Sport

Qatar Batalkan MotoGP Grand Prix

64
×

Qatar Batalkan MotoGP Grand Prix

Share this article

LASAK.iD – FIM, IRTA dan Dorna mengumumkan pembatalan semua sesi di kelas MotoGP ™ di Grand Prix Qatar minggu ini, termasuk balapan. Di kutip dari siaran pers motoGP sedianya balapan akan berlangsung akhir pecan di sirkuit Losail Qatar, balapan akan di mulai dengan sesi latihan bebas pertama pada Jumat 6 Maret 2020, hingga balapan di hari minggu 8 Maret 2020.

MotoGP Grand Prix di Qatar (dok. istimewa)
MotoGP Grand Prix di Qatar (dok. istimewa)

Karena pembatasan perjalanan Qatar diberlakukan yang mempengaruhi penumpang dari Italia, kelas utama tidak akan berlomba di Losail. Banyak tim yang berasal dari Italy dan memiliki crew dari Italia, bahkan pemasok ban untuk motoGP, Michellin juga dari Italia, begitu juga rem dan lainnya. Sehingga pembatasan ini sangat berpengaruh sekali.

Sebagaimana diketahui, wabah koronavirus mengakibatkan pembatasan perjalanan dilakukans jumlah negara, termasuk Qatar. Minggu ini, semua penumpang yang tiba di Doha dengan penerbangan langsung dari Italia, atau telah berada di Italia dalam 2 minggu terakhir, akan langsung dibawa ke karantina selama minimal 14 hari. Italia jelas memainkan peran vital dalam Kejuaraan dan di kelas MotoGP – baik di jalur maupun di luar – dan karena itu FIM dan DORNA mengambil untuk membatalkan kompetisi kelas utama.

Pembatalan tidak berlaku untuk kejuaran kelas dibawah MOTOGP. Karena tim dan pengendara kelas Moto2 ™ dan Moto3 ™ sudah berada di Qatar untuk tes resmi tiga hari di Sirkuit Internasional Losail awal pekan ini, balapan kedua kategori akan dimungkinkan. Kelas ringan dan menengah karenanya akan bersaing dalam pembuka musim mereka dari tanggal 6 hingga 8 Maret. Hal yang sama akan berlaku untuk Idemitsu Asia Talent Cup, yang akan memiliki dua balapan selama Grand Prix Qatar seperti yang direncanakan semula. Tetap disini untuk jadwal yang direvisi.

(Ardiyan)