FilmCinema

Keluar Main 1994 Tak Sekedar Judul, Ini Makna Dibaliknya

191
×

Keluar Main 1994 Tak Sekedar Judul, Ini Makna Dibaliknya

Share this article

Keluar Main 1994 membawa nuansa kental dan keautentikan dari kota Makassar yang bangkitkan memori masa sekolah era 90-an.

LASAK.iD – Indonesia terkenal dengan beragam budaya, mulai dari pakaian adat, rumah, alat musik, tarian hingga makanannya. Begitu pun dengan bahasa daerah yang dimiliki Indonesia dari Barat sampai Timur menjadi yang terbanyak di seluruh dunia.

Setiap daerahnya memiliki kekhasannya tersendiri, salah satunya Sulawesi Selatan. Daerah yang berada di Timur Indonesia ini memiliki banyak kosakata khas yang terus digunakan secara turun-temurun.

Di antaranya, kata “keluar main” yang digunakan masyarakat Sulawesi Selatan untuk menyebut waktu istirahat, saat anak-anak sekolah bersama-sama menikmati kebebasan sejenak dari kegiatan belajar mengajar.

Sebuah kata yang yang penuh kenangan, kini digunakan untuk judul film produksi DL Entertainment, tepatnya Keluar Main 1994.

Tak sekedar memberikan vibes nostalgia masa sekolah era 90-an, tetapi juga membuka lembaran kisah tentang perjuangan anak sekolahan yang dihadapkan pada konflik antara keinginan pribadi dan harapan orang tua. 

Ihdar Nur, selaku sutradara menyampaikan bahwa film ini memang bermaksud menggambarkan bagaimana anak dan orang tua seringkali berbeda pandangan mengenai persiapan masa depan.

Harapannya menjadi cermin bagi penonton, terutama yang lahir pada era 90-an dan kini telah menjadi orang tua, untuk lebih memahami dinamika hubungan antara orang tua dan anak. 

Semoga dengan menonton film ini, teman-teman yang lahir 90-an dan sekarang sudah mulai menjadi orang tua bisa lebih memahami kondisi hubungan orang tua dan anak. Dan semoga film ini bisa menjembatani bahwa sebenarnya ada jalan tengah yang bisa diambil oleh kedua belah pihak untuk menghindari konflik. Diawali dengan komunikasi yang baik, pada akhirnya anak akan menyadari bahwa membahagiakan orang tua tidak harus dengan jalan mengubur impian mereka,” ungkap Ihdar Nur. 

Arif Brata sebagai pemeran Ibo menyatakan bahwa film ini akan memberikan momen nostalgia era 90-an, terutama bagi penonton asal Makassar.

Kalau anak Makassar pasti senang karena akan jadi momen nostalgia era 90-an. Kalau penonton film dari daerah lainnya, menurut saya film ini akan membangkitkan rasa ingin tahu mereka tentang Makassar dan keunikannya,” ujar Arif Brata.

Film ini mengeksplorasi kisah Ibo, seorang anak yang menemui dilema antara keinginan bermain sepak bola dan tekanan orang tua untuk fokus belajar.

Film dengan sentuhan drama, nuansa dan cerminan realitas kehidupan sekolah di era 90-an. Keluar Main 1994 menghadirkan perasaan galau, persahabatan dan pertentangan generasi dalam suasana hangat kota Makassar dan keunikan dialek Makassar itu sendiri.

Menjadikan filmnya dalam suasana lebih akrab dan autentik, membangkitkan kembali kenangan masa-masa sekolah yang penuh warna.

Dengan pesan yang mendalam dan sentuhan humor yang khas, film ini diharapkan mampu menjadi pemersatu berbagai kalangan penonton, tidak hanya dari kalangan anak 90-an, tetapi juga generasi muda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kehidupan sekolah di era 90-an. 

Keluar Main 1994 tentu membawa penontonnya dalam perjalanan melihat bagaimana keputusan-keputusan kecil dapat membentuk masa depan seseorang. 

Jangan lewatkan Keluar Main 1994 yang akan mulai tayang di bioskop pada 28 Maret 2024. Nantikan juga para pemain yang akan menyapa penontonnya dengan mengadakan promo di sekolah dan kampus-kampus di Makassar.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x