Otomotif

MotoGP Seri Motul TT Assen, Franscesco Bagnaia Masih Mendominasi

40
×

MotoGP Seri Motul TT Assen, Franscesco Bagnaia Masih Mendominasi

Share this article

LASAK.iD – Halo sohib Lasak pecinta MotoGP, sprint race di hari sabtu kemarin cukup menegangkan ya. Sayang sekali pembalap dari team KTM Brad Binder harus mendapatkan hukuman 3 detik pinalti dan kehilangan podium ke 3 karena melanggar garis tikungan.

Situasi yang justru memberikan keuntungan bagi pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo karna akhirnya dia yang mendapat podium 3 di sprint race. Adapun pemenang dari sprint race adalah pembalap dari team Mooney VR46 Ducati yaitu Marco Bezzecchi dan disusul teman akademinya dari team Lenovo Ducati Franscesco Bagnaia.

Balapan MotoGP di Assen kali ini berhasil mendatangkan 46.276 penonton, sebuah peningkatan yang cukup luar biasa mengalahkan jumlah penonton terbanyak pada tahun 2008 sebanyak 40.020 penonton. Nampaknya, setelah Valentino Rossi pensiun keberadaan anak didiknya yang cukup cemerlang mampu menjadi daya tarik untuk MotoGP kali ini.

Untuk sesi balapan di hari minggu, berita mengejutkan datang dari pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang memutuskan untuk tidak melanjutkan balapan karena mengalami retak pada tulang rusuknya. Semoga lekas pulih ya Marc.

Untuk sesi balapan, untuk pole position berada di tangan Marco Bezzecchi disusul Franscesco Bagnaia dan Luca Marini dari team Mooney VR46 Ducati, wah sang bos Valentino Rossi pasti sangat bangga ya, ketiga anak didiknya tampil terdepan, tapi apakah mereka bisa menjadi juara?

Brad Binder melakukan start yang luar biasa dari posisi ke 5 dia langsung melesat memimpin jalannya balapan. Namun nasib kurang baik menimpa Jack Milleraus pembalap KTM yang harus tergelincir dan keluar dari race. Insiden juga terjadi di lap ke 2, Johan Zarco pembalap dari Pramac Ducati terjatuh dan menyentuh pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo.

Lagi lagi pupus harapan Yamaha untuk mendapatkan podium. Musibah juga menimpa pembalap dari team Aprillia Maverick Vinalles, walaupun sempat meraih waktu tercepat namun harus tergelincir di tikungan ke 8.

Dipimpin pembalap Pecco memimpin disusul oleh Brad Binder dan Marco Bez saat balapan masih menyisakan 21 lap lagi. Di lap selanjutnya rekan dari Pecco yaitu Enea Bastiani tergelincir dan mengalami kerusakan mesin sehingga keluar dari balapan.

Di sisa 14 lap, pembalap asal pabrikan KTM, Brad Binder semakin berambisi mendekati Pecco. Kurang 10 lap, Marco Bez melihat peluang untuk maju ke posisi ke 2 mengalahkan Brad Binder yang performa mulai terlihat menurun. Membuntuti di belakang, terlihat pembalap Aleix Espargo dari Aprilia mulai semakin mendekat.

Memasuki lap terakhir, Pecco makin tidak terkejar diposisi terdepan, mengekor dibelakangnya ada Marco Bez dan Brad Binder. Dan akhirnya, balapan di Assen kali ini berhasil dimenangkan oleh Fransesco Bagnaia, untuk podium ke 2 diamankan oleh Marco Bezzecchi, sial menimpa Brad Binder dia kembali melakukan kesalahan yang sama, motornya melanggar garis sehingga harus merelakan podium ke 3 kepada Aleix Espargo.

Oke sohib Lasak, sekian liputan MotoGP kali ini, sampai jumpa pada race berikutnya pada tanggal 4-6 Agustus di Silverstone sirkuit. Ciaaoooo…

(Red/ Ard)