Economy

Dukung Wirausaha Perempuan, Standard Chartered bersama Habitat for Humanity Berikan Pelatihan Kewirausahaan

44
×

Dukung Wirausaha Perempuan, Standard Chartered bersama Habitat for Humanity Berikan Pelatihan Kewirausahaan

Share this article

LASAK.iD – Standard Charered Indonesia, bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia, pada hari ini melakukan serah terima kepada para penerima manfaat proyek perbaikan dan pembangunan tempat usaha industri rumahan di Desa Babakan Madang, Jawa Barat. Bantuan ini diberikan kepada 20 keluarga yang sebagian besarnya dipimpin oleh perempuan sebagai penopang ekonomi keluarga. Inisiatif ini juga merupakan bagian dari dana bantuan senilai USD 1,1 juta (Rp 16,1 milyar) yang Standard Chartered telah alokasikan di Indonesia untuk berbagai program pelatihan yang berfokus pada wirausaha perempuan dan kaum muda yang terimbas oleh pandemi.

Dalam pengamatannya, Habitat mendapati bahwa terdapat banyak ibu-ibu yang bekerja sebagai pelaku UMKM, khususnya berdagang di warung di area Babakan Madang yang merupakan tulang punggung keluarga. Adapun usaha mereka tidak luput dari kerasnya dampak pandemi yang terjadi. Kondisi warung mereka pun jauh dari layak. Sehubungan dengan itu, Standard Chartered menggandeng Habitat for Humanity untuk membantu para wirausaha perempuan agar bisa kembali bangkit.

Dalam proyek ini, karyawan Standard Chartered juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi relawan dalam membantu pembangunan tempat usaha tersebut. Karyawan Bank membantu proses pengecatan dan perapihan ruang usaha yang baru selain juga memberikan pelatihan keuangan bagi para pemilik usaha.

Diana Mudadalam, Head of Corporate Affairs and Brand & Marketing, Indonesia & ASEAN Markets (AU, BN, PH), Standard Chartered, mengatakan, “Sebagai bentuk nyata dari nilai-nilai “Here for Good” yang kami anut, sudah merupakan misi dari Standard Chartered untuk mendampingi dan membantu masyarakat pulih dari dampak pandemi, khususnya bagi para wirausaha perempuan dan kamu muda.”

Sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang melanda dunia, Standard Chartered secara global mendonasikan USD 25 (Rp 366,3 milyar) juta untuk program Economic Recovery untuk membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi. Khusus untuk Indonesia, Standard Chartered telah mengalokasikan USD 1,1 juta (Rp 16,1 milyar) untuk berbagai program pelatihan yang berfokus pada wirausaha perempuan dan kaum muda yang terimbas oleh pandemi.

Sementara itu, Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, saat acara serah terima ini mengatakan, “Pandemi tidak hanya berdampak pada krisis kesehatan tetapi juga krisis ekonomi dimana kebanyakan ibu-ibu, khususnya para pelaku UMKM tidak memiliki modal lagi untuk melanjutkan usahanya. Program perbaikan dan pembangunan warung oleh Habitat Indonesia bersama Standard Chartered ini menjadi satu semangat dan harapan bagi mereka untuk bisa punya tempat usaha (warung). Program bantuan ini sangat bermanfaat bagi Ibu-Ibu dimana warung yang terletak disebelah rumah membuat ibu ibu bisa mendapatkan penghasilan sambil menjaga anak-anaknya. Di kampung, warung juga menjadi tempat komunitas bersosialisasi sehingga keharmonisan hubungan dengan tetangga terjaga dengan baik.”