Sport

Garuda Select Petik Kemenangan 3-0 atas Akademi Arsenal

93
×

Garuda Select Petik Kemenangan 3-0 atas Akademi Arsenal

Share this article

LASAK.iD – Garuda Select merupakan program pengembangan pemain muda yang dibentuk oleh Mola dan PSSI. Garuda Select tutup musim kelima di Eropa dengan kemenangan meyakinkan 3-0 atas akademi Arsenal.

Tiga gol diciptakan dari kaki pemain yang berbeda, yaitu Nabil, Lotra dan Raihan. Ini menjadi kemenangan tak terduga melawan akademi Arsenal setelah sebelumnya kalah 6-2 pada musim pertama dan 4-1 pada musim keempat.

Garuda Select memiliki tujuan mempercepat pengembangan pemain muda Indonesia dan mempersiapkan mereka menuju karir sepak bola profesional. Setelah berjalan lima musim, Program Garuda Select sudah berkontribusi dalam pengembangan lebih dari 40 pemain untuk Tim Nasional Indonesia.

Baca juga: Bermain Impresif, Tim Garuda Select Menang 2-1 Atas Inter Milan

Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, mengatakan bahwa musim kali ini merupakan angkatan dengan prestasi terbaik. Di mana mereka sukses memperoleh 14 kemenangan termasuk saat melawan akademi kasta tertinggi Eropa seperti Inter, Brighton dan Arsenal.

Sukses meyakinkan Garuda Select di musim kelimanya karena kontribusi pemain asing yang bergabung ke dalam tim. Angkatan kali ini diramaikan dengan hadirnya 3 pemain dari tim akademi Como, 1 pemain muda Australia dan 4 prospek muda dari Senegal dan Ghana.

Kehadiran mereka langsung memicu peningkatan kualitas pemain Indonesia karena mereka dipaksa untuk mengimbangi intensitas latihan dan performa harian para pemain asing.

Prestasi tim yang positif juga menarik perhatian para pemantau bakat klub Eropa yang semakin sering terlihat mengamati perkembangan para pemain Garuda. Bahkan beberapa minggu lalu Younnes Ibrahim pemain asal Australia yang berumur 14 tahun direkrut oleh klub Liga Inggris Brighton Hove Albion.

Selain Younnes, perkembangan beberapa pemain lain juga masih terus dipantau oleh klub-klub Eropa. Sayangnya, belum ada pemain Indonesia yang dianggap mampu langsung hijrah ke Eropa.

Dennis Wise menyatakan level pemain Indonesia belum mencapai level pemain asing untuk bisa segera mendapatkan kesempatan di Eropa.

Pemain Indonesia masih jauh tertinggal perkembangannya dan ini sebabnya kami menambahkan pemain asing ke dalam tim, agar pemain Indonesia dapat melihat sendiri seberapa jauh mereka harus berkembang untuk bisa bersaing di level internasional,” ujar Dennis Wise.

Dennis berharap bahwa peningkatan kerjasama dengan PSSI akan meningkatkan kualitas persediaan pemain untuk seleksi musim-musim mendatang.

Berkat bantuan PSSI, kami telah memperluas area scouting kami di seluruh Indonesia dan tahun ini adalah tahun pertama kalinya para scout kami mengunjungi Papua,” tambahnya.

Wakil Mola, Mirwan Suwarso, percaya bahwa program ini akan memiliki manfaat jangka panjang bagi sepakbola Indonesia.

Pada suatu saat nanti, program ini akan menjadi inspirasi bagi para pemain muda sepakbola Indonesia untuk mengejar impian mereka menjadi pemain sepakbola profesional baik di dalam ataupun di luar negeri dan Program Garuda Select bisa menjadi tolak ukur atas apa yang harus mereka tempuh demi mengejar impian mereka,” ungkap Mirwan Suwarso.