Review

Review: Saw X, Kembalinya Sang Kreator Asli John Kramer

168
×

Review: Saw X, Kembalinya Sang Kreator Asli John Kramer

Share this article

LASAK.iDJohn “Jigsaw” Kramer (Tobin Bell) kembali dalam SAW X. Sesuai judul, ini merupakan film ke-10 dari serial killer yang diciptakan pertama kali oleh James Wan dan Leigh Whannell pada 2004 silam. Mengurut cerita filmnya dari Saw I (2004) hingga Spiral (2021), film Saw X kini mengambil latar peristiwa yang terjadi antara Saw I (2004) dan Saw II (2005).

Di mana protagonis John Kramer berjuang di ambang kematian karena penyakit kanker otak yang dideritanya. Continuity itu berlanjut pada Saw X saat John Kramer yang mencari jalan kesembuhan hingga berpetualang jauh ke Meksiko.

John Kramer dijanjikan kesembuhan total akan kanker yang dideritanya melalui pengobatan ajaib. Dilakukan kelompok yang dipimpin Cecilia Pederson (Synnøve Macody Lund) yang menyebut diri sebagai pakar medis. Tak curiga sejak awal John Kramer langsung menyetujui dan akhirnya ia justru tertipu.

Sesuatu yang memicu kemunculan kembali sisi John Kramer sebagai sang kreator yang bijak namun menakutkan. Dari sinilah di mulainya adegan-adegan mengerikan sang kreator yang menciptakan sebuah pengampunan dengan jebakannya yang terencana.

Salah satu horror franchise tersukses, Saw X seakan kembali kepada pemiliknya. Filmnya kini disutradarai oleh Kevin Greutert, orang penting yang berada dibalik penciptaan keseruan scene by scene sebagai editor di lima film awal dan Jigsaw (2017). Juga sebagai sutradara untuk seri Saw VI (2009) dan Saw 3D (2010) dari franchise Saw.

Terlihat vibes yang diberikan membawa penonton pada film-film awal dari Saw. Penciptaan vibes lewat sinematografi yang paling terlihat. Misalnya, pada warna filmnya, camera movement dan camera angle yang membawa nostalgia.

Sangat menyenangkan ketika saya mengetahui bahwa Kevin sedang mengarahkan. Dia mengetahui franchise ini lebih baik dari siapa pun, karena sebagai editor, Kevin telah menelusuri frame demi frame dari setiap momen film Saw yang dia ikuti. Kevin-lah yang mengeksplorasi kisah John Kramer ini”, ungkap penulis Josh Stolberg.

Terpenting dan tidak boleh ketinggalan karakter John “Jigsaw” Kramer sebagai arsitek dari serangkaian ujian yang mengerikan dan berlumuran darah. Kevin Greutert memberikan keleluasaan pada karakter John Kramer dengan time frame yang akhirnya menjadikannya sebagai tokoh utama. Bukan hanya sebuah peran sekilas sebagai sang eksekutor seperti di film terdahulu.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kevin Greutert, yang ditunjuk sebagai sutradara untuk seri ke-10 dari franchise Saw.

Dia juga hanya memiliki peran sekilas dan bukan peran utama dalam cerita-cerita sebelumnya. Dengan SAW X, ada peluang untuk mengungkap John sebagai karakter utama sebenarnya dari franchise tersebut dan menunjukkan tidak hanya cerita asal atau karya lain dari daya ciptanya, namun juga membawanya pada perjalanan emosional melalui perjuangannya melawan kematian”, Kevin Greutert.

Tak dipungkiri dengan kehadiran kembali Kevin Greutert dalam film Saw X membawa kembali film maupun karakter filmnya John Kramer kepada yang seharusnya. Film dan subjek yang telah membuat penggemar jatuh cinta sejak pertama kali Saw dengan John Kramer hadir.

Greutert juga menghadirkan kembali Amanda Young (Shawnee Smith), karakter yang cukup menarik perhatian sejak awal film Saw di 2004. Akhirnya, menjadi karakter yang memiliki keterkaitan dengan sang kreator. Itulah kenapa karakter Amanda Young muncul di 5 dari 10 film Saw.

Begitu pun dengan Mark Hoffman (Costas Mandylor), seorang detektif yang pertama kali muncul dalam Saw III. Karakter yang muncul sebagai 2nd lead antagonis dalam menggantikan atau tepatnya melanjutkan yang telah diciptakan oleh Jigsaw terdahulu.

Kevin Greutert pun tidak ketinggalan menampilkan Billy the Puppet, sosok boneka sebagai pelayan dari Jigsaw untuk berkomunikasi dengan subjek tesnya dengan menyampaikan pesan yang direkam, sering kali muncul di layar televisi, atau kadang-kadang secara langsung, untuk menggambarkan detail jebakan dan cara subjek tes dapat bertahan hidup.

Dengan kata lain, Kevin Greutert menghadirkan kembali paket lengkap dari film Saw. Secara look, vibes dan karakter yang sudah terbentuk sejak film pertamanya di 2004. Ketiga karakter yang memang menjadi wajah dari Saw dibuat reunian di film terbaru karya Kevin Greutert.

Jadi, untuk penikmat film yang tidak menyukai film berdarah mungkin harus menyiapkan diri untuk menonton Saw X. Meski bukan horror yang berhantu namun filmnya yang berdarah cukup membuat bulu kuduk berdiri dan merinding layaknya menonton film horror berhantu.

Production company: Twisted Pictures
DistributorLionsgate
Cast: Tobin Bell (John “Jigsaw” Kramer), Shawnee Smith (Amanda Young), Synnøve Macody Lund (Cecilia Pederson), Steven Brand (Parker Sears), Renata Vaca (Gabriela), Joshua Okamoto (Diego), Octavio Hinojosa (Mateo), Paulette Hernández (Valentina), Jorge Briseño (Carlos), Costas Mandylor (Mark Hoffman), Michael Beach (Henry Kessler), etc
Director: Kevin Greutert
Screenwriter: Peter Goldfinger, Josh Stolberg
Producers: Mark Burg, Oren Koules
Duration1 hours 58 minutes