Event

INACRAFT on October 2023 Hadirkan Konsep Youth

100
×

INACRAFT on October 2023 Hadirkan Konsep Youth

Share this article

LASAK.iD – Perhelatan pameran bertajuk Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang diinisiasi oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) untuk kedua kalinya di tahun ini siap digelar pada 4 – 8 Oktober 2023.

Tahun ini, ASEPHI bersama dengan Mediatama Event melakukan gebrakan baru dengan meregenerasi konsep yang sudah ada selama dua dekade terakhir dengan konsep Youth untuk INACRAFT on October 2023.

Akan ada insight program khusus yaitu Talam INACRAFT. Konsep baru ini tentu melibatkan para youth enterpreneur untuk menampilkan produknya pada area booth khusus, yaitu Youth Corner.

Untuk kedua kalinya ini ada bedanya, yang April bergaya lama, klasik istilahnya, kalau yang bulan Oktober itu youth, kita semua baru. Para penampilan di desain biasanya 1.200 stand, sekarang 772 stand. Untuk memberikan kesempatan venue lebih besar, kemudian dekorasi yang lebih baik. Dan ada yang spesial untuk memberikan satu anjungan untuk kaum muda“, ungkap Ketua Asephi Muchsin Ridjan.

INACRAFT kembali menggandeng JCC Senayan, Jakarta sebagai venue acara, yang kali ini seluruh hall akan digunakan sebagai area pameran. Sebagai awal, Youth Corner akan mendapatkan porsi sekitar 20 persen dari setiap hall yang digunakan untuk pameran.

Produk yang akan ditampilkan dari para youth preneur dalam INACRAFT on October 2023 berupa produk apparel, seperti fashion. Ada juga produk craft dan berbagai kebutuhan lainnya untuk anak muda.

Untuk presentase anak muda sekitar 20 persen di setiap hall. Di lokasi depan akan digunakan untuk Youth Corner. Produknya ada macam-macam, salah satunya apparel, ada fashion, kemudian ada craft dan berbagai keperluan untuk anak muda“, ungkap Umi Noor Wijiati selaku Direktur Utama Mediatama Binakreasi.

INACRAFT ingin menjadi wadah dan memanjakan para artisan muda dengan memberikan panggung untuk berkreasi yang secara khusus berada di Hall B Jakarta Convention Center. Di panggung ini, para youth preneur bisa melakukan kegiatan seperti talkshow, fashion show dan workshop.

Konsep Youth dalam edisi INACRAFT on October 2023 merupakan langkah awal untuk para artisan senior memberikan jalan kepada artisan muda. Untuk itu, produk yang terkurasi pun tidak secara total bernuansa modern, tetapi produk kontemporer yang masih melibatkan unsur tradisional.

Saat ini, porsi yang diberikan memang terbilang masih kecil. Namun, tidak menutup kemungkinan edisi Oktober dari INACRAFT di tahun selanjutnya akan secara total dikhususkan pada Youth Corner. Sehingga bisa menciptakan sebuah kolaborasi menarik antara artisan senior dan artisan muda.