FilmCinemaHappening

Resmi, Film Women from Rote Island Tayang 22 Februari 2024

238
×

Resmi, Film Women from Rote Island Tayang 22 Februari 2024

Share this article

Women from Rote Island karya Jeremias Nyangoen bercerita tentang kekerasan seksual dari sudut pandang masyarakat NTT.

LASAK.iDWomen from Rote Island, film pemenang Festival Film Indonesia 2023 untuk kategori Film Cerita Panjang Terbaik akhirnya umumkan penayangannya di bioskop. Film dari rumah produksi Bintang Cahaya Sinema dan Langit Terang Sinema yang disutradarai Jeremias Nyangoen akan menyapa penikmat film pada 22 Februari 2024 mendatang.

Women from Rote Island sebuah karya seni sinematik juga sebuah narasi penting yang mengangkat isu-isu pelecehan dan kekerasan terhadap perempuan dan laki-laki, termasuk kekerasan seksual. Kualitas cerita yang tak main-main membuat film ini meraih sejumlah penghargaan bergengsi sebelum memasuki layar bioskop.

Sejak premiere di A Window On Asian Cinema Busan International Film Festival pada 7 Oktober 2023, Women from Rote Island terus mengumpulkan apresiasi dari berbagai festival film bergengsi, termasuk memenangkan kategori Penulis Skenario Asli Terbaik, Sutradara Terbaik oleh Jeremias Nyangoen, Pengarah Sinematografi Terbaik oleh Joseph Christoforus Fofid dan Film Cerita Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia 2023. Film ini juga meraih Direction Award di Jakarta Film Week 2023, yang menandakan kualitas cerita yang tak main-main dari penulis dan sutradara Jeremias Nyangoen.

Jeremias Nyangoen, tokoh di balik Women from Rote Island memiliki komitmen kuat terhadap proyek ini selama empat tahun. Selama 1 tahun 8 bulan di antaranya dikhususkan untuk penulisan naskah yang mendalam dan berdaya. Jeremias Nyangoen dengan tekun melakukan perjalanan antara Jakarta dan Pulau Rote, mencari sudut pandang yang otentik untuk menggambarkan kisah ini.

Baca juga: Perempuan Berkelamin Darah Siap Sapa Penonton Oktober 2023

Dalam upaya untuk memberikan sentuhan keaslian yang lebih dalam, Jeremias juga memilih para pemain yang belum pernah berakting, dan mereka adalah Van Jhoov, Linda Adoe, Irma Rihi dan Sallum Ratu, talenta asli dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka sukses membawa kehidupan pada karakter-karakter ini dengan keberanian dan keautentikan yang mengesankan.

Kami berusaha menciptakan sesuatu yang tidak hanya memukau secara sinematik, tetapi juga menyentuh hati penonton. Selama perjalanan ini, kami tidak hanya menggarap film, tetapi juga berusaha menyuarakan isu-isu yang mungkin terlupakan oleh masyarakat luas,” ungkap Jeremias Nyangoen, sutradara Women from Rote Island berbicara tentang proses pembuatan film ini.

Ia menambahkan, “Saya berharap film ini dapat membuka mata dan hati penonton terhadap realitas kekerasan dan diskriminasi yang masih dihadapi perempuan tidak hanya di Rote, tetapi di banyak tempat. Semoga kita bisa bersama-sama merespons isu ini dengan cara yang positif dan mendukung perubahan menuju masyarakat yang lebih adil dan setara.”

Women from Rote Island bukan hanya sebuah film, tetapi sebuah perjuangan untuk menyuarakan realitas kehidupan yang mungkin terabaikan. Harapan besar film ini tidak hanya meraih penghargaan atau apresiasi, tetapi juga membuka ruang diskusi dan perubahan dalam pandangan terhadap isu-isu sosial yang dihadapi di NTT dan seluruh Indonesia.

Menyajikan kisah yang menantang, Women from Rote Island berusaha membangunkan kesadaran masyarakat terhadap ketidaksetaraan yang masih terjadi di berbagai lapisan masyarakat. Film ini bercerita tentang perjalanan Martha, seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang ke Pulau Rote untuk menghadiri pemakaman ayahnya.

Namun, di balik kesedihan tersebut, Martha harus menghadapi traumanya sendiri akibat kekerasan seksual yang pernah ia alami. Sejalan dengan itu, Orpa, ibu Martha, juga harus berjuang menghadapi kehidupan yang keras dan menghadapi realitas kekerasan dan diskriminasi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
MerkNews
5 months ago

Magnificent beat I would like to apprentice while you amend your site how can i subscribe for a blog web site The account helped me a acceptable deal I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright clear idea

BreakMissed
5 months ago

Attractive section of content I just stumbled upon your blog and in accession capital to assert that I get actually enjoyed account your blog posts Anyway I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently fast

EsterTimes
5 months ago

I loved as much as youll receive carried out right here The sketch is attractive your authored material stylish nonetheless you command get bought an nervousness over that you wish be delivering the following unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike

CinerNewss
5 months ago

I simply could not go away your web site prior to suggesting that I really enjoyed the standard info a person supply on your guests Is going to be back incessantly to investigate crosscheck new posts

binance referral code
2 months ago

Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks!

5
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x