Tech

Contactless Dining: Era Baru Makan Di Restoran Untuk Masa New Normal

59
×

Contactless Dining: Era Baru Makan Di Restoran Untuk Masa New Normal

Share this article

LASAK.iD – Tahun ini, menjadi tahun yang berat bagi setiap negara dalam menghadapi pandemi covid-19. Berbagai sektor merasakan dampaknya, tak terkecuali industri Food & Beverage. Dikutip dari Kompas, Ekonom dan Direktur Riset IMF, Gita Gopinath menyebutkan krisis yang dihadapi oleh berbagai negara ini disebut Great Lockdown. Lantaran banyaknya negara yang menerapkan karantina besar-besaran dan menyebabkan perekonomian menjadi terganggu yang belum pernah dialami sepanjang sejarah dunia.

Melihat krisis yang terjadi, secara perlahan setiap negara mulai berani ‘berdamai’ dengan covid-19 dan menyebutkan berada di masa new normal. Salah satu platform digital terbesar di sektor Food & Beverage, yaitu Zomato berusaha menyelaraskan situasi baru ini dengan teknologi. Untuk membantu seluruh restoran agar tetap bertahan dan kembali beroperasi. Sejak April 2020, Zomato sudah mulai mencanangkan cara baru makan di restoran di tengah new normal, yang kami sebut Contactless Dining.

Tercatat mulai Selasa (7/7), ada lebih dari 13 ribu restoran telah menawarkan pengalaman Contactless Dining di India. Tak hanya di India saja, pengalaman baru inipun juga sudah hadir di UAE, Australia, dan New Zealand. Hal ini tentunya mendapatkan respon positif baik dari pihak restoran maupun pengunjung yang datang.

Contactless Dining menjadi pengalaman baru saat makan di luar. Pengunjung tidak perlu menyentuh buku menu atau bill secara fisik sampai dengan melakukan pembayaran menggunakan mesin kartu. Semua berubah menjadi cara yang lebih baru.

Dengan adanya Contactless Dining, pengunjung yang datang ke restoran dapat melakukan seluruh proses, seperti melihat menu, memesan makanan atau minuman favorit, sampai dengan membayar bill hanya dengan aplikasi Zomato. Hal inilah yang kami percayai dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan makan di restoran di era yang baru ini.

Market pertama yang menjadi target di Indonesia adalah Jabodetabek. Selain itu, Zomato juga terus bergerak untuk meluncurkan pengalaman baru makan di luar ini di berbagai market besar lainnya, seperti di Turki, Portugal dan Filipina yang perlahan sudah mulai menawarkan Contactless Dining di berbagai restoran favoritmu. Zomato berupaya untuk terus membantu seluruh restoran partner dan tetap pula menjadikan pengunjung sebagai prioritas utama kami. Terutama, hal-hal yang menyangkut keamanan dan kenyamanan di era kenormalan baru ini”, sebut Deri Slyrova, Marketing Lead Zomato Indonesia.

Hal ini mengurangi rasa khawatir saat makan di restoran favoritmu. Pengalaman makan seru dengan Contactless Dining, pengguna dapat mencari restoran yang sudah bergabung di jaringan Contactless Dining melalui banner yang terdapat di aplikasi Zomato.

Social Affair, Shirokuma Cafe, The Pancake Co. By Dore dan masih banyak lagi menjadi sederet nama restoran yang bergabung. Setelah sampai di restoran. Hanya dengan memindai QR code berlabel Zomato yang tersedia di restoran, pengunjung sudah bisa memesan, memanggil pramusaji, bahkan membayar langsung melalui aplikasi Zomato. selain itu standar protokol kesehatan dan keselamatan sudah dipersiapkan oleh para restoran yang tergabung dalam jaringan Contactless Dining ini, tambahnya.