Review

Review: Nicolas Cage Perankan Dirinya di The Unbearable Weight of Massive Talent

64
×

Review: Nicolas Cage Perankan Dirinya di The Unbearable Weight of Massive Talent

Share this article
Nicolas Cage as Nic Cage in The Unbearable Weight of Massive Talent. Photo Credit: Katalin Vermes/Lionsgate

LASAK.iD – Penggemar film asal hollywood pasti mengenal sosok aktor kawakan, Nicolas Cage. Aktor 58 tahun ini sudah bermain di puluhan judul film, dari genre drama, action, thriller sampai comedy. Namun, di sebagian penikmat film tanah air, Nicolas Cage dikenal dengan perannya dalam film-film action. Sebut saja film Con Air, Face/Off, National Treasure, Ghost Rider dan banyak judul lainnya.

Untuk comedy ada beberapa judul yang diperankan, termasuk filmnya di tahun 2021 lalu, Willy Wonderland. Tahun ini, NIcolas Cage kembali pada genre comedy untuk produksi terbaru Lionsgate berjudul The Unbearable Weight of Massive Talent.

Film comedy berbalut action juga drama keluarga ini gambaran seorang aktor yang sudah cukup senior. Kemudian dihadapkan dengan industri film yang terus berkembang hingga munculkan persaingan dengan aktor yang lebih muda. Membuat para senior sedikit tergeser dan minim mendapatkan peran utama.

Pedro Pascal as Javi and Nicolas Cage as Nic Cage in The Unbearable Weight of Massive Talent. Photo Credit: Katalin Vermes/Lionsgate

Nicolas Cage membawa peran sebagai diri sendiri dalam film tersebut sebagai Nick Cage. Itulah kenapa cerita dan karakter utama tergambar seperti nyata. Pengembangan karakter secara fiksi tetap ada sebagai kebutuhan sebuah hiburan.

Nicolas Cage yang juga berada di belakang layar sebagai produser tentu memiliki peranan dalam menetukan alur cerita film The Unbearable Weight of Massive Talent. Jika naskah cerita dibuat dengan alur drama serius, mungkin film menjadi kurang menarik perhatian, bahkan bisa memberi kesan sebagai film otobiografi. Pada akhirnya comedy dan action menjadi sentuhan terbaik.

Sentuhan comedy pun perlu perhitungan yang baik dan menjadi sebuah keharusan. Akan terasa jomplang jika hanya menonjol di satu sisi, seperti pada sisi gestur, mimik atau body language pemainnya saja atau sekedar menitikberatkan pada dialog.

Dua hal ini lebih menarik jika berjalan berbarengan, agar tidak menimbulkan kesan garing atau memaksakan penonton harus tertawa. Itu yang coba ditunjukan pada film The Unbearable Weight of Massive Talent. 

Nyatanya, Nicolas Cage untuk perannya Nick Cage bersama lawan mainnya Pedro Pascal, seorang miliader bernama Javi Gutierrez mampu melakukan dua hal tersebut dengan baik. Chemistry yang kuat yang dibentuk keduanya sepanjang film tentu menjadi faktor teratas.

Sahut menyahut dengan gestur atau dialog di antara keduanya berjalan baik. Begitu juga dengan karakter pendukung lainnya. Hal tersebut bahkan terlihat cukup natural. Jadi tidak terkesan garing atau memaksakan untuk penonton tertawa. Tak heran film ini mampu hadirkan tawa dari awal hingga akhir film.

Tak hanya adegan yang memang seharusnya dibuat lucu, tetapi juga ketika adegan serius, seperti aksi kejar-kejaran dengan mobil juga baku tembak. Cukup membuat tertawa karena yang seharusnya dilakukan serius justru dilakukan dengan konyol.

Dialog antara Nick dengan Javi yang menyelipkan judul-judul film terdahulu yang dimainkan Nick nyatanya mampu hadirkan jokes segar. Yang kembali membuat penonton tidak berhenti tertawa.

Sisi lain dari menariknya film ini ketika penulis dan juga sutradara mampu membuat samar elemen-elemen dari sebuah film. Di mulai dari alur ceritanya, film ini sebenarnya mengalir begitu saja (alur maju), namun sebenarnya tersamar alur maju-mundur pada cerita filmnya.

Saking tersamarnya, penonton pun bisa terjebak pada adegan-adegan tertentu yang ditampilkan sepanjang film. Mengingat karakter Nick Cage yang dalam filmnya adalah seorang aktor. Sehingga apa saja yang ditampilkan membuat penonton bertanya-tanya, ini real life atau sebatas imajinasi yang dibuat oleh Nick dan Javi. Jawabannya ketika menonton filmnya hingga ending.

The Unbearable Weight of Massive Talent menjadi film berhasil lainnya dari Nicolas Cage, melalui perannya maupun cerita yang dibangun sepanjang film. Tanggapan positif juga didapatkan untuk film karya sutradara Tom Gormican ini.

Production company: Lionsgate, Saturn FIlms
Distributor: Lionsgate
Cast: Pedro Pascal (Javi Gutierrez), Nicolas Cage (Nick Cage), Ike Barinholtz (Martin), Tiffany Haddish (Vivian), Neil Patrick Harris (Richard Fink), Sharon Horgan (Olivia Henson), Jacob Scipio (Carlos), Alessandra Mastronardi (Gabriela), Eli Jane (Chateau Marmont), Lily Mo Sheen (Addy Cage), Joanna Bobin (Therapist), etc
Director: Tom Gormican
Screenplay: Kevin Etten, Tom Gormican
Producers: Samson Mucke, Nicolas Cage, Kristin Burr, Michael Nilon, Kevin Turen
Duration: 1 hours 47 minutes