EconomyNationalNews

Taiwan Jadikan Indonesia Target Ekonomi Berikutnya dari Negara-Negara di Asia Tenggara

96
×

Taiwan Jadikan Indonesia Target Ekonomi Berikutnya dari Negara-Negara di Asia Tenggara

Share this article

Taiwan Expo 2024 di Jakarta akan menghadirkan 12 perusahaan terkemuka Taipei melalui Paviliun Kota Taipei untuk memamerkan bidang energi hijau, ekonomi sirkular, dan teknologi lingkungan.

LASAK.iD – Taiwan Expo 2023 yang digelar di Thailand, Malaysia dan India mendapatkan sambutan yang positif. Hal ini membuat Departemen Pengembangan Ekonomi Pemerintah Kota Taipei ingin lebih memperluas jangkauan pasar mereka di ASEAN, dengan menggandeng perusahaan-perusahaan terkemuka di Taipei.

Indonesia menjadi target pangsa berikutnya dari Taiwan, dengan menggelar Taiwan Expo 2024. Acara yang berlokasi di Jakarta Covention Center (JCC) akan berlangsung pada 16 – 18 Mei 2024. Ada 12 perusahaan terkemuka di Taipei turut ambil bagian digelaran Taiwan Expo 2024. Untuk memamerkan kekuatan Kota Taipei dalam bidang energi hijau, ekonomi sirkular dan teknologi lingkungan.

Indonesia dengan sebagai negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN menghadirkan peluang baru bagi bisnis Taiwan melalui bonus demografi yang signifikan, kelas menengah yang berkembang pesat, inisiatif Industri 4.0 yang didorong oleh pemerintah dan rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) pada tahun 2024.

Menurut Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Taiwan menginvestasikan total $137 juta USD di Indonesia pada tiga kuartal pertama tahun 2023. Berkontribusi terhadap akumulasi investasi yang mencapai hampir $5,2 miliar USD sejak tahun 1990, dan menjadikan Indonesia sebagai mitra dagang terbesar ke-14 bagi Taiwan.

Selain itu, pemerintah Indonesia secara aktif mempromosikan kebijakan pengurangan karbon dan mewajibkan ibu kota baru (IKN) menggunakan 100% energi bersih dan terbarukan. Kebijakan perdagangan yang ditargetkan mendorong bisnis untuk mengadopsi teknologi hijau, mendorong investasi dan inovasi dalam industri hijau, serta meningkatkan daya saing perusahaan yang menerapkan praktik berkelanjutan.

Agar lebih selaras dengan dinamika pasar di Indonesia, Kota Taipei mendirikan Paviliun unggulan pada acara Taiwan Expo 2024 di Indonesia, yang bertema Smart Taipei, Green Innovation. Terdiri dari dua area pameran utama, yaitu Smart Management dan Sustainable Solution. Paviliun ini menampilkan 11 perusahaan bermutu dari Kota Taipei dan menonjolkan citra proaktif kota ini di bidang teknologi pintar dan perlindungan lingkungan.

Selain itu, kegiatan Taipei Green Salon akan diselenggarakan setiap harinya selama periode pameran, yang meliputi pengenalan Kota Taipei dan peluncuran produk dari perusahaan yang berpartisipasi. Untuk menarik perhatian calon pembeli lokal yang berpotensi, dan menyediakan peluang bisnis yang lebih beragam.

Dalam kesempatan ini juga akan diselenggarakan kegiatan business matching secara one-on-one yang memungkinkan perusahaan-perusahaan di Kota Taipei untuk terlibat secara langsung dengan calon pembeli lokal yang berpotensi dan memfasilitasi ekspansi mereka ke pasar Indonesia.

Beberapa perusahaan terkemuka di Taipei yang berpartisipasi dalam pameran ini, seperti TECO Electric & Machinery Co. Ltd., memiliki produk motor magnet permanen yang inovatif telah menetapkan standar baru untuk efisiensi energi dengan kinerja yang unggul dan konsumsi energi minimal. Hal ini menandai langkah maju yang signifikan dalam pengembangan solusi industri ramah lingkungan.

Produksi bahan limbah yang sepenuhnya ramah lingkungan oleh Perusahaan Taiwan, Synmosa menunjukkan komitmen mereka terhadap lingkungan bebas polusi dengan mengubah limbah pertanian dan cangkang (shell waste) menjadi sumber daya yang bernilai.

Selain itu, solusi pemantauan energi eKoEN dari perusahaan Seasonic yang memberikan kontrol konsumsi energi yang akurat, menawarkan wawasan waktu nyata (real-time) untuk membantu mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi limbah. Solusi ini mencerminkan dedikasi Seasonic terhadap manajemen energi yang cerdas dan berkelanjutan.

Direktur Departemen Pemasaran TAITRA, Chang Shiao Chien, menyatakan bahwa, “Melalui Paviliun Kota Taipei pada acara Taiwan Expo 2024 di Indonesia, Departemen Pengembangan Ekonomi Pemerintah Kota Taipei mempunyai tujuan untuk mempererat kerja sama antara TAIPEI dan ASEAN, memperluas perspektif internasional perusahaan-perusahaan yang berbasis di Taipei, dan meningkatkan citra serta pengaruh kota Taipei di kawasan ini.”

Sampai saat ini, Rencana Promosi Ekonomi dan Perdagangan Taipei telah melayani lebih dari 500 perusahaan yang berpusat di Taipei, mempertemukan mereka dengan ribuan pembeli domestik dan internasional, serta menghasilkan peluang bisnis lebih dari NT$7 miliar.

Untuk tahun ini, skala rencana promosi akan terus diperluas, guna memperkuat kehadirannya di pasar Asia Tenggara, sekaligus memperluas jangkauan ke pasar negara maju seperti Jepang. Sehingga menciptakan beragam peluang bagi perusahaan-perusahaan Taipei untuk memperluas jangkauannya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x