Event

Pemkot Jakarta Barat Gelar Festival Sentra Primer Barat 2022

30
×

Pemkot Jakarta Barat Gelar Festival Sentra Primer Barat 2022

Share this article

LASAK.iD – Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Barat baru-baru ini menggelar Festival Sentra Primer Barat pada 16-18 September 2022. Pesta rakyat yang berlokasi di Parkir Timur Puri Indah Mall tersebut hadirkan berbagai acara dan kegiatan.

Di antaranya Bazar Kuliner Nusantara yang menghadirkan berbagai kuliner tradisional Betawi, makanan khas Minang, Jawa, Manado dan lain lain sampai kuliner khas internasional seperti khas india, Korea, Jepang dan Western.

Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengatakan, “Kegiatan Festival Sentra Primer Barat ini menampilkan berbagai kegiatan yang dapat dinikmati yakni Bazar Kuliner Nusantara hingga Festival Barista Jakarta”.

Selain itu, ada juga Festival Barista Jakarta untuk memfasilitasi pelaku usaha di bidang kopi dan barista. Kegiatan ini untuk promosikan industri kopi di Jakarta Barat, melalui kegiatan bazar dan lomba barista.

Juga didukung dengan kehadiran 20 stand usaha kopi dan 65 stand dari JakPreneur. Stand lainnya diisi dengan produk craft dan fashion untuk memeriahkan festival tersebut. Kedua jenis industri ini nyatanya lokomotif dalam perkembangan industri kreatif.

Pameran produk ekraf unggulan event ini untuk promosikan destinasi pariwisata yang ada di Jakarta Barat terutama kawasan wisata unggulan dan produk unggulan yang ada di delapan kecamatan di wilayah Jakarta Barat,” kata Yani Wahyu Purwoko.

Bicara pesta rakyat belum lengkap tanpa adanya hiburan musik. Sejumlah musisi indie seperti Tradahan, Sueb Band, Pasdar Ska, Gajak Gijik dan Sodok Band turut ambil bagian untuk meriahkan suasana. Diselingi dengan pameran foto dan mural art serta penampilan pertunjukan kesenian tradisonal khas Jakarta dan modern.

Festival Sentra Primer Barat juga menghadirkan pameran foto dan mural art serta penampilan pertunjukan dari kesenian tradisonal khas Jakarta yang juga sebagai upaya pelestarian budaya,” kata Yani Wahyu Purwoko.

Kehadiran Festival Sentra Primer Barat 2022 menjadi bagian dari upaya Pemkot Jakarta Barat menarik perhatian wisatawan sebagai agenda tahunan.

Saya berharap, sebagai pesta rakyat Jakarta Barat, kegiatan ini bisa ditingkatkan sehingga menjadi event unggulan tahunan Jakarta Barat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat,” ungkapnya.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Barat, Sonti Pangaribuan mengatakan kegiatan ini menjadikan momentum kebangkitan sektor ekonomi di Jakarta Barat pasca pandemi.

Karena ini berbagai rangkaian kegiatan, semua betul-betul merasakan hasil kolaborasi sehingga kalau semua kolaborasi nanti saling memberikan kekuatan. Harapannya festival ini inginnya menjadi festival tahunan di sini Jakarta Barat sehingga kalau nanti konsisten seperti Flona di Lapangan Banteng yang bisa jadi besar dan berdiri sendiri,” ungkap Sonti Pangaribuan.