Review

Review: The Ice Road, Misi Penyelamatan Berbahaya di Jalur Es

43
×

Review: The Ice Road, Misi Penyelamatan Berbahaya di Jalur Es

Share this article

LASAK.iD – Jelang akhir tahun cukup banyak deretan film yang bisa menjadi pilihan tontonan pecinta film di tanah air. Ada satu judul yaitu The Ice Boar yang bisa masuk daftar kalian. Alasannya, karena film garapan sutradara Jonathan Hensleigh akan kasih kalian sensasi berbeda dalam menikmati film aksi.

Film ini dibintangi Liam Neeson sebagai Mike McCann, seorang yang bersama adiknya, Gurty McCann menawarkan ekspedisi pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan peti kemas. Gurty McCann yang digambarkan memiliki keterbatasan ini diperankan aktor Marcus Thomas.

The Ice Boar ini bercerita tentang Mike dan Gusty McCann dan rekannya yang lain, Jim Goldenrod (Laurence Fishburne) sebagai leader, Tantoo (Amber Midthunder) dan Tom Varnay (Benjamin Walker) berpacu dengan waktu untuk menolong para penambang yang terjebak dengan alat bor besar seberat 30 ton yang mereka bawa.

Bak superhero, kedatangan mereka tentu paling ditunggu. Walau sebenarnya mereka juga berada di ambang maut, karena ekspedisi itu hanya kedok lainnya dari politik kotor para eksekutif perusahaan tambang Katka. Bahkan diantara mereka bersembunyi satu penjahat yang ditunjuk menggagalkan ekspedisi jalur es tersebut.

Di mulai dari mengganti bahan bakar truk milik Jim yang membuat kerusakan dan akhirnya tenggelam. Nahasnya, tambang besar untuk menderek truknya dari air menjerat kaki Jim yang membuatnya juga ikut tenggelam.

Tom Varnay, sang penjahat menjadikan Tantoo yang memiliki kelamahan sebagai kambing hitam.  Sukses dengan itu, Varnay mulai mengelabui Mike dan adiknya dengan menjebak dan meledakan truk mereka untuk menghilangkan barang bukti.

Sebagai karakter utama tentu tidak akan mudah membuat mati karakter Mike McCann, terlebih masih dipertengahan film. Keduanya tentu berhasil selamat dan melanjutkan perjalanan menuju tambang sekaligus menyelamatkan Tantoo yang dijadikan tawanan. Dengan perjuangan yang tidak mudah, hasil akhirnya pun menjadi 50:50 (happy & sad) untuk setiap karakter.

Cerita pada The Ice Road sebenarnya cukup mainstream dan cukup sering digunakan pada banyak rumah produksi hollywood. Good person, bad person, konspirasi dan kambing hitam, yang membedakan adalah penyajian alur ceritanya.

The Ice Road terlihat sekali membuat konflik yang simple atau sederhana. Para karakter melakukannya dengan to the point, tanpa harus dengan drama yang bertele-tele. Sehingga penonton sudah diarahkan akan seperti apa ending-nya.

Sisi lain kesederhanaan konflik ini nyatanya cukup membuat penonton tidak memalingkan mata untuk menonton filmnya dari awal hingga akhir. Walau dari kesederhanaan konfliknya membuat penontonnya tahu akan seperti apa ending filmnya.

Nah, seperti dikatakan di awal, The Ice Road menyajikan film aksi berbeda. Aksi seperti apa sih sebenarnya? Ini bagaimana film The Ice Road membuat ketegangan bukan semata dari aksi kejar-kejaran hingga baku hantam atau tembak-tembakan antara jagoan dengan penjahat.

Aksi dan ketegangan karena berjibaku dengan alam yang cukup membuat penontonnya menahan nafas dan menutup mata hingga mengepal tangan. Ini karena jalur es yang Mike cs lewati adalah salju membeku yang membentuk lapisan es di atas lautan air.

Salah perhitungan akan berakibat fatal seperti percakapan Tantoo dan Varnay. “Jika terlalu cepat akan ada tekanan pada lapisan es dan air. Bisa berujung kita tenggelam. Terlalu lambat juga tidak mungkin dan tenggelam.” Walau campur tangan manusia tetap ada dari peran antagonis-nya yaitu Tom Varnay.

Menariknya, bukan alat pengukur modern untuk mengukur getaran dan gerakan dari lapisan es dan air. Melainkan dari boneka manggut-manggut pada dashboard truk. Hal-hal sederhana dan menarik yang bisa memunculkan teori-teori di kalangan penonton.

Film ini juga hadirkan beberapa adegan fight, cukup mengagetkan ketika Jonathan Hensleigh sebagai sutradara dan penulis tidak menempatkan Liam Neeson pada karakter yang jago fight dan senjata. Mike McCann yang diperankan sang aktor hanya sebagai peran protagonis secara umumnya saja.

Jadi, film aksi The Ice Road yang dibintangi aktor Liam Neeson rekomen untuk masuk list film yang kalian ingin tonton loh.

 

Production company: CODE Entertainment, ShivHans Pictures, The Solution Entertainment Group, Envision Media Arts, Aperture Media Partners, Manitoba Film & Music
Distributor: Netflix
Cast: Liam Neeson (Mike McCann), Marcus Thomas (Gurty McCann), Amber Midthunder (Tantoo), Benjamin Walker (Tom Varnay), Launrence Fishburne (Jim Goldenrod), Holt McCallany (Lampard), Martin Sensmeier (Cody Mantooth), Mat McCoy (GM Sickle), Matt Salinger (CEO Thomason), Chad Bruce (Mankins)
Director: Jonathan Hensleigh
Screenplay: Jonathan Hensleigh
Producers: Bart Rosenblatt, Shivani Rawat
Duration: 1 hours 48 minutes