JpopJapanese

KLP48 Malaysia Resmi Diluncurkan Menjadi Sister Group ke-10

196
×

KLP48 Malaysia Resmi Diluncurkan Menjadi Sister Group ke-10

Share this article

KLP48 yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia menjadi AKB48 Overseas Sister Groups telah resmi diluncurkan mulai 1 Januari 2024.

LASAK.iD – AKB48 Overseas Sister Groups dimulai pada 2011 dengan Indonesia menjadi negara pertama sebagai sister group di luar negeri. Selama kurun waktu 12 tahun, Yasushi Akimoto yang merupakan pendiri dari AKB48 menjadi General Producer untuk 48 sister group di luar negeri.

Kini, posisi dan tanggung jawab sebagai General Producer AKB48 Overseas Sister Groups akan diemban oleh Nariaki Terada dari Superball Inc.. Hal ini tak terlepas akan pengetahuan dari Nariaki Terada akan dunia hiburan luar negeri, khususnya di Asia. Sesuatu yang dipuji langsung oleh Yasushi Akimoto.

Superball Inc. dengan Nariaki Terada sebagai General Producer telah menandatangani perjanjian lisensi bersama dengan 48 ENTERTAINMENT SDN. BHD.. Untuk meluncurkan AKB48 Overseas Sister Group ke-10 bernama KLP48 yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia mulai 1 Januari 2024.

Perusahaan lokal yang dipimpin CEO Jun Hiraguchi ini akan bertanggung jawab atas manajemen operasional dari KLP48, yang meliputi:

Perusahaan Operasional KLP48 Malaysia

  • Bisnis lisensi eksklusif untuk semua hak kekayaan intelektual yang terkait dengan KLP48
  • Hak distribusi eksklusif untuk konten digital (termasuk game) yang berkaitan dengan KLP48 melalui internet atau media sosial
  • Pemegang lisensi resmi KLP48 yang berbasis di Kuala Lumpur
  • Operasional bisnis KLP48
  • Manajemen anggota KLP48

Konsep TOKYO TOWN di Kuala Lumpur

  • Desain dan produksi ruang perkotaan
  • Memproduksi area kreasi masa depan

Strategi Bisnis DX

  • Pengembangan karakter dan manajemen
  • Bisnis konten kekayaan intelektual (IP)
  • Pengembangan bisnis di ruang metaverse

KLP48 dari Malaysia menyusul beberapa negara di Asia lainnya yang lebih dulu meluncurkan AKB48 Overseas Sister Groups, seperti Tiongkok (AKB48 Team SH, AKB48 Team TP), Thailand (BNK48, CGM48), Filipina (MNL48), Vietnam (SGO48) dan India (DEL48) yang telah lebih dulu meluncurkan sister group dari AKB48.

AKB48 merupakan grup idola wanita terkenal asal Jepang yang dibentuk dan diproduseri oleh Yasushi Akimoto. Nama AKB48 diambil dari Akihabara, sebuah area di Tokyo. Sejak kemunculannya pertama kali pada 2005, AKB48 telah mencuri perhatian publik Jepang bahkan Asia hingga saat ini.

Kepopuleran yang membawa banyak single dari AKB48 memuncaki tangga lagu mingguan di Oricon. Secara keseluruhan AKB48 telah menjual 60 juta rekaman, termasuk lebih dari 6 juta album (per 2019). Sebagai grup, AKB48 tercatat dalam Guinness World Records sebagai “grup pop terbesar di dunia”.

Kini, AKB48 aktif dengan 85 anggota dan menjadi grup idola biasa setelah menghapuskan sistem team. Pengumuman yang dilakukan pada April 2023 saat grup tersebut menggelar konser di Pia Arena MM, Yokohama setelah vakum selama 3 tahun dari kegiatan grup. Hal yang membuat terkejut penggemar, tak hanya di Jepang tetapi publik negara yang mengidolakan grup tersebut.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x