Tech

Bioskop Online Ungkap Strategi Promosi dan Branding Produk Lewat Iklan di Platform Digital

85
×

Bioskop Online Ungkap Strategi Promosi dan Branding Produk Lewat Iklan di Platform Digital

Share this article

LASAK.iD – Bersaing di industri digital saat ini, membuat banyak platform digital termasuk Bioskop Online memaksimalkan beragam kanal dan medium untuk memasarkan produk-produknya kepada masyarakat luas, termasuk memanfaatkan strategi marketing dan branding lewat iklan digital.

Hal ini pun terungkap dalam gelaran talkshow bertajuk “Tren Beriklan dan Jadi Viral di Industri Digital”. Talkshow ini digelar sebagai bagian dari sesi Advertising Week Festival (AWF) UI 2023 yang berlangsung pada Jumat, 17 Februari 2023 di Auditorium Vokasi Universitas Indonesia.

Dalam acara tersebut, sejumlah perwakilan Bioskop Online ikut menghadiri talkshow sebagai pembicara. Mereka yang hadir yaitu; Ajeng Parameswari selaku President Digital Business Visinema Group, Bonifacius Soemarmo selaku VP Growth & Marketing Bioskop Online, Adriyanto Dewo selaku Sutradara dan Daffa Wardhana selaku pemain film “Panduan Mempersiapkan Perpisahan”.

Selain itu, hadir juga perwakilan tim sosial media Bioskop Online. Keseruan talkshow ini dibuka dengan pengenalan lebih detail tentang platform Bioskop Online. Sebagai salah satu wadah digital menonton film secara legal, Bioskop Online tidak lepas dari kegiatan marketing untuk film-film yang telah dirilis. Ajeng Parameswari selaku President Digital Business Visinema Group memberikan gambaran tentang bagaimana Bioskop Online memasarkan karya-karya sineas Indonesia lewat pemasaran digital.

Dengan adanya platform digital dan dengan digital marketing sebuah film bisa lebih mudah bertemu dengan penontonnya. Lewat digital marketing juga, ada banyak kreativitas yang bisa dibuat dan menjadi konten branding sebuah film. Iklan bisa dibuat lebih fleksibel dan relate dengan audience yang lebih terarah,” tutur Ajeng Parameswari selaku President Digital Business Visinema Group.

Tentunya strategi dan pemasaran digital yang dilakukan Bioskop Online berlaku hingga film-film teranyar, termasuk film karya sutradara Adriyanto Dewo, yaitu film “Panduan Mempersiapkan Perpisahan”, yang akan tayang mulai 24 Februari 2023 di Bioskop Online.

Adriyanto Dewo pun sedikit membahas bahwa di zaman serba digital saat ini, selain menayangkan film di bioskop, platform legal seperti Bioskop Online sudah pasti akan menjadi pilihan lain yang banyak diminati oleh para pembuat film. Sebagai pelaku industri, Adriyanto Dewo ikut memberikan pandangannya tentang tren serba digital, termasuk tren memasarkan film melalui OTT menggunakan digital marketing.

Dari sisi filmmaker, memang sudah menjadi pilihan antara bioskop atau OTT. Bedanya kan OTT library-nya semua sudah ada, tinggal klik, tinggal pilih, tidak usah ada effort untuk keluar rumah. Jadi untuk filmmaker ada pilihan untuk dirilis film secara OTT atau digital, dan tantangannya kalau dari sisi kreatif itu lebih ke gimana secara format penceritaan yang lebih bisa diterima kalau kalau tidak nonton di bioskop. Karena akan beda ketika nonton di bioskop dan nonton di rumah,” ungkap Adriyanto Dewo.

Sementara itu, Daffa Wardhana sebagai pemain film “Panduan Menyiapkan Perpisahan” ikut mendukung perkembangan digital marketing dalam memasarkan sebuah film yang tayang di OTT atau platform digital. Karena dengan kreativitas yang ada, konten-konten pemasaran digital dapat diciptakan agar lebih dekat atau lebih relate dengan banyak orang, yang pada akhirnya akan menjadi penonton film tersebut.

Bisa terlibat dalam film berbentuk OTT ini sebuah privilege, juga jadi akses nya itu lebih banyak untuk orang bisa nonton. Jadi akses nontonnya tuh lebih mudah untuk mereka jangkau. Jadi menurut aku sih gitu, dan jangka untuk mereka menonton lebih banyak dan fleksibel,” ujar Daffa.

Daffa pun berharap, mereka yang telah terpapar iklan atau konten digital film “Panduan Menyiapkan Perpisahan” bisa ikut penasaran, menunggu dan menonton filmnya ketika sudah rilis nanti di Bioskop Online. Filmnya sendiri berupa adaptasi dari buku best seller terbitan Mojok, yang juga merupakan karya dari Arman Dhani yang berjudul “Eminus Dolere”. Filmnya sendiri bercerita tentang fragment of memories dalam tiga babak, yaitu bertemu, bersama dan berpisah.

Dengan tren beriklan secara digital ini, harapannya bisa mempermudah pertemuan antara film-film yang tayang di Bioskop Online dengan para penontonnya. Dengan begitu, Bioskop Online ikut berkontribusi mengembangkan perfilman Tanah Air lewat jalur digital. Termasuk bisa mengantarkan film “Panduan Mempersiapkan Perpisahan” bertemu dengan para penontonnya.

Nantinya, film “Panduan Mempersiapkan Perpisahan” bisa disaksikan di website Bioskop Online mulai 24 Februari. Selain itu, film tersebut juga bisa ditonton lewat aplikasi Bioskop Online, yang bisa diunduh di App Store dan Google Play Store. Bagi yang ingin membeli tiket film ini, sudah bisa mendapatkan tiket dengan harga pre-sale, Rp 10.000 hingga 23 Februari 2023 mendatang.