Event

Jason Buntaram Pemenang Kompetisi Resep Prancis

116
×

Jason Buntaram Pemenang Kompetisi Resep Prancis

Share this article

LASAK.iD – Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Institut français Indonésie (IFI), dan Business France Indonesia, serta didukung oleh Disciples d’Escoffier Indonesia untuk pertama kalinya telah menyelenggarakan Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia, yang bertajuk « Le Goût de France-Cita Rasa Prancis, j’adore! ».

Acara yang diselenggarakan selama seminggu dari tanggal 12 sampai 19 Oktober 2023 dengan melibatkan berbagai mitra, mulai dari restoran, perguruan tinggi, Sekolah Menengah Kejuruan, hingga perusahaan, telah menghadirkan berbagai kegiatan, seperti « menu ala Prancis », perlombaan, pemutaran film, pertemuan dan diskusi serta kelas memasak.

Selain itu, untuk mencakup publik yang lebih luas, kompetisi resep Prancis di Instagram pun telah dilakukan sejak September lalu. Hingga tanggal 6 Oktober, terdapat sekitar 140 video yang ikut serta dalam kompetisi. Dari keseluruhan video yang ikut serta, terpilih 10 video terbaik versi para Chef dari Disciples d’Escoffier Indonesia yang melaju ke babak final.

Bertempat di MODENA Experience Center Suryo, pada 19 Oktober 2023, ke-10 finalis ini telah selesai berkompetisi di babak final untuk memperebutkan hadiah utama, yaitu jalan-jalan ke Prancis bersama Qatar Airways. Kesepuluh finalis ini antara lain, @yeremia.immanuel, @Jcooks.studio, @Soklathangatkuku, @Tatyaraw, @fiqipuput, @Tummyummy_, @maritzamusic, @yanspdpatiwael, @yudi_asli, dan @ajengapp_.

Datang dari berbagai kota, kesepuluh finalis menghidangkan resep Prancis yang beragam sesuai dengan hidangan yang diunggah di instagramnya masing-masing. Setelah melewati babak penjurian, akhirnya dewan juri yang terdiri atas Chef Gilles Marx (President of Disciples Escoffier Indonesia & Chef Founder AMUZ Gourmet Group), Chef Ronald Silvano (General Secretary of Disciples Escoffier Indonesia & Permanent lecturer for food production subject of Hotel Business Program at Podomoro University), dan Chef Christo Tjahjanto (Modena Culinaria Resident Chef ; Top 6 Masterchef Indonesia in 6th season; Chef Owner at Hongkong Bay Restaurant) telah memutuskan bahwa Jason Buntaram (@Jcooks.studio) dengan hidangan French onion soup terpilih sebagai pemenangnya.

Menurut penilaian juri, Jason merupakan future chef. Dengan pembawaannya yang sangat tenang saat memasak, serta langkah-langkah memasak yang tepat, Jason yang saat ini berusia 15 tahun mampu menghidangkan 3 piring identik mendekati sempurna dalam waktu kurang dari 90 menit.

Selain mendapatkan tiket pesawat, hadiah juga mencakup uang saku, akomodasi untuk satu minggu, dan visa. Sedangkan para finalis top 3 yang beruntung mendapatkan MODENA X Disney Fry Pan anti lengket, yang merupakan koleksi teranyar dari MODENA bersama Disney.

Selain itu, para semifinalis juga menerima voucher-voucher menarik lainnya dari MODENA. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Fabien Penone, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Pekan Gastronomi ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal dengan lebih baik keragaman gastronomi Prancis dan mempromosikan pertukaran kuliner dan budaya antara Prancis dan Indonesia.

Diharapkan, kegiatan ini akan semakin berkembang di tahun selanjutnya dan semakin banyak yang ikut serta dalam kompetisi.