Event

Solo City Jazz 2023 Bawa Nuansa Merah Putih

77
×

Solo City Jazz 2023 Bawa Nuansa Merah Putih

Share this article

LASAK.iDSolo City Jazz (SCJ) merupakan event tahunan tak berbayar yang digelar oleh Pemerintah Kota Solo. Tahun ini yang memasuki gelarannya yang ke-12 bekerja sama dengan C-Pro Production. Setiap gelaran selalu berada di tempat unik di Kota Solo menjadikannya kenangan indah yang tak terlupakan disetiap tahun.

Tahun ini rencananya SCJ akan dilaksanakan di Pamedan Pura Mangkunegaran pada tanggal 4 & 5 Agustus 2023, dengan beberapa pengisi acara dari Jakarta, Semarang dan tuan rumah Solo.

Salah satu line-up yang paling banyak ditunggu adalah Ardhito Pramono seorang penyanyi, penulis lagu dan musisi Indonesia yang sangat berbakat. Musisi yang lahir pada tanggal 22 Maret 1995 di Jakarta ini dikenal karena vokalnya yang unik dan gaya musik yang beragam, mencakup genre seperti pop, soul dan jazz. Salah satu karyanya yang berjudul ‘Wijaya Kusuma‘ dinyanyikan secara kolaborasi dengan Peni Chandrarini salah satu vokalis kontemporer asal Solo yang namanya sudah mendunia.

Lalu ada hadir juga Tompi, seorang singing doctor yang cukup piawai memainkan cengkok irama yang menjadi trademark lewat lagu-lagu bernuansa jazz. Ini merupakan kali kedua dirinya tampil di ajang SCJ dan akan tampil dihari ke dua. Solo City Jazz sendiri cukup beruntung karena ditengah kesibukan Tompi sebagai dokter kecantikan dan pemilik klinik Bouytiful di Jakarta, masih menyempatkan untuk menyapa penggemarnya di melalui penampilannya di SCJ ke 12 ini.

Hadirnya bintang muda yang berasal dari kota Semarang akan menjadi salah satu magnet SCJ kali ini. Siapa yang tak kenal dengan Soegi Bornean, trio yang terbentuk pada April 2019 dan beranggotakan Fanny Soegiarto (vokal), Aditya Ilyas (gitar) dan Bagas Prasetyo (gitar). Cukup berhasil mencuri perhatian publik musik dengan rilisan mini album (EP) berjudul Atma pada 2020. Salah satu single mereka berjudul ‘Asmalibrasi‘ mampu mengangkat mereka ke puncak tenar.

Single ‘Asmalibrasi‘ sendiri menempati posisi kedua di Spotify Weekly Top Songs Indonesia pada tanggal 7 Oktober 2022. Nama Soegi diambil dalam kata bahasa Jawa yakni ‘sugih‘ yang berarti kaya. Sementara itu, Bornean berarti Kalimantan, yang merupakan kampung halaman sang vokalis Fanny Soegiarto.

Dari Solo ada Elizabeth Sudira, mantan Putri Solo ini beberapa kali didapuk menjadi MC SCJ. Salah satu karyanya yang berjudul ‘Rindu Solo‘ dinyanyikan pertama kali di SCJ tahun 2018 silam. Sebuah lagu yang mengingatkan betapa tentram dan nyamannya kota Solo, lagu tersebut merupakan salah satu lagu hits di kota Bengawan ini.

Pecas Ndahe dan Yan Vellia adalah nama-nama lain yang akan manggung di SCJ 2023 kali ini. Walau terkadang muncul pertanyaan bagaimana penampil diluar genre jazz bisa tampil di panggung SCJ?

Hal tersebut pernah beberapa kali diungkapkan oleh founder Solo City Jazz, Wenny Purwanti bahwa ini bukan sebuah hal yang tabu untuk dilakukan. Panggung SCJ memberikan porsi yang cukup besar untuk seniman-seniman asli kota Solo yang harus punya panggung di kotanya sendiri.

Sejak awal SCJ kerap memasukkan unsur lain di luar jazz, baik merangkul musik budaya seperti mendiang Slamet Gundhono dengan wayang suket nya, Sruti Respati ataupun Peni Candra Rini dengan kekuatan budaya Solo dan yang lebih ekstrim beberapa tahun yang lalu bahkan music cadas Down for life juga pernah mengisi line up SCJ,” ungkap Wenny.

Wenny juga melanjutkan seperti kehadiran Yan Vellia di SCJ ke-12 yang merupakan istri mendiang Didi Kempot ini ternyata menyimpan banyak bakat. Yan Vellia dengan putra-putranya saat ini melanjutkan bakat ayahnya. Sementara Pecas Ndahe adalah group serba bisa yang cukup diminati oleh berbagai kalangan, penampilan mereka juga dinanti penoton.

Selanjutanya, terdapat nama Jungkat Jungkit yang merupakan duo folk-pop beranggotakan Safina Nadisa sebagai vokalis-gitaris dan Said Abdullah dengan gitarnya. Lewat suara Safina yang khas menjadikan duo ini memiliki ciri tersendiri dan layak untuk disimak. Kedua personel Jungkat-Jungkit ini tergolong kaya pengalaman dalam kancah musik Kota Bengawan.

Jungkat-Jungkit sempat menarik perhatian publik ketika didaulat menjadi satu-satunya penampil musik dalam pesta pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming yang sekarang menjadi Walikota Solo dengan Selvi Ananda pada Juni 2015 lalu.

Salah satu penampil paling Jazz di SCJ adalah Alfado Jacob Trio, mereka akan membawakan komposisi-komposisi jazz yang cukup menarik. Leader dari group ini adalah Alfado yang saat ini mempunyai group jazz Kartabaya, talent muda dari Solo ini akan tampil sebagai pembuka SCJ ke 12.

Selain musik, pengunjung juga akan dimanjakan lebih dari 50 tenant yang menyuguhkan makanan dan fashion yang berada di sekitar stage SCJ 2023.

Penyelenggaraan yang dilakukan di bulan kemerdekaan sekaligus menyambut 78 tahun Indonesia Merdeka. SCJ menggunakan tagline Jazz Merdeka dan menghimbau kepada semua penonton untuk menggunakan pakaian dengan nuansa merah putih.

Informasi lengkap dan update mengenai SCJ bisa mengunjungi lama instagram official di @solocityjazz.