharian, menjaga lingkunganmeraih prestasi bagi bangsamelestarikan budaya, hingga menyebarkan semangat belajar, melalui berbagai rangkaian kegiatan.

Berikut berbagai aktivitas seru di dalam dan luar TikTok yang menjadi bagian dari kampanye #Serunya17an:

  • Mengangkat kisah dari lima pejuang kreatif yang terus maju berjuang untuk membawa perubahan positif melalui kontennya di TikTok, maupun tindakan nyata, untuk bisa menginspirasi masyarakat agar ikut berjuang mewujudkan satu tujuan Indonesia yang lebih baik. Kelima pejuang kreatif ini antara lain,
    1. Mikha Tembayong sebagai Pejuang Edukasi, penyanyi, aktris dan penggiat pendidikan yang aktif menyebarkan semangat belajar, termasuk pentingnya mengenyam bangku Pendidikan
    2. Pandawara Group sebagai Pejuang Hijau, kelompok pemuda asal Bandung yang gemar menularkan semangat cinta lingkungan melalui aksinya membersihkan sungai dan pantai di berbagai wilayah di Indonesia
    3. Roman Nuansa sebagai Pejuang Budaya, seorang seniman tekstil yang telah mengharumkan bangsa Indonesia lewat karya batik di kancah fashion week dunia
    4. Leani Ratri Oktila sebagai Pejuang Prestasi, seorang atlet para badminton. Berkat perjuangannya bagi Indonesia, Oktila pernah meraih dua medali emas dan satu medali perak di ajang Paralimpiade Tokyo 2020
    5. Kohcun sebagai Pejuang Cuan, seorang kreator affiliate yang berhasil menemukan sumber mata pencarian baru karena dedikasinya untuk berjuang mencari pemasukan tambahan baginya dan keluarga
  • Mendorong para pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnisnya dengan menghadirkan produk andalannya di TikTok Shop Pesta Lokal 8.8 yang berlangsung mulai dari 1 hingga 8 Agustus 2023. Komunitas TikTok juga bisa ikut dalam kemeriahan TikTok Shop ini dengan menikmati berbagai diskon dan promo menarik untuk mendukung kemajuan produk lokal, antara lain dari Batik Alfaris, Sweater Polos, Karung Jantan, dan Arj88.
  • Mengajak komunitas dan kreator TikTok untuk ikut melakukan tindakan nyata menjadikan Indonesia yang lebih baik, melalui serangkaian kegiatan sosial,antara lain membersihkan lingkungan bersama kreator dan komunitas TikTok, menggelar pelatihan eco-printed fabric untuk mengembangkan keterampilan warga desa di Lembang, membuka kelas pelatihan seputar karier untuk pelajar SMK, serta sesi sharing bersama kreator TikTok dan Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia.

Selain mengikuti perjalanan para pejuang kreatif ini menuju Indonesia yang lebih baik, para pengguna dan komunitas TikTok juga bisa ikut memeriahkan perayaan HUT RI ke-78 melalui hashtag challenge #Serunya17an dan kompetisi pembuatan Efek TikTok khusus 17-an. Perayaan semakin meriah dengan kehadiran konten serial TikTok bertajuk “Warung Ceu Aya” yang bercerita tentang keseharian dan suasana khas 17-an. Serial TikTok ini diperankan oleh Alice Norin, aktris dan womenpreneur yang juga terkenal sebagai kreator affiliate di TikTok.