MusicEntertainment

Astrid Kembali Hadirkan Kegalauan Lewat Rilisan Lagu Terbaru Berjudul Silakan

153
×

Astrid Kembali Hadirkan Kegalauan Lewat Rilisan Lagu Terbaru Berjudul Silakan

Share this article

Astrid merupakan penyanyi tanah air yang dikenal dengan lagu-lagu yang bertemakan kegalauan dalam percintaan.

LASAK.iD – Penyanyi Indonesia Astrid Sartiasari atau yang dikenal dengan nama panggung Astrid kembali ramaikan industri musik dengan merilis karya terbaru. Penyanyi yang dilabeli penikmat musik sebagai spesialis lagu galau kembali dengan lagu galau yang kental akan nuansa pop ballad melalui single berjudul Silakan.

Lagu ini ternyata sudah diciptakan Zack pada 2019 lalu, bahkan sempat dinyanyikan sang istri sebagai sebuah demo lagu. Dengan kata lain, lagu ini sudah hadir dan diberikan kepada Astrid pada tahun 2024 sudah dalam paket lengkap.

Menariknya, pada 2019 lalu, Zack dalam proses penulisan lirik serta menciptakan musiknya dengan membayangkan lagunya sedang dinyanyikan sesuai kekhasan dari Astrid. Penyanyi dengan suara lembut yang mampu menghipnotis dalam setiap karyanya.

Awalnya, bikin lagunya memang ngebayanginnya Mba Astrid di tahun 2019 bikin lagunya. Sempat dinyanyikan istri saya waktu tuh sebagai demonya. Saat kasih ke Mba Astrid sempat izin dulu ke istri sebenarnya. Boleh atau ngga, ternyata dibolehin“, ungkap Zack.

Meski datang dalam pekat lengkap, ternyata ada beberapa hal yang harus dilakukan penyesuaian. Astrid bahkan turut andil dalam prosesnya, dengan mengubah musik yang sebelumnya melibatkan cukup banyak instrumen menjadi jauh lebih sederhana yang memang sesuai dengan warna musiknya.

Pada liriknya, Astrid mengungkapkan ada perubahan yang dilakukan untuk mendapatkan makna yang lebih dalam tentang lagunya. Astris ingin membuatnya cukup relate dengan kehidupan asli yang mungkin pernah atau sedang dialami pendengar lagunya.

Kita sempat mengadakan workshop untuk membedah setiap lirik lagunya. Aku tuh biasanya pengen kalau lagu itu saat didengarkan relate sama sesuatu dlam kehidupan kita. Untungnya, Alhamdulillah Zack ngga bermasalah liriknya agak diacak-acak gitu dan ditambahin, agar lebih memperjelas isi lagunya dan mengena ke pendengarnya“, jelas Astrid.

Adrian Martadinata selain produser untuk lagu Silakan, juga sosok teman yang mengenal baik Astrid, terutama kaitannya dengan karakteristik suara, begitu pun lagu akan lirik juga musik yang memang dimau oleh Astrid. Kerja kelompok yang akhirnya melahirkan sisi baru dari lagu Silakan, yang memang mencerminkan sosok seorang Astrid.

Proses pengerjaan sendiri memang gw pribadi dan Ivan, kita berdua memproduseri lagu Silakan. Kita berdua memang sudah terbiasa sekali memproduksi atau mengerjakan musiknya Astrid. Bahkan juga saya sempat menciptakan lagu untuk Astrid, jadi bisa dibilang cukup mengenal dan paling penting tahu maunya Astrid itu seperti apa. Kita berdua juga kenal suara dia seperti apa dan harus duduk di komposisi musik yang seperti apa. Di sini, kita berdua hanya supporting dan nambahin energi untuk lagunya“, ungkap Adrian Martadinata.

Untuk video musik sendiri, Giri Maulana yang ditunjuk sebagai sutradara memberikan sajian spesial untuk lagu dari Astrid. Giri memilih lokasi yang belum terjamah untuk sebuah produksi, yang berada di kota Bandung.

Aku memberikan yang terbaik untuk proses kreatifnya. Salah satunya dari pemilihan lokasi, aku pakai lokasi yang memang belum terjamah syutingan. Jadi, itu buat Mba Astrid jadi yang pertama untuk syuting“, kata Giri Maulana.

Konsepnya sendiri, Giri menggunakan visual yang multitafsir dengan merujuk pada judul lagunya itu sendiri, yaitu Silakan. Ini pun punya pengaruh besar dari kekhasan dari setiap lagu milik Astrid yang melulu pada kegalauan. Untuk menggambarkannya, Giri menggunakan visual sebuah pintu.

Begitu pun dengan boneka teru teru bōzu yang Giri munculkan untuk memberikan sebuah kontradiksi untuk kaitannya akan boneka itu sendiri kepada makna lirik lagunya. Untuk itu, Giri membuat boneka teru teru bōzu dengan gambaran sedang menangis.

Untuk konsep, aku mencoba beberapa visual yang multitafsir, contohnya dari judulnya Silakan. Sebenarnya, aku suka mencuri dari lagu-lagu galau Mba Astrid. Nah, aku visualisasikan dengan pintu. Boneka teru teru bōzu yang digunakan untuk menghentikan hujan, tapi aku membuat kontradiksi dari penafsiran itu dengan simbol dari teru teru bōzu sedang menangis“, tambahnya lagi.

Single Silakan dari penyanyi Astrid secara resmi dirilis di berbagai platform music digital, yang bersamaan dengan video musik dari lagunya di kanal YouTube dari Astrid pada Jum’at, 28 Juni 2024 pukul 16.00 WIB.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x