Celebs

Gandeng Ardinia Wirasti Main Di Nougat, Dian Sastro: Perfomance Bicara

44
×

Gandeng Ardinia Wirasti Main Di Nougat, Dian Sastro: Perfomance Bicara

Share this article

LASAK.iD – Persahabatan antara aktris Dian Sastrowardoyo dan Adinia Wirasti sudah terjalin lebih dari 20 tahun, dimulai dari film Ada Apa Dengan Cinta. Sebagai aktris, walau tak banyak terlibat dalam satu produksi bersama, namun ruang lingkup yang sama membuat kedekatan keduanya tetap terjaga. Terakhir kali keduanya dalam projek film yang sama terjadi di tahun 2014. Kini Dian Sastro dan Ardinia Wirasti kembali bertemu untuk projek film pendek dari Bioskop Online, Quarantine Tales.

Bangun ikatan bukan sebagai pemain, Dian melangkah lebih berani untuk menjadi penulis sekaligus sutradara. Perdana sebagai sutradara, Dian langsung memilih sahabatnya, Ardinia Wirasti untuk terlibat. Dian merasa perkembangan sahabatnya sebagai seorang perempuan, seorang karakter dan juga sebagai seorang aktor dapat representasi konsep cerita yang dibuatnya. Apalagi keduanya memiliki kesukaan pada film dan acting delivery yang hampir serupa.

Aku seneng banget jadi event dari jaman kita kenal dulu, 20 tahun lalu kita pertama kali kerja dan kenal bareng di Ada Apa Dengan Cinta 1 bersama Miles Production. Dan 15 tahun kemudian kita bikin Ada Apa Dengan Cinta 2 tahun 2014 terus keluarnya di tahun 2015. Terus itu menarik banget, kita ngelihat banget satu sama lain perkembangan kita sebagai seorang perempuan, seorang karakter dan juga sebagai seorang aktor. Asti juga udah belajar banyak dengan segala macam pengalaman dan projek-projek yang ngga sama aku, aku dengan pengalaman projek-projek lain, terus pas kita ketemu lagi untuk kerjasama itu jadi menarik banget, karena aku belajar dari Asti dan Asti belajar dari aku. Kita jadi tune in, sama taste film juga agak nyambung, taste acting delivery yang kita suka juga agak nyambung. Kita itu sharing, sepaham tentang perfomance yang bagus sepertinya, mestinya, baiknya kaya apa dan itu kita sering diskusi, sering tukar menukar cerita dan belajar banyak“, ungkap Dian.

Apalagi yang menjadi inspirasi Dian dalam menulis Nougat berasal dari film yang menonjolkan base on perfomance dari aktornya. Hal itu dapat dilihat dari sosok Asti yang dapat menampilkan perfomance sebagai aktris dengan pengalaman bermain di berbagai genre film.

Sekarang aku dapat kesempatan sebagai seorang sutradara, nulis pertama kali, direct pertama kali, ini tantangan besar buat aku, buat aku ini ngga main-main dan terus terang aku berangkat dari seorang aktor, pas aku nulis dan mengkonsepkan sebuah film dengan berbagai genre dan konsep. Film yang aku drone yang aku suka akhirnya film-filmnya yang base on perfomance dari aktornya gitu. Jadi film-film yang aku suka biasanya yang kaya gitu. Sehingga pada saat aku bikin film ini aku juga jadi yang sangat ter-centerlise kepada perfomance para aktornya. Jadi kaya ada syarat utama bahan baku film yang aku suka ini kalau mau sukses, aktornya harus jago. Udah tahu gw harus kerjasama sama aktor yang delivery-nya se-deep apa gitu loh. Di days out kerjaannya curhat aja, gw disini nih. Jadi gw ngerti banget how she will loved atau bener-bener menggali ke dalam diri untuk bisa ngeluarin perfomance dengan level tertentu“, jelasnya.

Ditambah lagi dari kacamata Dian yang seorang aktor dan memiliki teman dari lingkup yang sama mampu melihat layer yang berlapis pada perfomance seorang aktor. Walau diakuinya masih harus banyak belajar untuk hal tersebut.

Kalau aku bukan aktor, kalau aku bukan temen aktor, aku mungkin ngga ngerti dengan perfomance yang dia maksud ini sama orang lihat cuma sebagai penonton. Mungkin karena aku sama-sama aktor punya kepekaan itu. Sehingga ternyata buat cerita ini khususnya, aku butuh tuh aktor-aktor yang ngerti banget gitu loh bedanya perfomance di level kedalaman ini sama yang ngga. Jadi ada banyak layerkan dalam perfomance aktor dan itu yang masih kita pelajari sama-sama. Aku juga sebagai aktor masih belajar dan yang aku tahu banget punya kedisiplinan itu dan punya kemampuan itu“, tambahnya.

Kerjasama apik antara kedua sahabat ini bisa dilihat pada film Nougat yang tayang pada 18 Desember 2020 di Bioskop Online. Nougat menjadi satu dari lima film yang menjadi bagian dari projek konten original Bioskop Online, Quarantine Tales yang bekerja sama dengan rumah produksi Base Entertainment. Cek trailer dari kelima film: