Review

Review: Shark Bait, Petaka Liburan Karena Serangan Hiu

106
×

Review: Shark Bait, Petaka Liburan Karena Serangan Hiu

Share this article

LASAK.iD – Film thriller tidak melulu menjadikan manusia sebagai subjek atau karakter antagonis. Banyak film menggabungkan dengan alam liar, dengan menjadikan hewan buaslah yang menjadi karakter antagonis. Jika di darat, hewan buasnya seperti harimau, singa atau ular. Untuk di air ada buaya atau yang cukup sering adalah hiu.

Sebut saja Jaws, The Meg, 47 Meter Down Series hingga Great White. Deretan film ini menjadikan predator laut lepas yaitu hiu putih sebagai pembunuh berdarah dingin.

Terbaru di tahun ini hadir dengan judul Shark Bait. Datang dari executive producers, Andrew Prendergast dan Chris Redd yang sebelumnya memproduksi 47 Meter Down Series (2017 & 2019) dan Great White di tahun 2021. Yang memiliki persamaan dan perbedaan pada latar dari ketiga film tersebut.

James Nunn yang menjadi sutradaranya kini masih membawa cerita dan rasa yang sama dari sebelumnya. Tentang kemalangan sekelompok anak muda terjebak di lautan luas dengan hiu putih besar yang siap memangsa mereka. Yang membedakan Shark Bait dengan sebelumnya hanya pada karakter dan lokasi yang berbeda.

Untuk membuatnya lebih dramatis, penulis Nick Saltrese membuat para karakter Nat (Holly Earl), Tom (Jack Trueman), Milly (Catherine Hannay), Tyler (Malachi Pullar-Latchman) dan Greg (Thomas Flynn) terjebak di lautan dengan satu jet ski yang selamat dari tabrakan yang mereka sebabkan sendiri. Sialnya, jet ski tersebut mati karena kabel hidrolik yang terputus karena benturan.

Jika menilik dari catatan dunia, beberapa jenis hiu memang cukup agresif terhadap manusia. Bahkan serangan tak beralasan itu berakibat fatal hingga kematian. Melihat ini, Andrew Prendergast dan Chris Redd sepertinya memang membuat film tentang serangan hiu termasuk Shark Bait berdasarkan cerita, dengan latar wilayah di Amerika Serikat dan Australia yang tercatat dengan kasus paling tinggi.

Terkait dramatisasi dan ketegangan tentang serangan hiu, Shark Bait cukup membuat deg-degan penonton, mengingat ini memang film bergenre thriller. Namun masih belum cukup istimewa karena masih dengan rasa dan pola yang sama. Di beberapa bagian adegan yang memperlihatkan serangan hiu pun masih terlihat belum smooth.

Berbeda dengan beberapa film yang juga melibatkan serangan hiu, dengan mencoba mengembangkan ceritanya untuk lebih luas, yang melibatkan science dan teknologi. Sehingga punya kemenarikan lainnya dari filmnya tanpa menghilangkan tujuan utama filmnya tentang serangan hiu.

Terlepas kurang lebihnya, penikmat film yang ingin mendapatkan ketegangan dan rasa deg degan karena kejaran dan serangan hiu, film Shark Bait bisa masuk daftar tontonan kalian.

Production company: Ingenious Media, Altitude Films
Distributor: Shaw Organisation, Originals Factory, Vertical Entertainment
Cast: Holly Earl (Nat), Jack Trueman (Tom), Catherine Hannay (Milly), Malachi Pullar-Latchman (Tyler), Thomas Flynn (Greg), Daniel Casingena (Beach Party Guy), Manuel Cauchi (The Beggar), Maxime Durand (Street Cleaner), etc
Director: James Nunn
Screenplay: Nick Saltrese
Producers: Andrew Prendergast, Chris Reed
Duration: 1 hours 27 minutes