National

Habitat Bangun Hunian Layak, Sanitasi Hingga Sekolah di Cilamaya

33
×

Habitat Bangun Hunian Layak, Sanitasi Hingga Sekolah di Cilamaya

Share this article

LASAK.iD – Habitat for Humanity Indonesia memiliki fokus dalam mewujudkan rumah layak huni, akses air bersih, sanitasi dan sarana pendidikan untuk daerah yang membutuhkan. Satu di antaranya adalah wilayah di Cilamaya yang berada di Karawang, Jawa Barat yang kembali mendapat kesempatan tersebut.

Ini menjadi tahap ke-2 di Cilamaya yang merupakan bagian dari program perbaikan komunitas keluarga-keluarga berpenghasilan rendah melalui proyek Samsung Village #9. Sekaligus kerja sama ketiga kalinya antara Habitat Indonesia, Samsung C&T, dan Habitat Korea.

Proyek ini telah dimulai sejak Februari 2021 hingga Juli 2022 yang telah berhasil menyediakan 25 rumah layak huni, 4 titik sumber air bersih untuk umum dengan pipa dan jamban, serta renovasi 3 sekolah umum.

Pembenahan yang dilakukan tak sebatas pada bangunan fisik melainkan non-fisik pada SDM di Cilamaya. Berupa pelatihan dasar dan keselamatan konstruksi serta pelatihan pola hidup bersih dan sehat. Program ini menyasar sekitar 1.178 masyarakat yang tersebar di tiga desa di Cilamaya yakni di Desa Muara, Desa Cilamaya dan Desa Mekarmaya.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia mengungkapkan bahwa Habitat Indonesia selalu berupaya mendukung aksi pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang inklusif untuk memastikan bahwa tidak ada satu daerah pun yang tertinggal.

Cilamaya merupakan salah satu daerah yang sangat membutuhkan perhatian. Kami sangat bersyukur bisa berkolaborasi dengan Samsung C&T untuk mengadakan berbagai program guna mengembangkan kualitas hidup masyarakat berpenghasilan rendah di Cilamaya”, jelas Susanto.

Keberadaan rumah layak huni mampu membantu kelompok rentan, khususnya kelompuk usia tua, keluarga keluarga dalam kondisi disabilitas, ibu-ibu dan anak-anak di Cilamaya dapat hidup dengan aman dan nyaman, sehat dan produktif.

“Rumah layak huni akan memberi kehidupan yang lebih sejahtera dan ekonomi yang semakin meningkat bagi keluarga-keluarga disana. Sekolah yang memadai bagi anak-anak untuk belajar akan mendukung terciptanya generasi yang lebih cerdas dan memiliki masa depan yang lebih baik”, tambah Susanto.

Changsuk Kim, Deputy Project Manager, Samsung C&T mengatakan, “Sama seperti sembilan desa yang telah berhasil dibangun oleh Samsung C&T di seluruh Asia, kami berharap proyek Samsung Village #9 ini juga dapat membangun pondasi hidup keluarga-keluarga berpenghasilan rendah di Cilamaya untuk mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kehidupan mereka”.

Habitat terus mendorong berbagai pihak dapat berkolaborasi mengadakan berbagai program di daerah-daerah rentan untuk mengatasi ketertinggalan menuju kehidupan yang lebih layak agar pemerataan pembangunan dan kesejahteraan dapat dirasakan bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia dimana pun berada.