Review

Review: Romantik Problematik, Dark Story Dari Drama Romance

33
×

Review: Romantik Problematik, Dark Story Dari Drama Romance

Share this article

LASAK.iDRomantik Problematik yang semula akan tayang di bioskop konvensional memutuskan untuk tayang secara online. Bioskop Online dipilih sebagai layanan OTT oleh Purbanegara Films sebagai rumah produksi untuk penayangan. Drama romance yang dibintangi Bisma Karisma dan Lania Fira tersebut mulai tayang mulai 23 Agustus 2022 lalu.

Film yang disutradarai dan ditulis BW Purbanegara tersebut membawa kisah tentang dua anak muda yang mencari keselarasan satu sama lain melalui problema masing-masing, yang berpengaruh pada kehidupan termasuk hubungan romansa keduanya.

Pada karya terbaru, BW Purbanegara membawa identitasnya sebagai penulis yang idealis. Terlihat tak hanya dari judul, juga gaya penyajian untuk drama romantis anak muda. Tidak ada embel-embel mewek karena patah hati, sedih tapi bukan mengharu biru, melainkan membawa dark story yang relate dengan kehidupan nyata dari anak muda yang terjebak dalam keluarga yang tak berjalan baik lewat akting juga dialog.

BW mengambil jalur berbeda dalam menampilkan cerita drama romance anak muda. Namun, hal tersebut pada titik dark story bukan menciptakan konflik yang kompleks pada karakter. Tetapi dari konflik yang diciptakan terlebih untuk karakter Ricky, BW menggunakan clue yang diselipkan pada dialog, yang mungkin bisa dikatakan sebagai plot twist.

Tak ingin juga terlihat biasa, BW mencoba membawa kisah Ricky dan Alisha melalui sebuah perjalanan. Di persinggahan selama perjalanan keduanya menemukan kembali kehidupan yang sebenarnya. Memang tidak kembali normal tetapi juga tidak kembali hancur.

Di sepanjang adegan perjalanan mengingatkan penonton pada beberapa film tanah air yang lebih dahulu melakukan konsep serupa. Sebut saja, Aruna dan Lidahnya (2018), Ada Apa dengan Cinta? 2 (2016) atau 3 Hari untuk Selamanya (2007). Untuk dikatakan mengambil bagian tertentu dari beberapa film tersebut BW tak segan untuk mengiyakan bahwa filmnya terinspirasi dari salah satunya.

Membedakan dikatakan BW adalah tempat-tempat yang dikunjungi kedua karakter, yang belum pernah dimunculkan di film-film produksi tanah air dari daerah-daerah Sleman, Bantul, kota, Kulon Progo, seperti salah satunya Jurang Tembelan Kanigoro.

BW pun seperti tidak memiliki batasan terhadap dirinya di film Romantik Problematik, untuk mengekspresikan idenya dibandingkan dua filmnya terdahulu. Ini pun bukan dalam menilai bagus atau tidak bagus hanya perbedaan dalam menuangkan idealisme ide cerita menjadi audio visual.

Seperti diungkap oleh Lania Fira saat ditemui awak media untuk penayangan pertama Romantik Problematik di Bioskop Online. Ada momen selama menjalani proses reading dan syuting dirinya tidak mengerti dengan dialog yang dilakukannya. Penonton seperti masuk ke dalam dunia sastra yang dibawa BW dalam filmnya.

Itu pun dituangkan BW pada satu adegan ketika Ricky dan Alisha melakukan adegan teaterikal di sebuah kolam tak terpakai. Sedangkan keseluruhan akting dan chemistry untuk dua karakter utamanya coba dibuat se-natural mungkin. Walau ada di beberapa bagian dirasakan adanya gap chemistry dari keduanya.

Production company: Purbanegara Film
Distributor: Bioskop Online
Cast: Bisma Karisma (Ricky), Lania Fira (Alisha), etc
Director: BW Purbanegara
Screenplay: BW Purbanegara
Producers: Damar Ardi
Duration: 1 hours 27 minutes