Review

Review: Mohon Doa Restu, Drama Comedy yang Mengocok Perut

270
×

Review: Mohon Doa Restu, Drama Comedy yang Mengocok Perut

Share this article

LASAK.iD – Ody Chandra Harahap menjadi salah satu sutradara Indonesia yang cukup rutin merilis karya baru setiap tahunnya. Sutradara yang akrab dipanggil Ocay ini belakangan dikenal dengan deretan filmnya yang bergenre komedi.

Seperti karya terbaru lainnya dari Icay di tahun ini yang berjudul Mohon Doa Restu. Film yang diperankan oleh Jefri Nichol sebagai Satya dan Syifa Hadju sebagai Mel, lebih menekankan pada drama keluarga namun dibalut dengan komedi.

Terbukti film berdurasi 106 menit ini mampu menghadirkan tawa bahkan sejak film dimulai. Secara total tawa yang dihadirkan datang dari dua karakter ibu-ibu yang diperankan duo bestie, yaitu Cut Mini yang berperan sebagai Widi dan Sarah Sechan sebagai Ira.

Baca juga: Jefri Nichol dan Syifa Hadju Bikin Penasaran di Mohon Doa Restu

Tak hanya di kehidupan nyata, keduanya pun menjadi bestie untuk film Mohon Doa Restu. Di mana keduanya digambarkan sebagai calon besan. Saking bestie-nya, Cut Mini dan Sarah Sechan seolah tidak sedang berakting. Keduanya seperti melakoni keseharian dari kehidupan asli sebagai duo cerewet.

Faktanya, Ody Harahap sebagai sutradara memberi kebebasan keduanya dalam berakting dan berdialog tanpa harus terpaku sepenuhnya pada skenario. Hal yang dibenarkan Cut Mini dan Sarah Sechan, bahwa mereka lebih sering berimprovisasi ketika melakoni adegan bersama.

Seolah menjadi one take only, karena jarang sekali terlihat adegan yang memperlihatkan adegan close-up dari masing-masing aktris tersebut. Seakan menjadi jurus jitu dari sutradara, tak heran akting keduanya terlihat cukup natural. Chemistry yang natural secara dialog maupun gesture dan mimik dari keduanya.

Tidak hanya dari Cut Mini dan Sarah Sechan, karakter utama yang dimainkan Jefri Nichol dan Syifa Hadju turut ambil bagian dari komedi filmnya. Lebih bermain pada ranah gesture dan mimik, keduanya cukup berhasil. Meski tak se-intens seperti yang dilakoni duo bestie.

Ody Harahap cukup adil dalam membagi peran dengan memanfaatkan setiap karakter untuk mengambil bagian pada drama maupun komedi. Pada sisi frame time memang berfokus pada karakter seperti Cut Mini, Sarah Sechan, Jefri Nichol dan Syifa Hadju.

Tapi, kehadiran karakter seperti Astrid yang dimainkan oleh Dea Panendra bahkan cukup mencuri perhatian. Mungkin terkesan sebagai pengacau dengan karakternya yang hangover everyday, namun bukan juga sebagai sang antagonis.

Namun, kehadiran karakternya itu berhasil untuk membuat tertawa. Bahkan kemunculannya cukup ditunggu untuk melihat kekonyolan apa lagi yang akan dihadirkan sebagai orang yang hangover everyday.

Tak hanya pada komedi, pada sisi drama dari ceritanya cukup sampai ke penonton. Dihadirkan dengan lebih masuk akal ditambah lagi dengan unsur komedi. Selain yang dihadirkan cukup relate dengan kehidupan masyarakat terutama dalam lingkup lebih kecil yaitu keluarga.

Akan kaitannya pada hubungan antara satu sama lain, yang dalam film Mohon Doa Restu lebih kepada sebuah pernikahan. Banyak nilai yang diberikan pada sisi drama film Mohon Doa Restu, walau cukup kaget batasan usia untuk film ini adalah SU (Semua Umur).

Memang tidak ada adegan atau momen yang tidak pantas. Hanya saja dalam konteks ceritanya adalah pernikahan dan keluarga lebih baik jika batasan umur pada 13+. Remaja yang sudah mulai mengerti untuk sebuah konteks masalah. Apalagi filmnya dikemas dengan cukup sederhana.

Begitu pun dengan drama dan komedi yang berhasil dibangun sejak awal dengan grafik yang dibuat terus naik turun, menjadi terganggu dengan akhir dari filmnya. Tidak juga sebuah kesalahan fatal yang mengganggu cerita filmnya. Hanya menjadi kesan sebuah ending yang anti klimaks.

Rasa dan emosi yang tersampaikan ke sebagian penonton menjadi lebih datar dari grafik emosi yang sebelumnya sudah dibuat turun-naik. Seakan penulis cerita di Indonesia masih terpaku pada akhir yang happy ending.

Production company: Screenplay Films, ifi Sinema, Rapi Films
Distributor: Rapi Films
CastJefri Nichol (Satya), Syifa Hadju (Mel), Cut Mini (Widi), Sarah Sechan (Ira), Kiki Narendra (Mel’s Father), Dea Panendra (Astrid), Abdurrahman Arif (Ujang), etc
Director: Ody Chandra Harahap
Screenwriter: Yayu Yuliani, Cassandra P. Cameron
Producers: Wicky V. Olindo
Duration1 hours 46 minutes