Food/ Health

Alodokter Ke Rumah Permudah Pasien Dapatkan Pelayanan Kesehatan

113
×

Alodokter Ke Rumah Permudah Pasien Dapatkan Pelayanan Kesehatan

Share this article

LASAK.iD – Kebutuhan untuk layanan ke rumah terus meningkat secara signifikan beberapa tahun terakhir, seiring dengan perkembangan lanskap layanan kesehatan secara global. Alodokter berkomitmen untuk selalu berada di garis depan transformasi layanan kesehatan, dan kini hadirkan layanan Alodokter Ke Rumah lengkap yang merupakan gabungan dari teknologi terbaik telemedisin dengan kenyamanan perawatan di rumah.

Banyak faktor yang mengakibatkan layanan ke rumah menjadi penting sekarang ini, faktor tersebut antara lain adalah meningkatnya kebutuhan diagnosa dan monitoring penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, asthma dan penyakit pernafasan lainnya disertai kesadaran tinggi terhadap deteksi dini masalah kesehatan mencegah keluarnya biaya tak terduga untuk fasilitas dan layanan kesehatan.

Di Indonesia sendiri jumlah pasien dengan penyakit diabetes semakin meningkat, data dari Organisasi International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan bahwa Indonesia berada pada peringkat ke-7 dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia pada tahun 2019.

Diabetes merupakan penyakit yang memerlukan penanganan khusus secara intensif serta berkala, karena itulah Alodokter Ke Rumah menciptakan program-program Ke Rumah yang memungkinkan perawatan yang lebih personal dan berpusat pada kebutuhan pasien. Contohnya program diabetes control yang diciptakan berkala setiap 3 bulan.

Sudah menjadi misi dari Alodokter untuk memberikan layanan kesehatan yang berpusat pada kebutuhan pasien. Kami percaya bahwa setiap individu berhak mendapatkan layanan kesehatan berkualitas tinggi dan dengan menghadirkan telemedis ke rumah, kami menjadikan layanan kesehatan lebih mudah diakses, nyaman, dan berpusat pada pasien. Alodokter memastikan bahwa layanan kesehatan Alodokter Ke Rumah tidak hanya efektif secara medis tetapi juga selaras dengan tujuan dan aspirasi pasien, yang pada akhirnya mengarah pada pengalaman layanan kesehatan yang lebih personal, memuaskan, dan efektif,” kata Suci Arumsari Co-Founder dan President Director dari Alodokter.

Alodokter melengkapi layanan Ke Rumah dengan layanan terbaru yaitu:

  • Tes Laboratorium, meliputi berbagai tes darah dan tes urin.
  • Irigasi Telinga, tes ini dilakukan menggunakan video otoscopy.
  • Skrining TB Anak di Rumah (Mantoux Test) dikenal sebagai Tes Tuberculin Skin Test atau TB Test yaitu tes yang digunakan untuk mendeteksi paparan terhadap bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang menyebabkan tuberkulosis (TB).
  • Pemeriksaan Diabetes di Rumah (Diabetes Control) yang dilakukan setiap 3 bulan untuk membantu individu dengan diabetes mengelola kondisi mereka lebih baik dalam jangka waktu tiga bulan, meliputi: evaluasi keluhan dan riwayat kesehatan, pemantauan gula darah serta hasil urine, pemantauan komplikasi, termasuk penerapan target kesehatan dan pemberian resep obat diabetes melalui telemedisin.
  • Program Perawatan Nyeri Punggung Bawah di Rumah (Back Pain) yaitu program perawatan dan rehabilitasi komprehensif yang dirancang khusus untuk membantu individu yang mengalami nyeri punggung kronis atau berulang dalam periode waktu 12 minggu. Program ini bertujuan untuk mengurangi nyeri punggung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot-otot punggung, serta meningkatkan fungsi punggung secara keseluruhan.
  • Pemeriksaan Tipes atau Demam Tifoid di Rumah.
  • Dokter Spesialis Ke Rumah.
  • Pemeriksaan Asam Lambung (GERD) di Rumah.

Adanya Alomedika, platform khusus dokter, di ekosistem Alodokter memberikan akses yang luas antara dokter, pasien, dan fasilitas kesehatan. Sementara ada banyak kondisi pasien yang seringkali memerlukan perawatan kesehatan ekstra dan pemantauan dari tempat yang mereka anggap aman dan nyaman, yaitu rumah mereka sendiri. Alodokter Ke Rumah memberi akses layanan kesehatan tidak hanya menghemat waktu dan biaya pasien, tetapi juga memungkinkan pemantauan kondisi kesehatan secara rutin dan membantu dalam pencegahan penyakit,” ungkap Dr. Louise Hewitt sebagai Chief Medical Officer Alomedika.

Konsultasi dengan Dokter Spesialis di rumah pastinya semakin dimudahkan karena dapat dilakukan tanpa harus mendatangi fasilitas kesehatan. Perawat akan datang Ke Rumah pasien untuk melakukan pemeriksaan, kemudian melaporkan hasilnya kepada dokter spesialis melalui chat Alodokter sehingga dokter dapat menentukan diagnosis secara lebih tepat dan memberikan perawatan yang sesuai.

Langkah yang diambil oleh perawat dari Alodokter Ke Rumah untuk membantu dokter spesialis melakukan diagnosa dengan tepat adalah:

  • Menanyakan keluhan dan riwayat kesehatan pasien dengan jelas untuk disampaikan kepada dokter spesialis.
  • Melakukan skrining dan pemeriksaan awal yang diperlukan dan diminta oleh dokter spesialis.
  • Melaporkan hasil pemeriksaan secara rinci kepada dokter spesialis.
  • Jika diperlukan akan mengambil sampel untuk pemeriksaan laboratorium, seperti sampel darah atau urine.

Kami tidak akan berhenti sampai disini, pelayanan Alodokter Ke Rumah akan kami terus kembangkan selaras dengan kebutuhan pasien yang juga berubah. Besar harapan Alodokter dapat mendukung masyarakat memiliki standar dan kualitas hidup yang lebih baik melalui pelayanan kesehatan yang holistik.” tandas Suci.

Untuk info lebih lanjut mengenai layanan Alodokter Ke Rumah bisa mengunjungi situs www.alodokter.com dan Instagram @alodokter_id.