Review

Review: Trolls Band Together, Hadirkan Pop Klasik & Family Band

168
×

Review: Trolls Band Together, Hadirkan Pop Klasik & Family Band

Share this article

LASAK.iDDreamWorks Animation membawa kembali petualangan dan kegembiraan para trolls jelang akhir tahun 2023. Petualangan Poppy (Anna Kendrick) dan Branch (Justin Timberlake) untuk menyelamatkan dunia trolls seperti di dua film sebelumnya, Trolls (2016) dan Trolls World Tour (2022).

Sinopsis

Kini, petualangan Poppy dan Branch berlanjut untuk Trolls Band Together. Di mana keduanya harus menyelamatkan saudara laki-laki dari Branch, yaitu Floyd (Troye Sivan) yang diculik dan memanfaatkan kemampuannya bernyanyinya oleh Velvet (Amy Schumer) dan saudara kembarnya Veneer (Andrew Rannells) dengan alat yang ciptakan oleh asisten keduanya, Crimp (Zosia Mamet).

Sebuah alat berbentuk botol parfum yang terbuat dari berlian. Alat itu mampu mengekstrak kemampuan menyanyi dari para troll untuk bisa digunakan oleh Velvet dan Veneer. Itulah yang membuat keduanya yang sebenarnya tidak memiliki kemampuan bernyanyi menjadi bernyanyi luar biasa.

Botol yang terbuat dari berlian tidak akan bisa pecah tanpa sebuah harmonisasi keluarga. Diketahui bahwa Branch dan Floyd serta ketiga saudara laki-laki lainnya, yaitu John Dory (Eric André), Clay (Kid Cudi) dan Spruce (Daveed Diggs) merupakan boyband terkenal bernama BroZone.

Sebuah kesalahpahaman di masa lalu membuat BroZone bubar, masing-masing anggota mencari jati dirinya di dunia luar, meninggalkan baby Branch bersama sang nenek. Keadaan bahaya yang dialami Floyd menggugah hati brotherhood keempatnya untuk menyelamatkan saudara laki-laki lainnya.

Mereka memulai petualangan untuk menemukan satu per satu anggota Brozone lainnya dengan bantuan baby glittery hip hop bernama Tiny Diamond (Kenan Thompson). Tak sulit untuk menemukan mereka, yang sulit menyingkirkan keegoisan dari John Dory yang menuntut anggota BroZone untuk selalu sempurna menurutnya.

Namun, mereka tidak menyadari bahwa semua itu hanya sebuah jebakan dari Velvet dan Veneer. Keduanya ingin menjebak dan menangkap anggota lainnya. Untuk kemudian memanfaatkan semua anggota BroZone untuk membuat keduanya terus bisa bernyanyi.

Sempat terjadi perselisihan kembali di antara mereka, namun melihat Floyd yang semakin kehilangan warna membuat mereka menghilangkan ego masing-masing dan membantu Floyd kembali berwarna. BroZone tidak akan berhasil tanpa bantuan dari Poppy dan kakaknya yang telah lama berpisah bernama Viva (Camila Cabello).

Pertemuan keduanya terjadi dalam perjalanan menemukan saudara Branch lainnya yang bernama Clay. Selama ini, Clay hidup di sebuah taman bermain terbengkalai sebagai admin, yang dipimpin oleh Viva. Ia menyadari setelah melihat gelang yang dikenakan oleh Poppy, mengingatkan pada ayahnya, King Peppy (Walt Dohrn).

Branch dan Poppy yang tidak tertangkap terlibat aksi kejar-kejaran dengan Velvet dan Veneer untuk menyelamatkan anggota BroZone. Bantuan lainnya datang dari sahabat Poppy, yaitu Gristle Jr. (Christopher Mintz-Plasse) dan Bridget (Zooey Deschanel) yang sebelumnya sempat meyakinkan Viva untuk ikut membantu.

Semuanya berhasil selamat, BroZone kembali bersama, Poppy dan Viva pun kembali menjadi keluarga utuh bersama King Peppy. Kehidupan mereka kembali normal dan bahagia seperti sedia kala.

Review

Trolls Band Together yang merupakan trilogi dari Trolls franchise masih menawarkan kegembiraan yang sama seperti dua film terdahulu. Dengan musik sebagai premis utamanya dengan fokus pengembangannya pada konfliknya, yang kuat kaitannya pada keluarga, persahabatan dan asmara.

Tentu dua karakternya, Poppy dan Branch sebagai pengantar utamanya. Di mana, keduanya selalu menjadi pahlawan di trilogi dari Trolls. Pada film pertama, Poppy dan Branch terlibat dalam petualangan bersama untuk mencari tempat tinggal baru untuk para trolls. Untuk menghindari dari para Bergens, yang menjadikan para trolls makanan utama.

Pada film keduanya, Poppy dan Branch kembali melakukan petualangan keliling dunia. Kali ini, untuk menyelamatkan para trolls dari niat jahat Queen Barb untuk membuat kelima desa trolls musik menjadi Rock Zombies. Melalui kekuatan yang dimiliki senar musik dari masing-masing desa trolls musik.

Di film ketiganya Trolls Band Together, petualangan keduanya untuk menyelamatkan Floyd, kakak keempat Branch yang tertangkap penjahat kembar Velvet dan Vendeer. Kemampuan bernyanyi Floyd dimanfaatkan oleh keduanya untuk meraih sukses dan uang dengan mengekstrak kemapuannya melalui alat seperti botol parfum yang terbuat dari berlian.

Kesamaan yang masih dibawa hingga film ketiganya pada musik yang tersaji, baik scoring maupun lagu yang menjadi bagian dari filmnya. Sebagai penguat sebuah adegan hal itu sudah pasti. Namun, lagu yang dipilih untuk dinyanyikan para karakter dalam filmnya yang menarik perhatian.

Musik dari ketiga filmnya membuat sebagian besar penonton akan ikut bernyanyi dan sedikit menggoyangkan badan atau sekedar kepala saja. Seakan filmnya dengan sengaja membagi golongan penonton. Secara format filmnya yang adalah animasi tentu lebih menarik untuk anak-anak dan remaja.

Tetapi dari sisi lagu yang dinyanyikan selain dari 5 karya original, lebih menyasar pada penonton yang lebih dewasa. Dengan meng-cover lagu-lagu pop yang populer secara band dari era 70-an hingga awal 2000-an. Seolah pada visual lebih diperuntukan penonton anak-anak dan remaja. Sedangkan penonton dewasa cukup berfokus secara audio.

Trolls Band Together jelas membawa musik pop klasik dan menghidupkan kembali family band, seperti Bee Gees dan The Jackson 5. Salah satunya gambaran dari BroZone yang beranggotakan 5 bersaudara, mengingatkan pada Jackson 5.

Sesuatu yang menciptakan rasa penasaran dari franchise Trolls. Ini menjadi kejutan di setiap filmnya, yang erat kaitannya dengan sajian musik atau lagu cover untuk dinyanyikan dalam filmnya, sebagai film animasi musikal. Sebelumnya, berbagai genre musik termasuk kehadiran korean pop a.k.a k-pop, kini pop klasik dan musik boyband yang populer selama beberapa dekade kebelakang.

Masih kaitannya dengan cerita filmnya, Trolls Band Together maupun secara keseluruhan franchise Trolls, sejak film pertama menjadi satu dari sekian film yang menghadirkan cerita maupun eksekusi secara audio visual cukup friendly untuk penonton anak-anak. Dikemas lebih ringan dalam membangun cerita, dialog, scene by scene maupun penyelesaian konflik.

Hal menarik dari film Trolls sebagai franchise, membuat identitas tersendiri yang kemudian diingat penontonnya. Jelas pada trolls yang dibuat mungil dan berwarna dalam franchise ini. Lainnya, pada pasangan #broppy karakter utama dengan kepribadian Poppy yang ekstrovert dan Branch sebagai introvert.

Poppy yang selalu ceria, bersemangat dan seringnya berbicara tiada henti tanpa ada koma dan titik. Sedangkan, Branch yang penyendiri dengan wajahnya yang tanpa senyum. Keduanya menjadi identitas lainnya dari franchise Trolls yang juga ditunggu untuk ditonton.  

Keseluruhan franchise Trolls sangat menghibur, walau terkadang pembangunan alur konflik ceritanya terpotong sejenak. Misalnya, Trolls Band Together dengan busur cerita akan penyatuan kembali 5 bersaudara, sedikit berbelok dengan kejutan lain dari Poppy yang bertemu dengan kakaknya. Atau keterlibatan pasangan bergens untuk sedikit terlibat dalam membantu menyatukan sebuah keluarga.

Production companyDreamWork Animation
DistributorUniversal Pictures
Cast: Anna Kendrick (Poppy), Justin Timberlake (Branch), Camila Cabello (Viva), Eric André (John Dory), Amy Schumer (Velvet), Andrew Rannells (Veneer), Troye Sivan (Floyd), Daveed Diggs (Spruce), Kid Cudi (Clay), Zosia Mamet (Crimp), Zooey Deschanel (Bridget), Christopher Mintz-Plasse (Gristle Jr.), RuPaul Charles (Miss Maxine), Aino Jawo (Satin), Caroline Hjelt (Chenille), Kenan Thompson (Tiny Diamond), Anderson .Paak (Prince D), Kunal Nayyar (Guy Diamond), Ron Funches (Cooper), etc
Director: Walt Dohrn, Tim Heitz (co-director)
Screenwriter: Elizabeth Tippet
Producers: Gina Shay
Duration1 hours 32 minutes

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x