Celebs

Kemarin Jadi Film Pertama Garapan Upie Dengan Genre Dokudrama

46
×

Kemarin Jadi Film Pertama Garapan Upie Dengan Genre Dokudrama

Share this article

LASAK.iD – Film Kemarin karya sutradara Upie Guava siap tayang kembali di Bioskop Online. Penayangan kali ini disampaikan Upie akan lebih memberikan rasa baru dan mendalam namun tidak juga menghilangkan sense dari film sebelumnya. Walau ada penambahan dan pengurangan dari beberapa bagian untuk film Kemarin versi director’s cut ini.

Ini lebih ke masalah rasa sih, jadi flow secara editing untuk hal-hal yang menurut saya dari aspek dinamika story telling disini harusnya di percepat atau di perlambat itu saya perbaiki. Terus efisiensi penyampaian narasi cerita di part ini mungkin sebaiknya gini. Jadi lebih ke hal-hal kecil sebenarnya tapi here and there saya crafting ulang. Tidak signifikan terlihat perubahan seperti film yang baru sebenarnya tapi saya cukup yakin juga orang yang sudah nonton pun saat nonton ini masih bisa menikmati. Bahkan mungkin bisa ngerasain rasa emosi yang terbaharui, tersampaikan lebih mendalam itu yang saya rasakan secara personal“, ungkap Upie.

Kemarin pun menjadi tantangan baru untuk Upie sebagai sutradara yang kali pertama menggarap film dengan genre dokudrama. Apalagi harus menggarap ulang adegan asli yang dialami oleh Ifan yang terombang-ambing selama 2 jam di tengah laut saat peristiwa tsunami 2018 lalu.

Prosesnya pembuatan film Kemarin yang memakan waktu hingga 1 tahun. Ini menjadi tantangan lainnya untuk Upie. Proses yang dimulai dari Februari 2019 atau sekitar 3 bulan setelah kejadian masih menjadi masa berkabung dan healing untuk keluarga besar Seventeen. Tak terkecuali Ifan yang memang menjadi sosok utama dalam film Kemarin.

Penggarapan lumayan lama, kurang lebih setahun. Kita mulai berjalan ada cameraman yang ngikutin Ifan, sementara kita men-develop banyak hal, kita wawancara 50 orang, sambil edit sambil wawancara. Jadi berjalan shooting-edit itu bergabunglah selama setahun“, jelas Upie.

Kemarin versi director’s cut tayang premiere di Bioskop Online mulai 19-21 Maret 2021. Pembelian tiket dengan harga Rp 30.000,00 di http://www.bioskoponline.com.