Uncategorized

Panduan Mempersiapkan Perpisahan: Film Cinta Situationship

82
×

Panduan Mempersiapkan Perpisahan: Film Cinta Situationship

Share this article

LASAK.iD – Cinta-cintaan di masa kini, tidak selalu akan berakhir dengan status pacaran, lho! Ada juga sebagian orang yang memilih untuk menjalani hubungan tapi tanpa status yang pasti. Ada yang saling mengakui perasaan mereka, tapi tidak mau memiliki kejelasan status, yang dikenal dengan istilah situationship.

Situationship ini seringkali disebut mirip dengan kondisi Friends with Benefit (FWB). Bedanya, jika FWB tidak boleh melibatkan perasaan dan tidak boleh emosional, jika salah satunya memiliki hubungan asmara lain. Hubungan Demi dan Bara adalah contoh paling dekat yang menggambarkan cerita cinta situationship. Bara dan Demi adalah dua tokoh utama dalam film “Panduan Mempersiapkan Perpisahan” karya sutradara Adriyanto Dewo.

Di film ini, ada banyak hal yang menunjukkan bahwa ternyata, hubungan dua orang yang saling sayang, nggakselalu berakhir manis, loh. Seperti apa sih memangnya kisah Demi dan Bara?

Tokoh Bara yang diperankan oleh Daffa Wardhana menunjukkan sisi laki-laki introvert dan puitis yang benar benar jatuh hati pada sosok Demi. Meski harus menjalin hubungan jarak jauh, Bara menyimpan harapan suatu saat hubungannya bisa ke jenjang lebih serius bersama Demi. Meskipun ternyata tidak semulus itu. Bertolak belakang dari Bara, sosok Demi yang diperankan oleh Lutesha adalah wanita yang bebas. Meski ia merasa nyaman bersama Bara, bukan berarti ia harus buru-buru menjalin hubungan yang lebih serius lagi. Perbedaan ini yang kemudian membuat mereka memutuskan untuk berpisah.

Apakah hubungan keduanya akan semudah itu berakhir? Menurut Daffa Wardhana, film ini memang spesial, karena mengingatkan kita bahwa hubungan tidak selalu berakhir sesuai keinginan kita dan pasti dalam hidup ada yang datang dan pergi, kita harus bisa menerima itu. Walaupun di sini sisi yang lebih mellow adalah laki laki.

Film ini akan menunjukkan sisi bahwa laki-laki juga bisa memiliki perasaan kebingungan dan kekosongan karena ditinggalkan, bahwa laki-laki juga bisa ditinggalkan,” ungkap Daffa Wardhana.

Selain mengangkat cerita tentang cinta situationship, film ini juga memiliki keistimewaan lain karena disajikan dengan puitis dan memiliki sinematografi yang unik. Karena akan ada dua penggambaran waktu yang berbeda.

Kita memakai mode berwarna untuk masa lalu dan black and white untuk menggambarkan masa depan. Di mana biasanya film-film lain kebalikannya,” tambah Daffa.

Mengutip review dari lenkaflorienka yang tertera di letterbox setelah menonton filmnya, menurutnya, “Film singkat ini punya plot dan cerita yang cukup strong and well executed with good back-and-forth pacing yang untungnya works. Buat yang sedang atau pernah mengalami hubungan percintaan tanpa status whatoever, film ini bisa jadi must watch kalian deh, soalnya kata Bara punya ekspetasi tinggi adalah cara paling konyol dalam mencintai.”

Dan menurut Jakasukaria, “Panduan Mempersiapkan Perpisahan menjadi hadiah absolut bagi pasangan yang sedang dikacaukan oleh Asmara. Adriyanto Dewo berhasil merakit jalinan per-babnya menjadi sajian utuh tanpa celah. Dialog dialog yang nyatanya benar-benar sederhana tanpa diksi magis berhasil diterjemahkan lewat gaya narasinya. Di dekade 20-an ini, Luthesa dan Daffa Wardhana tentunya berhasil mencuri perhatian menjadi kandidat paling serius “pasangan patah-hati paling pupus.”

Untuk yang ingin tahu lebih lanjut tentang film ini, bisa langsung menyaksikan filmnya di Bioskop Online. Film “Panduan Mempersiapkan Perpisahan” sudah tayang di Bioskop Online mulai 24 Februari 2023. Untuk menonton film yang diadaptasi dări buku berjudul “Eminus Dolere” terbitan Mojok ini, dapat melalui website Bioskop Online atau lewat aplikasi Bioskop Online yang bisa diunduh di App Store dan Google Play Store.

Untuk pengguna Android dan Web Browser, gunakan kode voucher ‘PMPBION‘ untuk mendapatkan potongan harga Rp 5.000 cuma sampai 12 Maret 2023. Untuk pengguna iOS, kamu mendapatkan harga spesial Rp10.000 cuma sampai 12 Maret 2023!