Celebs

Tiga Kreator Indonesia di TikTok Yang Bawa Dampak Positif

58
×

Tiga Kreator Indonesia di TikTok Yang Bawa Dampak Positif

Share this article

LASAK.iD – Sejak pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2018 lalu, TikTok terus menjadi tempat pilihan para kreator dan komunitas untuk saling terhubung, mengekspresikan diri, menciptakan tren, belajar, dan menghibur satu sama lain.

Tidak jarang, sejumlah konten yang diunggah para kreator TikTok pun turut memberikan dampak positif bagi komunitas dan masyarakat Indonesia, khususnya di bidang sosial dan ekonomi. Hal ini semakin memperkuat misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan bagi pengguna di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Merayakan Hari Telekomunikasi Sedunia yang jatuh pada 17 Mei lalu, TikTok ingin berbagi cerita inspiratif dari sejumlah kreator yang terus berupaya untuk menciptakan dunia daring yang lebih baik dan bermanfaat bagi komunitas dan masyarakat di Indonesia.

Siapa saja kreator tersebut? Mari kita simak ceritanya berikut ini:

Bantu generasi muda lebih asertif dan percaya diri, Daffa bagikan kiat public speaking yang praktis dan mudah untuk diterapkan

Teuku Daffa, atau yang lebih dikenal dengan sapaan Daffa, merupakan seorang kreator muda yang rajin berbagi tips praktis seputar public speaking di TikTok. Melalui akun pribadinya, @daffaspeaks, Daffa ingin membantu masyarakat melawan rasa takut yang ada ketika harus berbicara di depan umum dengan cara yang seru dan menyenangkan. Pemegang sertifikat Public Speaker dari BNSP RI ini aktif membagikan skill yang dimilikinya sejak pandemi di TikTok.

Sebagai seorang yang dulunya pemalu, Daffa merasa bahwa public speaking merupakan sebuah skill dasar yang perlu dimiliki oleh semua orang. Daffa juga berpendapat bahwa kemampuan public speaking seseorang perlu dipupuk sedari dini agar semua orang, khususnya generasi muda, tidak hanya pintar dari segi kompetensi, tapi juga merasa percaya diri dalam menyampaikan pemikirannya.

Selain berbagi teori dasar seputar public speaking melalui video singkat, Daffa juga membuat tantangan reguler yang ia namakan ‘PubSpeak challenge‘. Melalui fitur ‘Duet‘ di TikTok, Daffa mengajak komunitas TikTok untuk melakukan praktik langsung setelah mempelajari kiat dan teori public speaking yang ia bagikan.

Berkat usaha Daffa, kini banyak anak muda Indonesia yang mampu mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum. Beberapa dari followers Daffa bahkan juga merasa semakin percaya diri saat berbicara di depan umum, bahkan mendapat pujian dari sang dosen! Konten edukasi milik Daffa ini berhasil memikat hati para komunitas di TikTok, mendapatkan lebih dari 523 ribu followers dengan 5,9 juta likes, loh! Salut banget ya buat Daffa!

Dini menginspirasi para wanita dan ibu di seluruh Indonesia untuk terus konsisten dan tekun dalam berkarya

Dini Nurul Islami atau yang biasa disapa Dini merupakan seorang kreator affiliate di TikTok. Setelah mendapat restu dari sang suami, Dini pertama kali mengawali perjalanannya sebagai kreator TikTok pada tahun 2021. Melalui akunnya, @dininrli, Dini mulai menggunggah konten dan mengadakan sesi livestreaming untuk menawarkan kue kering jualannya.

Namun, perjalanan Dini tidak mulus karena video unggahan maupun sesi livestream yang ia adakan tidak berhasil menarik perhatian komunitas TikTok. Tidak patah semangat, Dini terus konsisten mengunggah konten yang lebih kreatif dan interaktif. Kerja keras Dini pun berbuah manis hingga membuat Dini kewalahan menangani banyaknya pesanan yang masuk setiap harinya.

Melalui interaksi sehari-hari dengan para pengikutnya yang mayoritas berasal dari kategori ibu, Dini menyadari ada banyak ibu di luar sana yang mengalami kesulitan dalam memahami produk teknologi. Dini pun mulai merambah kategori teknologi dan bergabung dalam program affiliate di TikTok Shop untuk mengulas dan berjualan produk teknologi, khususnya yang dapat membantu kegiatan para ibu di rumah.

Berkat jerih lelahnya, Dini berhasil menjadi salah satu kreator affiliate teratas untuk kategori produk teknologi di TikTok Shop. Selain membantu masyarakat Indonesia menemukan produk teknologi dengan harga terbaik, Dini juga tidak segan untuk berbagi kisah suksesnya kepada para kreator affiliate melalui ajang seperti TikTok Shop Electronics Bootcamp.

Sebagai seorang kreator teknologi, Dini terus membuktikan bahwa seorang perempuan juga bisa menyampaikan penjelasan dan ulasan produk teknologi, yang biasanya identik dengan kreator pria. Berkat penjelasan yang mudah dipahami, video dan sesi livestream-nya berhasil membantu komunitas TikTok menemukan produk teknologi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dini juga membuktikan bahwa profesi kreator affiliate tidak bisa dipandang sebelah mata karena berkat affiliate, Dini bisa membantu perekonomian keluarga, membeli mobil, hingga mengirim kedua orang tuanya untuk menjalankan ibadah haji. Inspiring banget ya kisah Dini!

Bentuk budaya anti-hoax, dr. Pras ajak masyarakat lawan misinformasi dan disinformasi seputar kesehatan umum bersama TikTok

Sebagai seorang praktisi medis yang peduli terhadap kesehatan masyarakat, dr. Pras menyadari pentingnya peranan dokter untuk melawan disinformasi dan misinformasi seputar kesehatan umum. Melihat banyaknya informasi keliru seputar COVID-19 yang berseliweran di platform digital tiga tahun lalu, dr. Pras turut mengemban tanggung jawab untuk meluruskan informasi yang ada.

Melihat adanya peluang untuk melakukan interaksi dua arah di TikTok LIVE, melalui akun TikTok-nya @this.is.pras, dr. Pras membahas informasi dan fakta terkini mengenai covid-19. Berkat respons positif yang diberikan komunitas TikTok, dr. Pras pun mulai konsisten melakukan livestreaming hingga saat ini.

Setelah pandemi COVID-19 berakhir, dr. Pras terus berbagi ilmu dan informasi seputar masalah kesehatan secara real-time di TikTok. Selama sesi LIVE berlangsung, dr. Pras juga membuka konsultasi gratis, di mana para audiens dapat bertanya tentang masalah kesehatan, penyakit, bahkan keluhan yang dirasakan oleh penonton. dr. Pras juga aktif membuat video singkat untuk menyampaikan informasi yang relevan dan praktis seputar kesehatan. Misalnya, tips untuk mengatasi kaki kram pada saat tidur.

Apabila sebelumnya masyarakat dan komunitas TikTok merasa kesulitan dalam mencari sumber informasi yang dapat dipercaya mengenai kesehatan umum, berkat upaya dr. Pras, kini semua orang dapat mengakses informasi seputar kesehatan dengan mudah dan tentunya berasal dari sumber yang tepercaya.

Kami ingin mengapreasi para kreator TikTok yang terus menyebarkan pengaruh positif dan menginspirasi masyarakat luas, termasuk masyarakat Indonesia. Berkat kreativitas tanpa batas dan partisipasi aktif dari para kreator kami, semua orang bisa merasakan manfaat langsung dari konten unggahan mereka, baik itu melalu tips kreatif pengembangan diri, berbagi informasi terkini seputar kesehatan, hingga mendapatkan ulasan produk jujur dan tepercaya. Bersama para kreator kami, TikTok berharap untuk terus menciptakan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” jelas Mahwari Sadewa Jalutama, Country Head of Operations, TikTok Indonesia.

Dengan banyaknya kreator yang hadir setiap harinya, TikTok terus bersemangat untuk menyaksikan bagaimana para kreator luar biasa ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia. Simak berbagai kisahmenarik tentang kreator lainnya di situs web tiktok.com atau aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Apple App Store dan Google Play Store.