FilmUncategorized

Jogja-Netpac Asian Film Festival 2023 Lakoni Roadshow di 4 Kota

112
×

Jogja-Netpac Asian Film Festival 2023 Lakoni Roadshow di 4 Kota

Share this article

LASAK.iD – Bioskop Online sebagai Rumah Sinema Indonesia yang menyediakan kurasi film Indonesia, mendukung Jogja-Netpac Asian Film Festival, yang merupakan festival film terbesar di Indonesia. Dalam rangka menyambut penyelenggaraan Jogja-Netpac Asian Film Festival 2023 (JAFF18) yang nantinya akan dilaksanakan pada 25 November-2 Desember 2023 di Yogyakarta, Bioskop Online dan JAFF mengadakan acara roadshow Road to JAFF18 di 4 kota, yaitu Medan, Palembang, Makassar dan Semarang.

Mengawali roadshow, Bioskop Online berkunjung ke Medan, tepatnya di Tengah People & Place, yang diselenggarakan pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Roadshow ini dirancang untuk menjadi wadah bagi para pecinta film, pembuat film, dan praktisi industri kreatif di seluruh Indonesia untuk berkumpul, berbagi pengalaman, serta mendiskusikan isu-isu terkini dalam perfilman.

Ada tiga sesi yang berlangsung di roadshow pembuka ini, yaitu:

  • Sesi 1 (13.30-15.30 WIB) – Talkshow “Film Marketing & Distribution” dengan Ivan Makhsara, Head of Content Bioskop Online.
  • Sesi 2 (16.00-18.00 WIB) – Talkshow “Film Producing 101: From Script to Screen and Beyond” dengan Ifa Isfansyah, Produser & Sutradara.
  • Sesi 3 (19.00-21.30 WIB) – Pemutaran Film “Kucumbu Tubuh Indahku” (Garin Nugroho, 2018) dan “Counter Coy” (Muamar Husin, 2023).

Dengan hadirnya acara ini, harapannya di setiap sesinya dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang industri perfilman. Tema-tema yang diangkat pun termasuk yang banyak diminati oleh para praktisi perfilman. Seperti di sesi pertama yang mengangkat tema Film Marketing & Distribution.

Tujuan dari sesi ini adalah untuk berbagi pengetahuan tentang konsep dan praktik terkini dalam bidang distribusi-promosi film. Semoga sesi ini akan memberikan wawasan berharga dan peluang untuk berkenalan dengan para ahli dalam berbagai aspek produksi dan promosi film. Bagi teman-teman di daerah mungkin mengalami beberapa hambatan, seperti bagaimana cara promosi yang tepat atau memilih saluran yang tepat untuk karya-karyanya, Bioskop Online sebagai Rumah Sinema Indonesia juga mendukung sineas yang terus berkarya terkait distribusi dan promosi dengan film-film yang sudah kami kurasi. Hal tersebut dibahas dalam roadshow ini dan semoga meningkatkan semangat teman-teman di daerah, khususnya di Medan untuk terus berkarya,” ungkap Ivan Makhsara, Head of Content Bioskop Online, sebagai pengisi acara.

Sementara di sesi kedua, yang diisi oleh Ifa Isfansyah selaku produser dan sutradara, mengangkat tema Film Producing 101: From Script to Screen and Beyond. Dalam sesi ini, pembuat film dan pencinta film akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang peran seorang produser dalam menyajikan sebuah karya film.

Produksi itu tetap creative thing, itu tetap hal yang unsurnya kreatif. Memang yang akan kita bicarakan adalah sesuatu yang sifatnya administrasi atau manajemen. Ini berapa kali syuting? Ini budget-nya berapa? Ini proyeksi pemasukannya berapa? Ini teknisnya untuk seperti apa? Tapi semua jawaban-jawaban atas pertanyaan yang sifatnya administrasi tadi itu pertimbangannya pertimbangan kreatif,” ungkap Ifa Isfansyah, Sutradara dan Produser Fourcolours Film, sekaligus Festival Director of JAFF.

Sebagai penutup acara, diselenggarakan pemutaran Film “Counter Coy” dan “Kucumbu Tubuh Indahku” (Garin Nugroho, 2018), yang setelahnya diadakan juga tanya jawab bersama Ifa Isfansyah selaku produser film “Kucumbu Tubuh Indahku” dan Muamar Husin “Kombet” selaku sutradara film “Counter Coy”.

Sebagai acara pembuka rangkaian roadshow di beberapa kota, banyak sekali peserta yang menunjukkan antusiasnya. Hal ini membuat penyelenggara berkomitmen untuk terus melanjutkan roadshow dan berbagi energi positif untuk para pegiat film.

Hari ini animonya sangat luar biasa. Pegiat film menjadi lebih percaya diri untuk melanjutkan karya mereka, dan memahami bagaimana industri film bekerja, dari produksi hingga promosi. Saya sebagai salah satu pegiat film daerah merasa acara ini sangat membantu kami yang ada di daerah,” ungkap Muamar Husin “Kombet” selaku sutradara film “Counter Coy”.

Bioskop Online berharap bahwa melalui roadshow ini, Bioskop Online dan JAFF dapat bersinergi dengan para pembuat film dan pegiat perfilman di berbagai kota di Indonesia. Bioskop Online juga berharap untuk membuka potensi kerja sama dengan pihak-pihak lokal untuk mengembangkan ekosistem perfilman di daerah terkait.

Roadshow keempat kota ini merupakan awal pembuka dari serangkaian kegiatan kolaborasi Bioskop Online dengan Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF18). Selain ini akan ada content screening film pilihan JAFF yang nantinya bisa dinikmati di Bioskop Online, serta kolaborasi lainnya yang pastinya sangat menarik untuk para sineas dan pecinta film.