Review

Review: Operation Fortune, Misi Pencarian The Handle Penuh Tawa

73
×

Review: Operation Fortune, Misi Pencarian The Handle Penuh Tawa

Share this article

LASAK.iD – Jason Statham kembali untuk film terbaru di awal tahun 2023. Membahas sosok aktor satu ini, penikmat film tidak akan mendapati seorang Jason Statham bermain dalam film yang sweet apalagi melow.

Yap, karena di film terbaru berjudul Operation Fortune, Jason Statham berperan sebagai Orson Fortune, tokoh utama yang juga memimpin dari kelompok profesional.

Di bawah kendali seorang bernama Nathan Jasmine (Cary Elwes) untuk menjalankan sebuah misi merebut kembali teknologi canggih yang berbahaya yang dicuri sekelompok penjahat di sebuah pusat penelitian.

Operation Fortune merupakan film action thriller comedy terbaru dari STX Entertainment, yang juga dibintangi Aubrey Plaza (Sarah Fidel), Bugzy Malone (J.J. Davies), Josh Hartnett (Danny Francesco), Cary Elwes (Nathan Jasmine) dan Hugh Grant (Greg Simmonds).

Dikatakan sebelumnya, setiap film yang dimainkan aktor Jason Statham tidak akan menemukan adegan romantis nan drama. Namun, Operation Fortune pun tidak seperti kebanyakan film dari sang aktor loh.

Ini karena Operation Fortune sedikit lebih “kalem” untuk film yang menunjukkan adegan aksi, seperti fight ‘one on one’ hingga menggunakan persenjataan lengkap yang Jason Statham selalu terlibat di dalamnya.

Operation Fortune yang menunjukkan keseriusan film dengan menyesuaikan karakter wajah dari sang aktor memang tetap dipertahankan namun hal ini pun tidak biasanya.

Penulis filmnya, Ivan Atkinson, Marn Davies dan Guy Ritchie lebih mencoba lebih mengendurkan dengan banyaknya jokes, bukan juga sebuah komedi umun. Ketiganya lebih pada sindiran atau jokes angkuh.

Premis untuk film Operation Fortune juga bukan sebuah orisinalitas, penulis banyak mengambil ide dari cerita yang ada sebelumnya. Kemudian dibuat dengan gaya penulisan mereka dan visualisasi dari sutradara, Guy Ritchie dengan mematahkan kekhasan dari sisi aktor utamanya, Jason Statham.

Tetapi dari situlah seperti menciptakan plot hole dengan adanya sub-premis pendukung. Saat membentuk hubungan antara karakter Danny Francesco bintang film terkenal dengan Greg Simmonds, seorang perantara di dunia hitam.

Keduanya yang sebenarnya peran dan bagian dari pendukung cerita, namun perlahan mampu mencuri perhatian pada penonton. Bukan lagi pada Orson Fortune dan tim atau operasi yang ingin mendapatkan The Handle (teknologi yang dicuri).

Sejak keterlibatan Jason Statham dalam universe Fast Furious kemudian pada spin-off berjudul Jobs & Shaw, ada keterkaitan yang cukup kuat dirasakan kemudian di film Operation Fortune. Seperti spin-off lainnya dari Jobs & Shaw, filmnya bersama aktor Dwayne Johnson.

Operation Fortune untuk sebuah hiburan tetaplah menarik, terutama yang ingin melihat berbagai aksi dari aktor Jason Statham.

Production company: Miramax, STXFilms
Distributor: STX Entertainment
Cast: Jason Statham (Orson Fortune), Aubrey Plaza (Sarah Fidel), Bugzy Malone (J.J. Davies), Josh Hartnett (Danny Francesco), Cary Elwes (Nathan Jasmine), Hugh Grant (Greg Simmonds)etc
Director: Guy Ritchie
Screenplay: Ivan Atkinson, Marn Davies, Guy Ritchie
Producers: Jason Statham, Ivan Atkinson, Bill Block
Duration: 1 hours 54 minutes