Economy

CSR Digital Cara Jitu Pelaku Industri Untuk Gaet Milenial

38
×

CSR Digital Cara Jitu Pelaku Industri Untuk Gaet Milenial

Share this article

LASAK.iD – Bertepatan dengan Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Internasional yang diperingati pada 27 Juni setiap tahunnya, Campaign.com merilis “A Survey #ForChange”, sebuah survei yang mengungkapkan sejauh mana pemahaman dan preferensi para pelaku industri menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia, seperti tren CSR, prediksi berdasarkan tren tersebut, dan pelaksanaan CSR yang efektif saat ini. Survei terhadap 100 responden ini menemukan bahwa dengan melakukan CSR, perusahaan lebih dapat dipercaya oleh masyarakat.

Dalam era digital saat ini, Generasi Milenial dan Gen Z merupakan generasi yang lebih sadar dan peduli terhadap kondisi sosial dan lingkungan sekitar. Berdasarkan fakta tersebut, maka penerapan CSR ke depannya sangatlah penting untuk diwujudkan oleh pelaku industri, terutama bila berhadapan dengan Generasi Milenial dan Gen Z sebagai motor penggerak kegiatan bisnisnya. Mayoritas responden sebanyak 61% mempertimbangkan memilih tempat kerja yang berkomitmen terhadap CSR. Merespons tantangan menerapkan CSR di era pandemi, perusahaan juga diajak untuk beradaptasi salah satunya dengan melakukan kegiatan secara online.

Sebanyak 92% responden menyatakan setuju jika komitmen CSR dapat dilakukan melalui kanal digital. Inilah fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Campaign #ForChange, memudahkan pelaku industri menjalankan CSR dengan menjodohkannya kepada para penerima manfaat, yaitu komunitas/ organisasi sosial, serta menggalang dukungan publik agar perusahaan mendapat persepsi yang lebih baik bagi publik.

Campaign.com menawarkan cara baru yang tepat sasaran untuk menyalurkan komitmen sosial. Sebagai social action platform, kami memfasilitasi kolaborasi berdampak antara masyarakat, penggiat kegiatan sosial dan para pelaku industri. Semua ini dilakukan secara digital melalui aplikasi Campaign #ForChange sehingga kegiatan CSR dapat dilakukan tidak terbatas ruang geografis. Sampai saat ini, Campaign.com juga menjadi pelopor dan satu-satunya platform cause marketing di Indonesia yang berdampak,” ungkap Siti Fatimah Ayuningdyah, Sponsorship Manager Campaign.com.

Hingga kuartal 2 tahun 2022, Campaign.com telah melakukan kolaborasi dengan fokus dan tujuan sosial yang beragam. Salah satunya adalah program dukungan bagi UMKM lewat kampanye #BanggaProdukLokal. Fokus dari kolaborasi tersebut adalah untuk meningkatkan taraf hidup pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Dalam tujuh tahun eksistensinya, aplikasi Campaign #ForChange telah menjadi Best App for Good pilihan Google Play Indonesia berkat kolaborasi dengan lebih dari 450 komunitas dan organisasi sosial, serta dukungan dari para supporter dan sponsor di nusantara dan mancanegara.