Event

KIFF 2023 Akan Dibuka dengan Film Berjudul Cobweb

92
×

KIFF 2023 Akan Dibuka dengan Film Berjudul Cobweb

Share this article

LASAK.iD – Korean Indonesia Film Festival (KIFF) merupakan event tahunan yang digagas oleh Korean Cultural Center (KCC) Indonesia, di bawah naungan Kedutaan Besar Republik Korea Selatan untuk Indonesia yang bekerja sama dengan CGV Cinemas.

KIFF yang pertama kali bergulir pada 2013 silam, tahun ini memasuki usia satu dekade. Sebuah acara untuk mempromosikan keragaman budaya dan memperkuat ikatan dua negara melalui film kepada masyarakat. Gelaran tahun ini terasa spesial karena bertepatan dengan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea.

Selama 13 tahun terakhir Korean Indonesia Film Festival terus digelar. Semua ini terwujud berkat kecintaan yang terus menerus datang dari para penggemar film dari korea di Indonesia. Festival tahun ini menjadi lebih spesial karena digelar untuk merayakan 50 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Korea dan Indonesia“, ungkap Kim Yong-woon, Director of Korean Culture Center Indonesia.

Untuk itu, KiFF 2023 akan hadir di CGV Cinemas di empat kota di Indonesia, yaitu CGV Grand Indonesia (Jakarta), CGV 23 Paskal (Bandung), CGV Jwalk (Yogyakarta), CGV Marvell City (Surabaya) mulai tanggal 20 hingga 22 Oktober 2023. Total ada 16 film yang siap ditayangkan dalam gelaran KIFF 2023. Di antaranya, 12 film berasal dari Korea Selatan dan 4 film lainnya datang dari produksi Indonesia.

Festival tahun ini untuk mendekatkan film korea kepada jangkauan masyarakat yang lebih luas, Korean Indonesia Film Festival akan digelar di bioskop CGV di beberapa wilayah seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya pada 19 hingga 22 Oktober. Film Korea dan Indonesia tahun ini akan menampilkan film-film ternama dari kedua negara, yang terdiri dari 12 film korea dan 4 film Indonesia“, tambahnya.

Deretan film yang tayang di KIFF 2023 dipilih karena memiliki keistimewaannya tersendiri. Film dengan genre period black comedy-drama berjudul Cobweb misalnya, film dari sutradara Kim Jee-woon (I Saw the Devil, A Tale of Two Sisters) masuk dalam jajaran film produksi besar korea yang tayang saat momen khusus liburan chuseok.

Kita sempat terpikir untuk menayangkan beberapa film yang belum tayang di Indonesia. Mengingat momen chuseok biasanya yang tayang film-film besar. Melihat line-up yang ada saat chuseok, film korea-nya sudah tayang semua, seperti Road to Boston dan Dr. Cheon and Lost Talisman dan Cobweb. Jadi, di antara line-up itu semua yang paling cocok dan kebetulan belum tayang itu Cobweb“, jelas Rivki Morais Umagapi, Festival Director KIFF 2023.

Cobweb (Geomijip) menjadi film pembuka dalam gelaran Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2023. Menceritakan intervensi dari otoritas sensor dan keluhan para aktor di lokasi yang dialami sutradara Kim saat proses shooting dari ending filmnya pada tahun 1970-an. Film ini juga menjadi Official Selection pada ajang Cannes Film Festival 2023.

Sedangkan empat judul film yang berasal dari Indonesia, seperti Autobiography, Hello Ghost, Ketika Berhenti Di Sini dan Susuk: Kutukan Kecantikan dipilih karena tema atau konsep cerita yang diusung cukup unik, baru dan tidak biasa.

Film Indonesia bagi saya empat film Indonesia yang dihadirkan tahun ini memiliki makna yang lebih dari tahun sebelumnya. Semuanya punya sesuatu yang baru dan belum pernah ada di film Indonesia. Autobiography, film yang lebih bermain watak, Ketika Berhenti Di Sini, mungkin film Indonesia pertama yang menggunakan teknologi AI dalam cerita. Memilih Susuk karena spesialnya ketika orang lagi fokus buat hantu dan penampakan, ini buat pendapatan. Hello Ghost, pilihan personal saya karena ini adaptasi dari film korea favorit saya sepanjang masa”, jelasnya lagi.

Untuk menyaksikan film, masyarakat dapat membeli tiket yang dibanderol hanya dengan Rp15.000,- dan dapat dibeli secara online pada aplikasi dan website CGV maupun offline dengan mendatangi lokasi CGV yang menayangkan festival ini. Sebanyak 16 Judul film akan ditayangkan di bioskop CGV pada Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2023 ini, yaitu:

  • Cobweb (Geomijip) (Opening Film)
  • Alienoid
  • Autobiography
  • Broker
  • The Childe
  • Confidential Assignment; International
  • The Ghost Station
  • Hello Ghost
  • Hero
  • Ketika Berhenti Di Sini
  • The Moon
  • Phantom
  • The Roundup: No Way Out
  • Smugglers
  • Susuk: Kutukan Kecantikan
  • Switch

Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2023 menggandeng salah satu aktor muda berbakat Bryan Domani sebagai Festival Ambassador. Ketika Berhenti di Sini juga menjadi salah satu film populer yang diperankan Bryan yang turut ditayangkan pada pagelaran ini.