ReviewCinemaFilm

Review: The Exorcism, Naskah yang Membawa Kembali Iblis ke Dunia

110
×

Review: The Exorcism, Naskah yang Membawa Kembali Iblis ke Dunia

Share this article

The Exorcism menjadi cerita adaptasi dari pengalaman masa kecil dari penulis dan sutradara filmnya, Joshua John Miller ketika menonton film sang ayah.

LASAK.iDThe Exorcism, sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan tentang seseorang yang mengalami kerasukan karena mahkluk tak kasat mata. Terkait ini, film produksi amerika untuk film bergenre horror-supranatural yang berhubungan dengan kerasukan cukup seringnya yang munculkan merupakan sosok iblis.

Seperti halnya dengan film The Exorcism yang dibintangi aktor kenamaan Russell Crowe. Jika ingat sebuah judul film di tahun lalu, penikmat film melihat sang aktor bermain untuk film yang cukup serupa. Russell Crowe tetap menjadi pendeta, bedanya di film kali ini melakukannya sebagai aktor.

Yap, Russell Crowe memerankan karakter Anthony (Tony) Miller yang merupakan seorang aktor. Tony yang vakum cukup lama dari dunia seni peran kemudian kembali bermain untuk produksi film sebagai perannya seorang pastur. Awalnya, Tony hanya merasa frustasi karena belum kembali ke kondisi terbaiknya sehingga cukup mengganggu proses syuting.

Namun, secara perlahan perannya cukup mempengaruhi Tony karena banyak bagian yang mengharuskannya membaca doa pengusiran terhadap roh jahat. Namun, di sisi lain skrip itu seakan memanggil kembali iblis yang diketahui bernama Moloch atau Molokh. Sosok entitas yang diketahui sebagai dewa Kanaan yang dikaitkan dalam sumber-sumber alkitabiah dengan praktik pengorbanan anak.

Sikap dan perilaku dari Tony pun perlahan berubah dan mulai menyakiti orang-orang disekitarnya yang merendahkan atau menyakiti perasaannya. Ini karena pengaruh dari sosok entitas yang masuk ke jiwanya. Seperti yang dialami beberapa orang dari produksi film tersebut yang ditemukan cidera hingga tak bernyawa.

Review

The Exorcism sebenarnya seperti kebanyakan film horror yang lekat dengan sensasi jump scare atau ketegangan yang menakut-nakuti. Penonton dibuat sering menahan nafas sejenak terkait adegan-adegan yang membawa kesan menegangkan, tak hanya tampilan secara warna filmnya tetapi dukungan dari scoring filmnya.

Meski tidak lebih intens dan menakutkan dari kebanyakan film serupa. The Exorcism lebih berfokus pada bagaimana proses kerasukan hingga akhirnya dikendalikan oleh sosok entitas yang masuk ke jiwa karater Tony, yaitu iblis Moloch atau Molokh. Akhir dari filmnya pun terbilang cukup klise, bisa dinikmati tetapi juga tidak begitu istimewa.

Sisi menarik dari film ini yang ternyata mengambil inspirasi dari kejadian nyata yang dialami penulis dan sutradara film The Exorcism, Joshua John Miller sesama kecilnya. Josh kecil menonton ayahnya, Jason Miller yang memerankan Pastor Karras yang terkutuk yang melemparkan dirinya ke luar jendela pada klimaks The Exorcist.

Bahkan, Ayahnya tak segan untuk terus-terusan menceritakan kepadanya kisah-kisah betapa “terkutuknya” film itu, kebakaran misterius yang mengganggu produksi, kematian aneh, cedera seumur hidup dan daftarnya terus bertambah. Pengalaman yang akhirnya menjadi sebuah inspirasi untuk Josh menulisnya di tahun 2019.

Melihat kehidupan sehari-hari disekitarnya menjadi inspirasi lain untuk memperkuat cerita filmnya. Terutama mirisnya gambaran kehidupan gereja yang kontras di hollywood. Satu sisi sebagai sumber kegembiraan dan penghiburan bagi banyak orang, sisi tersembunyi dari gereja juga sering kali terbukti menjadi alat pelecehan dan rasa malu.

Hal yang ternyata membentuk konsep cerita yang digambarkan oleh karakter dengan pekerjaan sebagai aktor, yang mendapatkan peran dalam filmnya sebagai pastur. Ada juga gambaran tentang gereja yang membawa trauma kepada karakter Tony yang ternyata menyimpan misteri tak terduga.

Russell Crowe kembali berhasil dalam menyampaikan apa yang ingin ditawarkan penulis pada ceritanya. Memainkan karakter dengan rasa bersalah, depresi hingga menjadi sosok yang kerasukan. Untuk pemain lainnya menjadi penguat dari karakternya sebagai Anthony (Tony) Miller.

Production company: Miramax, Outerbanks Entertainment
Distributor: Vertical
Cast: Russell Crowe (Anthony (Tony) Miller), Ryan Simpkins (Lee Miller), Sam Worthington (Joe), Chloe Bailey (Blake Holloway), Adam Goldberg (Peter), David Hyde Pierce (Father Conor), Marcenae Lynette (Monica), Tracey Bonner (Regina), Samantha Mathis (Jennifer Simon), Adrian Pasdar (Tom), etc
Director: Joshua John Miller
Screenwriter: M.A. Fortin, Joshua John Miller
Producers: Kevin Williamson, Ben Fast, Bill Block
Duration1 hours 33 minutes

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
itsreleased
7 days ago

I have been browsing online more than three hours today yet I never found any interesting article like yours It is pretty worth enough for me In my view if all website owners and bloggers made good content as you did the internet will be a lot more useful than ever before

newsreality
4 days ago

I have been surfing online more than 3 hours today yet I never found any interesting article like yours It is pretty worth enough for me In my opinion if all web owners and bloggers made good content as you did the web will be much more useful than ever before

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x