Review

Review: The Offering, Bangkitnya Mahkluk Mitologi Abyzou

118
×

Review: The Offering, Bangkitnya Mahkluk Mitologi Abyzou

Share this article

LASAK.iDThe Offering merupakan film bergenre horor-thriller dari rumah produksi Millenium Media. Bercerita tentang iblis wanita yang menjadi penyebab banyaknya keguguran pada wanita hamil dan meninggalnya anak-anak di dunia.

Dijelaskan juga di awal filmnya, iblis wanita ini memiliki banyak nama di berbagai agama dan kepercayaan. Film The Offering sendiri mengambil sudut pandang dari kepercayaan yahudi, dengan nama Abyzou atau sering juga disebut sebagai ‘taker of children‘.

Jump scare

Film dengan genre atau sub-genre yaitu horror, akan selalu ditemukan unsur jump scare sebagai bagian untuk memberikan rasa takut, kaget juga mencekam.

The Offering pun mengambil bagian akan hal tersebut, jump scare dari yang cukup biasa sampai yang membuat terkejut. Walau sekedar lambayan tangan atau siluet yang terbentuk dari kain yang tergerai.

Oliver Park sebagai sutradara dalam memunculkan jump scare dilakukan dengan memainkan tempo. Di bagian tertentu dengan tempo cepat dan bagian tertentu lainnya dengan tempo lebih lambat.

Pada tempo lebih lambat, Oliver Park mencoba memainkan mood deg degan di penonton, dengan membuat adegan yang memunculkan Abyzou secara perlahan baru kemudian mengejutkan dengan tiba-tiba.

Kemunculannya dalam bentuk aslinya seperti kambing atau wujud dari seorang yang dikenal. Menariknya, di bagian ini ada momen penonton dibuat terkecoh ketika Abyzou digambarkan dalam wujud manusia. Penonton seketika diajak untuk menebak ini manusia asli atau perwujudan dari Abyzou.

Namun, dikatakan sebagai momen menyeramkan sepenuhnya pun tidak juga, tetapi untuk membuat penonton terkejut menjadi cukup efektif.

Penceritaan

Hank Hoffman sebagai penulis dalam penceritaan filmnya dibuat lugas, hanya membawa kembali legenda masa lalu ke masa sekarang tentang sosok iblis wanita bernama Abyzou.

Itu yang mungkin menjadi alasan tidak adanya penjelasan secara visual maupun flashback akan masa lalu seperti apa dan siapakah Abyzou itu.

Selain dasar yang diambil untuk cerita terkait Abyzou memang benar adanya terutama dari pemahaman secara keyakinan yahudi. Sebuah fakta nyata bukan sebuah cerita fiksi yang dibuat-buat.

Penjelasan yang hanya ditemukan di awal film melalui penjabaran tulisan mengenai asal usul Abyzou. Juga sedikit di tengah filmnya, hanya mungkin terkesan singkat bahkan tergesa-gesa sehingga penonton tidak mendapatkan pendetailan secara spesifik. Selain yang didapatkan di bagian awal film.

Melalui adegan saat Saul (Allan Corduner) meminta penjelasan kepada Chayim (Daniel Ben Zenou). Berkaitan makna tulisan yang terpahat pada pisau yang tertancap pada mayat ilmuwan cerdas bernama Yosille (Anton Trendafilov).

Ini memang menjadi poin untuk penonton bisa mendapatkan akan ke arah mana benang merah filmnya. Menjadi tontonan menarik ketika mampu menciptakan rasa penasaran akan seperti apa adegan selanjutnya, akan seperti apa pada akhirnya. Ini juga bukan secara utuh filmnya.

Sederhananya, penulis membuat bagian dijelaskan secara lugas, misalnya wujud iblis dalam bentuk kambing dengan simbol-simbol pendukung. Di sisi lainnya ada penjelasan yang sekedarnya saja.

Bagian akhir

Selain cerita yang dibangun sepanjang film, bagian akhir biasanya juga menjadi yang ditunggu. The Offering untuk bagian akhir filmnya cukup mengejutkan dengan membuat para karakter utamanya mati.

Karena yang sering dijumpai akan ada karakter yang bertahan hidup, dengan tetap menjadi dirinya atau justru menjadi bagian dari iblis itu sendiri.

The Offering juga seperti kebanyakan film yang mengangkat keaslian dari sebuah mitologi tertentu. Sebuah cerita yang sebenarnya tidak memiliki ending, yang selalu mengisyaratkan sebagai cerita yang berkelanjutan.

 

Production company: Millennium Media, Nu Boyana Film Studios
Distributor: Millennium Media
Cast: Paul Kaye (Heimish), Nick Blood (Arthur), Allan Corduner (Saul), Emm Wiseman (Claire), Velizar Binev (Moishe), Jonathan Yunger (Levi Siegelman), Daniel Ben Zenou (Chayim), Anton Trendafilov (Yosille), Nathan Cooper (Worker)etc
Director: Oliver Park
Screenplay: Hank Hoffman
Producers: Jeff Greenstein, Les Weldon, Jonathan Yunger, Yariv Lerner, Hank Hoffman, Sam Schulte
Duration: 1 hours 33 minutes