Film

Film Animasi Tentang Indonesia, Riki Rhino Siap Tayang

66
×

Film Animasi Tentang Indonesia, Riki Rhino Siap Tayang

Share this article

LASAK.iD – Membayangkan film animasi, yang terlintas pertama kali adalah deretan film produksi Disney, Pixar, Dreamworks, Warner Bros hingga Nickelodeon. Rumah produksi asal Amerika tersebut menjadi yang paling rajin memproduksi film animasi, seperti Frozen hingga Spongebob. Setiap film yang di rilis selalu menembus box office dunia, bahkan di pekan pertama penayangan.

Indonesia sebenarnya memiliki potensi untuk mencapai sukses yang sama melalui film serupa. SDM yang merupakan para animator sangat memadai. Meski memiliki SDM mumpuni, Indonesia akan butuh waktu yang cukup lama. Mengingat masih sangat minimnya rumah produksi yang berani mengambil langkah tersebut.

Sayangnya hanya segelintir rumah produksi yang mencoba menjadi pioneer. Salah satunya lahir dari Batavia Pictures. Sejak 2017, Batavia Pictures telah merilis kurang lebih 6 film animasi.

Mendapat tanggapan positif dari penonton tanah air. Tahun ini, Batavia Pictures kembali dengan karya terbaru. Film animasi berjudul Riki Rhino kali ini tampil berbeda dan lebih Indonesia.

Di sutradarai Erwin Budiono, film animasi Riki Rhino menampilkan hutan dan hewan Indonesia yang berada dalam Taman Nasional, yang tersebar di Pulau Sumatera hingga Kalimantan.

Proses produksinya sendiri memakan waktu cukup lama hingga 4.5 tahun. Ini menjadi film tanah air dengan proses yang cukup lama. Animator yang terlibat pun mencapai 100 orang, yang sebagian besar berasal dari Jawa Barat.

Setiap karakter dalam film yang dihadirkan pun tidak sembarang dibuat. Erwin Budiono, juga mengatakan tim produksi bahkan harus menghabiskan waktu hingga setahun untuk melakukan riset langsung ke Taman Nasional untuk mempelajari anatomi dari hewan, seperti badak, gajah, orang utan hingga bekantan.

Sebagai film animasi para karakter ini menggunakan pengisi suara. Karakter hewan ada nama aktor Hamish Daud untuk mengisi suara Riki seekor badak yang menjadi karakter utama.

Mengisi suara Beni seekor bebek ada komika Ge Pamungkas, Dimas Danang sebagai Master seekor bekantan hingga Mikhaela Lee Jowono sebagai Rara seekor gajah.

Karakter manusia diisi oleh Zack Lee sebagai Mr. Jack, Mo Sidik sebagai Bogeng, Niken Anjani sebagai Nina dan Cemen sebagai pemburu.

Riki Rhino resmi tayang di bioskop tanah air mulai 27 Februari 2020 atau esok hari.