Film

Cek Yuk Fakta Menarik Film Aum! Yang Tayang di 30 September 2021

57
×

Cek Yuk Fakta Menarik Film Aum! Yang Tayang di 30 September 2021

Share this article

LASAK.iD – Aktivitas produksi cerita panjang atau film mulai mendapatkan nafas segar. Terlihat dari rumah produksi yang mulai aktif kembali merilis karya terbaru. Walau dengan pilihan penayangannya secara online dengan bekerja sama dengan berbagai platform digital. Dikarenakan bioskop masih belum sepenuhnya pulih untuk kembali menayangkan film sineas tanah air.

Hal serupa juga dilakukan rumah produksi Layar Tantjap Film untuk film berjudul Aum!. Film karya sutradara Bambang “Ipoenk” K.M ini akan tayang di platform Bioskop Online mulai 30 September 2021. Pada gelaran virtual conference yang dilakukan Jum’at (24/9), tim produksi dan pemain banyak ungkap hal menarik.

Berawal dari Festival Film

Bambang “Ipoenk” K.M mengungkapkan proses film Aum! akhirnya bisa tayang di Bioskop Online membutuhkan waktu hingga 3 tahun lamanya. Pengalaman yang minim sempat memunculkan rasa pesimis pada Ipoenk tentang karyanya tersebut untuk bisa dilirik secara komersil.

Tahun 2018 ketika Ipoenk mengikutkan Aum! pada festival film di Jogja, menjadi titik balik karena bertemu dengan Visinema Pictures. Walau setahun setelahnya di 2019, Aum! sempat diikutkan pada festival lainnya. Aum! akhirnya di produksi dan menjadi konten original dari Bioskop Online.

Film Drama Rasa Dokumenter

Aum! menjadi satu dari sekian banyak film yang menampilkan sesuatu yang berbeda dan unik. Hal yang menarik perhatian bahwa Aum! adalah film drama namun saat menontonnya justru membawa kesan sebuah film dokumenter.

Hal yang diperkuat dengan kesan analog untuk related-nya Aum! dengan tahun 1998. Terlihat di hampir setiap bagian dalam film, mulai dari latar, tema dan cerita yang disajikan. Termasuk setiap shot untuk angle camera hingga color tone sebagai bagian darisinematografi yang dibuat se-related mungkin dengan dekade 90-an.

Sajian gambarnya pun cukup menarik perhatian, jika saat ini kita mengenal tampilan 16:9, Ipoenk untuk Aum! melakukan sebaliknya dengan menggunakan ratio 4:3. Terkait ini, Ipoenk ungkap ingin tetap menjaga rasa dan kesan tahun 1998 yang memang masih menggunakan tampilan televisi dengan dimensi 4:3.

Tayang 30 September 2021

Aum! yang mengambil latar bagian peristiwa yang terjadi di tahun 1998, itu saja dianggap cukup berani. Namun kejutan terus berlanjut dengan memilih waktu tayang pada 30 September. Masyarakat Indonesia tentu tahu peristiwa yang terjadi di tanggal tersebut 56 tahun silam.

Diungkap Ipoenk, Aum! ingin memberikan hawa segar untuk menyuarakan kembali tentang Reformasi, yang menurutnya belum sepenuhnya dirasakan masyarakat Indonesia hingga masa sekarang. Ini  seakan momentum yang dimanfaatkan Ipoenk, Layar Tantjap Film serta Bioskop Online untuk menayangkan film Aum! pada 30 September. Sekaligus momentum yang pas dengan pesan yang ingin disampaikan film Aum!.

Akting Natural Pemain

Seperti penjelasan sebelumnya, Aum! yang adalah film drama namun serasa film dokumenter ini juga memperlihatkan kenaturalan pemainnya dalam berakting. Terlihat di beberapa bagian dalam filmnya para pemain seperti Chicco Jerikho (Panca), Jefri Nichol (Satriya/Surya), Aksara Dena (Adam/Bram) dan Agnes Natasya Tjie (Linda) bukan dipaksakan untuk sebuah peran. Mereka menunjukan seperti berinteraksi satu sama lainnya seperti kehidupan nyata. Ini yang membuat film Aum! serasa melihat kejadian asli yang terekam kamera bukan sebuah cerita yang diarahkan seorang sutradara.

Pengalaman Pertama Untuk Pemain

Aum! juga menyimpan kesan tersendiri untuk para pemain, khususnya 4 aktor utamanya, Chicco Jerikho (Panca), Jefri Nichol (Satriya/Surya), Aksara Dena (Adam/Bram) dan Agnes Natasya Tjie (Linda). Terlebih Chicco dan Nichol yang cukup pengalaman di dunia seni peran untuk film layar lebar sampai mengakui skenario dan karakter yang ditawarkan Aum! membawa tantangan berbeda lagi untuk keduanya.

Bahkan Chicco mengakui puas untuk perannya Panca yang seorang sutradara idealis, salah satunya dirinya yang mendapatkan kesempatan memarahi pemain lain walau itu sebuah tuntutan skenario. Nichol sendiri cukup tertantang mendapatkan 2 karakter sekaligus dalam film Aum!. Perannya sebagai Satriya yang penuh ambisi sebagai aktivis dan peran lainnya yaitu Surya yang digambarkan sebagai seorang aktor muda yang belum berpengalaman.

Begitu pun Aksara Dena yang juga memerankan 2 karakter berbeda dalam film Aum!, yaitu sebagai Adam yang seorang aktor dan Bram sebagai kakak sekaligus aparat yang ingin menangkap adiknya Satriya yang seorang aktivis.

Sedangkan Agnes Natasya Tjie yang berprofesi sebagai model, film Aum! menjadi pengalaman pertamanya dalam berakting. Double challenge juga dirasakan Agnes untuk perannya sebagai Linda. Tak hanya dituntut berakting, perannya yang digambarkan sebagai produser ternyata harus melakukan tek-tok dengan aktor kenamaan yaitu Chicco.

Itulah sebagian hal menarik dari film Aum!. Untuk tahu lengkap cerita dari film Aum! bisa saksikan di tanggal 30 September 2021 di platform menonton Bioskop Online.