Review

Review: Broker, Ketika Seorang Bayi Mengubah Banyak Orang

36
×

Review: Broker, Ketika Seorang Bayi Mengubah Banyak Orang

Share this article

LASAK.iD – Keadaan yang terus membaik pasca pandemi membuat bioskop kembali aktif. Tak hanya film dari negeri sendiri tetapi juga dari luar negeri. Satu di antaranya berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan.

Film-film sebelumnya yang sudah tayang cukup mendapat tanggapan positif dari penonton tanah air. Mencoba peruntungan dengan manfaatkan orang Indonesia yang menyukai hal tentang Korea Selatan. Zip Cinema bersama CJ ENM tayangkan film berjudul Broker.

Sinopsis

Sesuai dengan judulnya Broker, berkisah tentang 2 orang rekan, Sang-hyun (Song Kang-ho) dan Dong-soo (Gang Dong-won) yang melakukan trafficking atau perdagangan manusia berkedok pinatu. Keduanya spesialis menjual bayi yang dibuang orang tuanya ke baby box.

Memanfaatkan posisi Dong-soo sebagai pekerja paruh waktu di yayasan tersebut. Terutama bayi yang ditinggalkan tanpa alamat atau nomer telepon orang tua. Cukup banyak bayi yang Dong-soo dan Sang-hyun jual kepada pasangan yang tidak bisa memiliki anak atau kesulitan untuk adopsi.

Aksi keduanya mungkin sedikit berantakan dari biasanya setelah bertemu dengan bayi mungil bernama Wong-sung (Park Ji-yong), yang ditinggalkan sang ibu, So-young (Lee Ji-eun) di baby box dengan sebuah pesan singkat.

Bayi tanpa keterangan menjadi target empuk untuk Dong-soo dan Sang-hyun. Yang dengan segera membawa si jabang bayi ke rumahnya yang memiliki usaha pinatu dan menjahit. Keduanya yang telah memiliki pasangan pembeli berpikir semua akan berjalan lancar, ternyata tidak setelah So-young kembali untuk mengambil kembali anaknya.

Dong-soo dan Sang-hyun yang tidak ingin masalah ini diketahui polisi mengajak sang ibu untuk berbicara secara baik-baik. So-young yang sejak awal tidak menginginkan sepenuhnya kehadiran Woo-sung sepakat untuk menjual anaknya yang hasilnya dibagi rata. Dari sini dimulailah petualangan keempatnya.

Tapi tanpa disadari sejak pertama kali yaitu di baby box, ketiganya sudah menjadi target operasi sebagi jaringan perdagangan manusia. Yang dilakukan anggota kepolisian Su-jin (Doona Bae) dan rekannya yang lebih muda Detektif Lee (Lee Joo-young).

Su-jin hanya butuh bukti lebih kuat untuk memenjarakan ketiganya. Dengan mengikuti kemana pun mereka pergi untuk bertemu pasangan pembeli. Sayangnya hal tersebut selalu menemui jalan buntu. Bahkan ketika menjebak dengan cara mereka sendiri.

Di sisi lain, ditemukan mayat laki-laki di sebuah apartemen dengan luka ditubuhnya. Pria ini ternyata pelanggan dari So-young hingga membuatnya hamil, yang anaknya adalah Woo-sung. Kejadian yang membuat geram Mi-sook (Choi Hee-jin), istri sah dari korban pembunuhan tersebut.

Kebenaran terungkap melalui telepon pintar milik suaminya, yang kedapatan punya hubungan dengan So-young. Mengetahui hal itu, Mi-sook menyewa anggota gangster, yang salah satunya kenalan dari Sang-hyun, bernama Tae-ho (Ryu Kyung-soo).

Beruntung usaha itu gagal dan Sang-hyun yang mencoba menyerahkan secara diam-diam karena tergiur bayaran senilai 40 juta pun mengurungkan niatnya. Saat itu, Dong-soo menemukan alat GPS di dalam mobil. Keduanya mulai mencurigai ini ulah suruhan Mi-sook atau justru polisi.

Dong-soo yang membuang GPS tersebut membuat Su-jin dan Detektif Lee kehilangan jejak. So-young sebelumnya diminta bekerja sama untuk membantu polisi menangkap Sang-hyun dan Dong-soo dengan memberikan bukti kejahatan keduanya untuk perdagangan bayi. Sehingga bisa mengirimkan pesan ke Su-jin tentang lokasi mereka sebenarnya.

Sebelumnya itu mereka semua sempat singgah di sebuah tempat yang ternyata rumah singgah Dong-soo dibuang oleh ibunya dengan pesan yang sama dengan Wong-sung,Ibu akan kembali untuk menjemput“.

Dari sini, banyak hal mulai berubah satu sama lain. Saat singgah mereka bertemu dengan Hae-jin (Lim Seung-soo), anak aktif yang ingin sekali di adopsi dan menjadi pemain sepak bola.

Saat mereka berangkat merasa ada yang aneh di mobil tersebut dan benar saja Hae-jin sudah ada didalamnya. Sang-hyun dan Dong-soo terpaksa membawa serta Hae-jin karena mendengar semua percakapan tentang menjual Wong-sung.

Perjalanan dimulai lagi dengan anggota tambahan. Sebelum menyerahkan Wong-sung ke pasangan Yoon (Park Hae-jun dan Jung Ji-woo), mereka menghabiskan waktu di taman hiburan. Melepas sejenak beban masing-masing dan ciptakan kenangan yang membekas di hati mereka masing-masing.

Keadaan semakin pelik ketika mulai terungkap So-young tersangka pembunuhan laki-laki di apartemen atau ayah dari Wong-sung. Su-jin dan rekannya kembali membuat kesepakatan untuk meringankan hukuman atas kasus pembunuhan.

Sang-hyun, Dong-soo dan Hae-jin segera kabur untuk menemui pasangan Yoon dan menyerahkan Wong-sung. Di tengah jalan mereka sempat dihalangi Tae-ho, karena Sang-hyun mengenalnya kemudian membuat kesepakatan satu sama lain.

Dong-soo bersama Hae-jin yang membawa Wong-sung ke pasangan Yoon harus tertangkap basah oleh pihak kepolisian dari informasi yang diberikan So-young sebelumnya menyerahkan diri. Dong-soo dan So-young harus menjalani hukuman masing-masing. Hae-jin kini dalam pengawasan dinas sosial. Sedangkan Sang-hyun tak terlihat lagi sejak terakhir kali kebersamaan mereka di kereta bawah tanah. Sang-hyun sepertinya terlibat dengan kasus ditemukannya mayat gangster di kereta bawah tanah dengan uang 40 juta.

Adegan beralih 3 tahun setelah semua kejadian tersebut. Memperlihatkan Su-jin dengan anak laki-laki yang dipanggilnya dengan nama Wong-sung. Ternyata kejadian malam itu di rooftop sebuah gedung, So-young dan Su-jin membuat kesepakatan, dengan meminta Su-jin merawat Wong-sung selama ia menjalani hukuman.

Pasca So-young dan Dong-soo bebas, Su-jin membuat pertemuan dengan mereka termasuk Hae-jin di sebuah taman. Termasuk pasangan Yoon yang menunggu masa percobaan keduanya habis untuk secara resmi mengadopsi Wong-sung.

Konflik yang kompleks

Broker menjadi film Korea pertama dari sutradara Kore-Eda Hirokazu. Film ini bahkan masuk dalam seleksi untuk kategori Palme d’Or di festival film bergengsi dunia, Cannes Film Festival di tahun 2022.

Masuk seleksi dalam kategori tersebut tentu memiliki kualitas yang bagus dalam segala aspek penunjang sebuah film. Itu juga yang dimiliki film Broker, inti cerita tentang perdagangan manusia atau trafficking sebenarnya cukup umum dan banyak diangkat oleh film makers dunia.

Namun Kore-Eda Hirokazu yang juga penulis dan editor filmnya berhasil menyampaikan pesan filmnya dengan sangat baik yang mudah dipahami penonton.

Kore-Eda Hirokazu memberikan ruang untuk karakter dengan konflik masing-masing. Meski begitu konflik tidak saling tumpang tindih, bahkan sebenarnya saling terhubung secara tidak langsung satu dengan yang lainnya. Yang benang merahnya pada keluarga, orang tua dan anak.

Konflik pada tiap karakter pun cukup mainstream dan relate dengan masyarakat. Tapi hal yang bisa dibuat Kore-Eda Hirokazu menjadi cukup kompleks.

Akting penunjang cerita

Selain itu, akting yang mumpuni dari para pemain, seperti Song Kang-ho, Gang Dong-won, Doona Bae serta Lee Ji-eun (atau dikenal dengan IU) dengan menciptakan chemistry yang baik mampu menciptakan hal tersebut.

Secara skenario terlihat Kore-Eda Hirokazu membuatnya dengan cukup sederhana, percakapan para karakter menggunakan kata dan kalimat yang tidak sulit. Meski begitu penonton bisa merasakan kesedihan atau kebahagiaan yang dimaksudkan penulis. Hal yang juga membuat penonton cukup nyaman untuk menikmati filmnya walau dengan durasi anggota cukup lama lebih dari 2 jam.

Pemain anak-anak

Broker yang juga menjadi anak-anak objek cerita tentu membutuhkan pemain anak-anak. Dua karakter penting anak-anak adalah karakter Wong-sung dan Hae-jin. Keduanya memang muncul di waktu berbeda, Wong-sung sejak awal dan Hae-jin di pertengahan cerita.

Banyak film yang melibatkan anak-anak didalamnya yang sukses membuat karakter mereka kuat dan penting. Ada juga sebaliknya. Untuk film Broker cukup berhasil, walau salah satunya masih bayi tetapi keberadaannya memang membuat karakter dewasa dan cerita menjadi pas.

Hae-jin yang digambarkan sebagai karakter yang sok tahu, sedikit menyebalkan namun tetap dengan kelucuan dan keluguan anak-anak, berhasil membuat karakter seperti Sang-hyun dan Dong-soo punya peranan lain selain seorang penjahat.

Dua karakter anak pada film Broker mampu menghidupkan cerita, suasana dan mendorong karakter lain di momen tertentu menjadi lebih hidup walau lebih dewasa.

Production company: ZIP Cinema, CJ ENM
Distributor: CBI Picture
Cast: Song Kang-ho (Sang-hyun), Gang Dong-won (Dong-soo), Lee Ji-eun (So-young), Donna Bae (Su-jin), Lee Joo-young (Detective Lee), Park Ji-yong (Wong-sung), Lim Seung-soo (Hae-jin), Ryu Kyung-soo (Tae-ho), etc
Director: Kore-Eda Hirokazu
Screenplay: Kore-Eda Hirokazu
Producers: Lee Eugene
Duration: 2 hours 9 minutes