Review

Review: Freelance, Tugas Pengawalan Berujung Pahlawan

224
×

Review: Freelance, Tugas Pengawalan Berujung Pahlawan

Share this article

LASAK.iD – John Cena seorang pegulat profesional yang kini fokus menekuni karirnya di dunia seni peran. Puluhan judul film dan serial televisi dari berbagai genre telah dilakoni olehnya. Meski genre action masih mendominasi, melihat postur dan bentuk tubuh dari sang aktor yang kekar dan berotot.

Terbaru, John Cena bermain dalam film berjudul Freelance produksi AGC Studios, Endurance Media dan WideAngle Films. Film yang disutradarai Pierre Morel mengusung genre action comedy dengan latar Amerika Selatan yang dalam filmnya digambarkan sebagai negara Paldonia.

John Cena yang berperan sebagai Mason Pettits merupakan mantan satuan khusus yang kembali pada kehidupan normalnya dengan menjadi pengacara setelah misi terakhirnya gagal di Paldonia yang harus kehilangan beberapa rekannya.

Sebastian Earle (Christian Slater) rekannya di kesatuan merekrut Mason untuk menjadi anggota dari CDI, perusahaan keamanan khusus yang didirikannya beberapa tahun lalu. Tugas pertamanya Mason justru membuka luka lama dengan kembali ke Paldonia untuk mengawal seorang jurnalis bernama Claire Wellington (Alison Brie).

Claire secara khusus diundang oleh Juan Venegas (Juan Pablo Raba), presiden negara Paldonia untuk melakukan wawancara khusus mengenai negara tersebut. Meski dikenal dengan pemberontakan, Mason dan Claire tidak menyangka kejadian yang ditakutkan terjadi sejak awal keduanya sampai di negara tersebut.

Misi yang semula hanya mengawal menjadi misi penyelamatan ganda. Mason Pettits tak hanya menjaga Claire sebagai tugas utamanya tetapi juga keselamatan akan Presiden Venegas dari tindakan kudeta yang dilakukan oleh keponakannya sendiri, Jorge (Sebastian Eslava) yang bekerja sama dengan pemberontak.

Ketiganya harus berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya menerobos lebatnya hutan Paldonia untuk menghindari para pemberontak. Mason yang masih dirundung dendam dari misi sebelumnya masih menganggap bahwa Presiden Venegas dalang dari kejadian itu. Itulah sepanjang mencari tempat aman Mason belum sepenuhnya ingin menyelamatkan Juan Venegas.

Sampai akhirnya mereka tiba di satu pemukiman yang menerima Venegas dengan tangan terbuka. Di sinilah Mason bisa melihat kebaikan dari seorang Juan Venegas, melalui setiap jawaban yang diberikannya. Sekaligus berita besar yang didapatkan oleh Claire Wellington sebagai jurnalis.

Kemudian mereka menuju ke parlemen yang berada di ibukota untuk menghentikan kekacauan yang terjadi. Walau kejadian tidak mengenakan sempat dialami Claire yang harus tertangkap oleh pemberontak. Pertukaran pun harus dilakukan, namun Venegas yang masih memiliki pengikut membuat rencana yang mengejutkan.

Venegas dan rekannya mengumpulkan massa untuk berdemo yang membuat para pemberontak tidak mungkin menggunakan senjata untuk menembakan. Dari situ, Mason, Claire dan Venegas sampailah di parlemen dengan melewati jalan rahasia.

Di sanalah pecah aksi saling tembak antara tentara pemerintah dengan para pemberontak. Mason yang tahu faktanya lebih membanti Venegas melawan pemberontak. Hingga akhirnya bantuan yang sebenarnya hadir dari Sebastian Earle, kawan sekaligus pimpinan dari CDI.

Pemberontak akhirnya berhasil dipukul mundur dan Juan Venegas kembali menduduki kursi presiden dan kembali memimpin negara Paldonia yang kini semakin manjadi sorotan dunia karena video wawancara dan pemberontakan yang diunggah oleh Claire Wellington.

Mason Pettits muncul sebagai pahlawan untuk Juan Venegas dan warga Paldonia hingga akhirnya mendapatkan hadiah besar dari sang presiden Paldonia hingga jutaan dollar. 

Review

Freelance membawa tema dan alur yang sebenarnya cukup template, karena seringnya digunakan pada produksi film-film terdahulu. Tergambar jelas dari apa yang dibawa oleh karakter utamanya Mason Pettits yang diperankan oleh John Cena.

Seorang mantan satuan khusus kemudian menjadi orang yang dibebastugaskan dan kembali menjalani misi dengan jalur swasta. Kebanyakannya akan terlibat konflik yang penuh aksi menegangkan. Pada akhir ceritanya akan selalu kepada sesuatu yang bahagia atau happy ending.

Untuk juga mendeliver ke penonton berbeda, Freelance mengambil latar Amerika Selatan yang digambarkan melalui negara bernama Paldonia. Seorang diktator yang biasanya berkhianat kepada rakyat yang menjadi antagonis kali ini menjadi bagian dari karakter protagonis yang ikut dalam petualangan menyelamatkan diri.

Secara look, pemeran Juan Venegas yaitu Juan Pablo Raba memberikan dengan jelas look seorang diktator yang kejam, namun kali ini berbanding terbalik. Karakter diktator justru menghadirkan komedi untuk filmnya bersama dengan John Cena dan Alison Brie.

Bicara komedi bagian dari genre filmnya, penulis Jacob Lentz memberikan presentase dan intensitas yang tidak lebih banyak dari drama dan petualangan. Penulis Jacob Lentz mencoba menyeimbangkan dengan porsi pas antara drama, komedi dan petualangan.

Seakan komedi sebagai pencair suasana dari sisi drama dan petualangan yang lebih serius. Hanya saja, dalam film Freelance jika komedi diberikan ruang yang lebih akan memberikan ketertarikan yang lebih juga ke penonton.

Alasannya, selain mindset penonton bahwanya filmnya akan komedi sekali sejak perilisan dari trailer filmnya. Setelah melihat filmnya, hal itu justru sedikit berbeda, padahal secara filmnya lebih menarik dan cocok jika komedi yang lebih ditonjolkan dibandingkan dengan drama dan petualangan.

Untuk sesuatu yang menarik perhatian dari filmnya, penyajian awal di filmnya. Pierre Morel sebagai sutradara melakukan pengambilan gambar POV atau sudut pandang untuk mewakili perkenalan awal karakter Mason Pettits.

Ini sering juga ditemukan di berbagai judul film lainnya. Namun, ini menjadi sesuatu yang menarik, dalam memberikan sebuah value berbeda di filmnya. Di mana memberikan sensasi seolah penontonlah yang menjadi sang karakter.

Merasakan langsung apa yang dilakukan dan dirasakan oleh karakter tersebut. Pada film Freelance dilakukan oleh John Cena, yang sebagian besar penonton sudah mengenalnya melalui suaranya yang khas.

Freelance sebagai hiburan bisa menjadi pilihan tontonan kalian penikmat film. Apalagi chemistry dari orang yang bermuka sangar dan tegas secara look beradu akting yang justru menciptakan chemistry yang menarik dan mengundang tawa. Sebagai penengah di antara keduanya hadir satu sosok wanita yang semakin membuat hiburan menarik.

Production company: AGC Studios, Endurance Media, WideAngle Films
Distributor: Relativity Media
Cast: Alison Brie (Claire Wellington), John Cena (Mason Pettits), Alice Eve (Mason’s wife), Christian Slater (Sebastian Earle), Marton Csokas (Commander of Villain), Juan Pablo Raba (Juan Venegas), Julianne Arrieta (Avery Alderson), Molly McCann (Casey), Sebastian Eslava (Jorge), Roberto Cano (Lavato), Daniel Toro (Rojas), etc
Director: Pierre Morel
Screenwriter: Jacob Lentz
Producers: Steve Richards, Renee Tab, Christopher Tuffin, Camilo Buendia Villaveces
Duration1 hours 49 minutes