MusicEntertainment

Jason Ranti Hadirkan Sisi Baru Bermusiknya di Single Hari-Hari Musik

138
×

Jason Ranti Hadirkan Sisi Baru Bermusiknya di Single Hari-Hari Musik

Share this article

Jason Ranti hadir dengan single terbarunya Hari-Hari Musik, karya yang lahir dari proses berbicara dan memahami diri sendiri selama 1 tahun pengasingannya.

LASAK.iD – Jason Patrick Ranti kembali merilis single terbaru bertajuk Hari-Hari Musik. Ini karya terbaru dari penyanyi yang dikenal dengan nama panggung Jason Ranti, setelah terakhir kalinya merilis Jalan Ninja pada 2022 lalu yang menjadi album studio ketiganya.

Hari-Hari Musik yang dirilis pada Sabtu (9/3) menjadi pengalaman pribadi Jason Ranti. Saat ia berada dalam pengasingannya di Pulau Ende, salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bermula dari pertemuannya dengan seorang Ustadz di sana.

Saya di pulau ende di pengasingan selama 3 bulan, walau beberapa bilang itu selama 1 tahun. Diajak main ke rumah Pak Ustadz, seseorang yang betul-betul hangat rasanya“, ungkap Jason Ranti.

Pengasingan yang dilakukan Jeje sebagai bagian dari usahanya untuk menemukan dirinya kembali. Untuk merenung, mencari keseimbangan dan merefleksikan apa yang sudah terjadi sekaligus mencari mercusuar musikalitas pada musik yang baru.

Itu mungkin menjadi alasan penggarapan dari lagu Hari-Hari Musik memakan waktu hingga satu tahun. Selama prosesnya, Jeje sempat diterpa rasa ketidakpercayaan diri yang membuatnya banyak melakukan revisi.

Pada akhirnya, Jeje hadir dengan sesuatu yang baru secara personal dan tentu pada sajian musiknya kini. Tak lagi seperti karya terdahulu yang menggunakan full band, kini Jason Ranti lebih memilih kesederhanaan dalam vokal dengan iringan gitar akustik yang lebih lembut, sunyi dan hening.

Lagu ini penting buat saya karena tampaknya melalui lagu ini saya menemukan hal baru, tentang hal-hal musikal maupun juga hal-hal non musikal, setidaknya bagi saya sendiri. Lagu ini menjadi semacam titik transisi saya dari Jejeboy menjadi Jejemen. Uhuuy!. Melalui lagu ini, setidaknya saya merasa bahwa hal-hal yang terjadi adalah baik-baik saja“, jelasnya.

Seperti judul dan lirik lagunya, Jason Ranti ingin bercerita melalui lagu Hari-Hari Musik bahwa keadaan akan baik-baik saja di penghujung hari, karena Tuhan punya rancangan yang baik untuk semua orang.

Tak seperti saat menulis lagunya, proses rekamannya jauh lebih singkat. Jason Ranti melakukannya pada Januari lalu dan resmi dirilis pada Maret 2024. Hanya membutuhkan waktu kurang dari dua bulan.

Dalam prosesnya, Jason Ranti dibantu dan berdiskusi bersama duo musisi Endah N Rhesa dalam proses rekaman, di studio milik dari pasangan suami-istri tersebut Earhouse by Endah N Rhesa yang terletak di Pamulang, Tangerang Selatan. Jason Ranti hanya membutuhkan tiga kali proses take vocal untuk akhirnya mendapatkan hasil akhir yang diinginkan.

Ditanya soal album keempat, Jason Ranti mengatakan Hari-Hari Musik bisa menjadi cetak biru untuk album selanjutnya. Album lahirnya Jejemen dengan musik yang lebih lembut dengan alunan yang hanya berasal dari alat musik gitar saja. Terkait waktu, Jason Ranti masih enggan untuk memberikan keterangan secara gamblang. Saat ini, ia masih fokus dalam promosi single terbarunya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x