Review

Review: Bed Rest, Saat Rumah Untuk Istirahat Berubah Mencekam

81
×

Review: Bed Rest, Saat Rumah Untuk Istirahat Berubah Mencekam

Share this article

LASAK.iDBed Rest, judul film terbaru keluaran STX Entertaiment sekilas menjadi cukup kontras melihat genre horror thriller yang diusung filmnya. Keterkaitan satu sama lain pada kejadian yang dialami oleh Julie Rivers (Melissa Barrera) ketika menempati rumah baru bersama suaminya, Daniel Rivers (Guy Burnet).

Julie yang sedang hamil besar harus menerima kenyataan dirinya untuk beristirahat total dari segala aktivitas setelah terjatuh ketika ingin menaiki tangga. Kejadian yang membuat sedikit masalah pada kandungannya ditambah dengan depresi dan trauma di masa lalu yang masih menghantui Julie.

Julie harus melakukan bed rest sepenuhnya, ia hanya boleh bergerak ketika hendak ke kamar mandi saja. Julie perlahan mulai terbiasa dengan keadaan dan semua berjalan baik dan normal. Itu semua ternyata hanya berlangsung singkat, ketika kejadian supernatural mulai bermunculan satu per satu.

Nahasnya semua kejadian mengarah kepada Julie, awalnya ia masih merasa itu kejadian wajar hingga ia mulai bisa berbicara dengan hantu anak kecil yang ia pikir adalah Andrew, putranya yang sudah meninggal. Sosok hantu anak kecil tersebut mengatakan “pengasuh telah datang“.

Julie yang meyakini hantu itu adalah anaknya Andrew mulai percaya bahwa kejadian tidak menyenangkan yang dialaminya berkaitan erat dengan Delmy Walker (Edie Inksetter), perawat yang disewa Daniel untuk merawatnya hingga melahirkan.

Daniel yang mendengar keluhan akan kejadian supernatural dan kecurigaan Julie kepada Delmy mulai tersulut emosi dengan mengatakan Julie harus mulai merelakan putranya yang telah tiada. Jika hal tersebut terus terjadi Daniel tak segan mengirim Julie ke rumah sakit jiwa seperti yang disarankan oleh Dr. Meadows (Erik Athavale).

Julie yang terus tertekan mencoba mencari kebenaran dan keterkaitan akan kejadian supernatural dan Delmy. Puncaknya ketika masuk hari-hari terakhir jelang melahirkan, Julie mendapatkan fakta penghuni terdahulu dari kisah yang diceritakan oleh Delmy.

Melandra Kinsey (Kristen Sawatzky) penghuni terdahulu harus kehilangan nyawa bersamaan dengan anak perempuan yang masih dalam kandungan karena kecelakaan. Kenyataan yang diperkuat dengan gelang yang ditemukan sebelumnya dan ditemukan inisial MK di salah satu hiasan.

Semakin penasaran, Julie menghubungi salah satu kantor berita yang memuat tentang peristiwa masa lalu keluarga dari Melandra Kinsey untuk mendapatkan kebenaran yang valid. Berbeda dengan yang diceritakan oleh Delmy kejadian aslinya pun lebih mengerikan, bukan kecelakaan melainkan kasus pembunuhan.

Julie pun mendapati sosok hantu anak kecil yang dianggap sebagai Andrew ternyata salah satu dari 3 anak laki-laki dari Melandra Kinsey yang ikut terbunuh. Kebenaran yang hanya dipercayainya sendiri karena Daniel maupun Delmy lebih menganggap itu efek dari depresi yang dialaminya. Walau kenyataannya Daniel telah mengetahui kebenaran akan rumah tersebut.

Puncak semuanya ketika hari kelahiran tiba, sedari awal bayi Julie yang menjadi incaran dari arwah penasaran Melandra Kinsey mulai merasakan sakit yang berbeda. Kejadian supernatural yang sebelumnya dialami Julie pun akhirnya dialami Daniel dan Delmy yang membuat keduanya akhirnya percaya.

Dalam pelarian untuk lepas dari teror arwah Melandra Kinsey, Julie sampai harus melahirkan bayinya di dalam bathtub. Saat mencoba menyelamatkan nyawa putrinya, lantai yang menopang bathtub amblas hingga ke lantai dasar yang membuatnya terluka cukup parah.

Saat itu, Daniel muncul untuk membawa pergi putri mereka, amarah dari Melandra Kinsey membuat arwahnya lebih kuat dan mengunci setiap pintu di rumah tersebut. Naluri dan kasih sayang seorang ibu mampu mengusir arwah penasaran Melandra Kinsey.

Sekedar arwah penasaran

Bed Rest masih sama sebagai haunted horror story dengan adegan-adegan seperti jejak kaki, suara hingga bayangan yang menjadi bagian dari jump scare. Namun, Bed Rest menjadi film horror yang cukup sederhana secara premis cerita maupun pada jump scare.

Sebagai film horror tentu utamanya dengan kahadiran dari sosok hantu, namun jika kebanyakan haunted horror story akan banyak jump scare dengan kemunculan bentuk hantu yang menyeramkan dan kemunculan yang cukup intens.

Bed Rest lebih kepada arwah penasaran dari sosok bernama Melandra Kinsey yang mengalami peristiwa tidak mengenakan padanya dan keluarganya. Itu berkaitan erat dengan kehamilan dan bayi perempuan. Secara kebetulan saat itu Julie sedang hamil bayi perempuan.

Kebetulan yang memicu arwah dari Melandra Kinsey untuk mengambil bayi perempuan dari Julie dan Daniel. Penjelasan akan peristiwa yang dialami oleh Melandra Kinsey dan keluarganya pun tidak banyak dipertontonkan. Sekedar potogan cerita dari karakter lain dan potongan berita dari sebuah situs.

Jump scare hanya di akhir

Film horror memang selalu memiliki pola jump scare atau menakut-nakuti bila digambarkan dengan grafik terus meningkat. Meski di awal hanya sebagai perkenalan akan hantunya atau trigger dari cerita filmnya namun sebagian besar film sedari awal sudah bisa membuat merinding penonton.

Film Bed Rest sebenarnya juga melakukannya namun grafik membangun rasa takut di penonton dirasa sedikit lebih slow. Kemunculan hantu pun sekedar memberitahukan bukan yang sepenuhnya membuat merinding dan menakutkan.

Jelang akhir filmnya baru sepenuhnya terlihat Bed Rest sebagai film horror, dengan munculnya hantu Melandra Kinsey yang ternyata tampilannya tidak menakutkan. Namun, ada adegan pada bagian itu yang cukup apik, ketika Julie bisa mencekik hantu Melandra Kinsey dan mengusirnya karena nalurinya sebagai ibu. Yang ternyata cukup menjadi plot twist filmnya, bagian tidak terduga di penonton.

Tak sepenuhya film horror

Film horror sekalipun selalu menyelipkan genre lain walau dengan presentase yang tidak besar, seperti drama atau komedi. Untuk film Bed Rest melakukannya berbeda, ketika drama pada konflik yang dialami Julie jauh lebih menonjol dari horror itu sendiri.

Mengarahkan filmnya lebih cocok pada genre drama psychological. Menonjolkan sisi traumatis seorang perempuan yang kehilangan anaknya kemudian bisa berdamai dengan keadaan untuk mencoba kembali hamil. Sekaligus memberikan edukasi untuk keadaan tertentu ibu hamil terpaksa harus melakukan bed rest total.

Lalu bisa membuat sosok Melandra Kinsey sebenarnya tidak ada karena cerita yang dibentuk oleh pikiran Julie yang tertekan dengan keadaan traumatis dan kehamilan. Ini mungkin bisa membuat menarik filmnya dibandingkan harus melibatkan horror di dalam ceritanya.

Production company: STX Entertaiment
Distributor: Tubi
Cast: Mellisa Barrera (Julie Rivers), Guy Burnet (DanielRivers), Edie Inksetter (Delmy Walker), Erik Athavale (Dr. Meadows), Kristen Sawatzky (Melandra Kinsey), Koen Schneiderat (Seven Year Old Kinsey), Paul Essiembre (Dean Whittier), Kristen Harris (Julie’s OB-GYN), Adam Hurtig (ER Doctor), Marina Stephenson Kerr (Mrs. Whittier), etc
Director: Lori Evans Taylor
Screenwriter: Lori Evans Taylor
Producers: David Gendron, Matthew Helderman, Ali Jazayeri, Ron Lynch, Chris Sparling, Luke Taylor
Duration: 1 hours 30 minutes