Event

Jakarta Film Week Langkah Awal Jadikan Jakarta Sebagai Kota Cinema

47
×

Jakarta Film Week Langkah Awal Jadikan Jakarta Sebagai Kota Cinema

Share this article

LASAK.iD – Jakarta sebagai Ibukota telah menyelenggarakan beragam festival dengan taraf nasional hingga internasional. Festival pada sektor hiburan seperti budaya, musik hingga film cukup menarik perhatian masyarakat. Jakarta sebagai Ibukota tentu ingin memiliki gelaran di berbagai sektor yang identik dengan kota berjuluk J-Town ini.

Untuk itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta resmi meluncurkan Jakarta Film Week pada Rabu (25/8) secara daring yang dihadiri Gumilar Ekalaya selaku Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Ekky Imanjaya sebagai Festival Board, Rina Damayanti selaku Direktur Festival dan Lisa Siregar sebagai Program Koordinator.

Jakarta Film Week akan mengangkat tema Going to Distance dan puncaknya akan berlangsung pada 18-21 November 2021 mendatang. Dalam pelaksanaannya, Jakarta Film Week memiliki dua program utama, yaitu program pemutaran film dan program non pemutaran film. Program pemutaran film di Jakarta Film Week, akan memutarkan film panjang dan film pendek dari Indonesia dan Internasional, yang terbagi ke dalam 2 kategori, kompetisi dan non kompetisi.

Untuk kategori kompetisi, Jakarta Film Week memiliki tiga penghargaan, yaitu Global Feature Award (penghargaan film panjang internasional terbaik), Direction Award (penghargaan film panjang Indonesia terbaik) dan Global Short Award (penghargaan film pendek internasional terbaik). Pembuat film dapat mendaftarkan karya filmnya paling lambat hingga 30 September 2021. Film-film yang terpilih, akan dibagi ke dalam dua kategori, kompetisi dan non kompetisi, yang akan ditayangkan secara daring dan diputar langsung di bioskop.

Program non pemutaran dari Jakarta Film Week akan berisi Jakarta Film Fund, Masterclass, Talks, Community serta Exhibition dan Showcase. Jakarta Film Fund adalah kompetisi ide cerita yang bisa diikuti oleh khusus warga DKI Jakarta. Pendaftaran ide cerita telah dibuka dan akan ditutup pada 12 September 2021 mendatang. Para dewan juri akan memilih 5 cerita terbaik, yang akan mendapatkan dukungan dana produksi sebesar Rp 30.000.000,-. Pemenang juga akan mendapat mentoring dari pembuat film professional, movielab penyutradaraan, penulisan naskah dan penyuntingan gambar. Semua film yang telah selesai diproduksi akan ditayangkan pada saat festival berlangsung di November mendatang.

Langkah Jakarta Film Week yang tak sebatas menggaet film maker tanah air tetapi juga internasional untuk membentuk Jakarta sebagai Kota Cinema. Dengan harapan Jakarta mampu bersaing dengan kota-kota lain di dunia yang sudah lebih dulu sukses membentuk mindset tersebut, seperti Cannes di Perancis, Busan di Korea Selatan, Tokyo di Jepang hingga Los Angeles di California-Amerika Serikat.

Selama proses kurasi dan penjurian, Jakarta Film Week akan menghadirkan expert di bidang perfilman tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga luar negeri. Langkah ini tentu untuk membuat karya film maker khususnya dari Indonesia mampu bersaing dan sesuai dengan standar internasional.

Untuk info lengkap dan pendaftaran bisa akses di sini Jakarta Film Week.