Celebs

Willie Salim: Cita-Cita Terwujud, Kini Memiliki 10 Juta Subsciber

118
×

Willie Salim: Cita-Cita Terwujud, Kini Memiliki 10 Juta Subsciber

Share this article

LASAK.iDWillie Salim, seorang kreator yang khas dengan beragam konten “mari kita borong”, belum lama ini merayakan satu pencapaian signifikan dalam perjalanannya sebagai konten kreator di YouTube. Mengawali channel YouTube di tahun 2014 dan mulai fokus dalam konten berdurasi pendek dan di YouTube Shorts sejak 2022, Willie berhasil mencapai Diamond Creator Award setara dengan lebih dari 10 juta subscribers.

Willie Salim baru-baru memiliki kesempatan untuk melakukan wawancara dengan YouTube atas pencapaiannya tersebut:

Menjadi content creator cita-cita sejak kecil

Willie Salim ternyata telah memiliki cita-cita menjadi seorang content creator sejak masih kecil. Ini karena Willie Salim tumbuh besar dengan menonton video YouTube, dan masih sampai sekarang dari kreator seperti Edho Zell dan lain-lain. Ia memulai video di YouTube dengan membuat Short saat masih duduk di bangku SMA.

Alasan menjadi content creator

Di saat bersamaan ia memulia menjadi seorang content creator, Indonesia dan dunia sedang dilanda pandemi. Namun, Willie Salim melakukannya dengan konsisten sehingga video yang dibuatnya disukai dan menarik perhatian pengguna media sosial.

Willie Salim mendapatkan hasil dari kerja kerasnya tersebut, namun ia menyadari bahwa uang yang didapatkan dapat membantu orang lain. Apalagi saat itu Indonesia yang juga mengalami masa pandemi membuat banyak usaha kecil kesulitan menjual produknya.

Keadaan yang membawa rasa empati dari Willie Salim untuk turut membantu dengan membuat video di mana ia membeli semua produk dan mengembalikannya ke masyarakat. Sejak saat itu, kontennya menjadi viral dan sesuatu yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Konten yang kemudian menginspirasi dan menjadi misinya untuk terus berbagi dan membantu masyarakat sekitar. Sesuatu hal yang menyenangkan untuknya dengan membuat pemilik usaha juga penonton senang.

Inspirasi membuat konten “mari kita borong”

Saat ini, konten dari Willie Salim telah menginspirasi banyak content creator lainnya. Siapa sangka Willie Salim pun sama, ia banyak terinspirasi dari banyak content creator senior saat membuat konten “mari kita borong”.

Willie Salim banyak terinspirasi kreator Indonesia maupun kreator internasional, seperti MrBeast yang memiliki visi sama dengannya dalam hal pembuatan konten. Ia berharap bisa berkolaborasi dengan sang kreator di masa depan.

Selain dari konten yang mirip dengannya, Willie Salim juga suka menonton video makanan di YouTube. Ia menggemari video dari Mark Weins dan Strictly Dumpling. Faktanya, menjadi food vlogger keinginannya sejak kecil karena suka explore kuliner.

Memiliki aturannya sendiri

Setiap content creator memiliki aturannya tersendiri. Begitu pun dengan Willie Salim untuk channel dan konten yang dibuat. Ada dua aturan yang selalu diterapkan content creator berusia 21 tahun tersebut.

  • Willie Salim membuat konten karena ingin membuatnya, menikmatinya dan merasa puas dengannya
  • Willie Salim membuat konten karena tahu audiens akan menyukainya

Memahami penonton sangat penting, salah satunya dengan melihat komentar dari video yang dibuat dan melihat yang dibicarakan. Seorang content creator tetap relevan dengan penontonnya dengan memeriksa kalender acara selama bulan dan mengetahui apa yang terjadi di sekitar.

Terpenting, jangan takut untuk menggunakan imajinasi bahkan dari masa kecil. Willie Salim mencontohkan saat dirinya masih kecil, ia ingin sekali tinggal di sebuah kastil. Itu sebabnya Willie Salim menyebut rumahnya dengan “kastil” di setiap video, untuk menghidupkan imajinasi masa kecil dirinya dan semua orang.

Kerjakan sendiri dalam membuat konten

Willie Salim yang telah memiliki 10 juta subsciber ternyata lebih banyak mengerjakan semua ide kontennya sendiri. Tim yang dimilikinya lebih berfokus pada pembuatan video dan pengeditan, walau sesekali membantunya dalam pembuatan ide konten.

Waktu yang dibutuhkan Willie Salim sekitar 1 – 2 hari untuk memikirkan, menulis dan merencanakan ide konten untuk waktu sebulan. Ini termasuk tujuan atau hal yang ingin dikembangkan selama sebulan lamanya, dalam perencanaan yang dibuat per minggunya. Willie Salim bahkan tak segan bereksperimen jika rencana yang telah dibuat tidak sesuai dengan ekspektasinya.

Liburan untuk menemukan ide

Willie Salim pun seperti kebanyakan content creator, di mana ada masanya mentok atau kehabisan ide untuk membuat konten. Hal yang dibutuhkan tentu istirahat dan bersantai sejenak. Liburan menjadi pilihan dan cara ampun untuknya mengembalikan ide-ide segar. Berjalan menjadi cara lain untuk membantunya berpikir. Ia bahkan membawa serta salah satu dari timnya untuk mencatat dan menulis semua ide yang keluar saat melakukannya.

Tak hanya berfokus membantu sesama dengan kontennya mari kita borong”, Willie Salim juga memiliki tujuan mulia lainnya untuk membangun sebuah yayasan. Ini menjadi rencana jangka panjangnya untuk lebih banyak membantu komunitas di Indonesia.