Sport

Turnamen Bulutangkis Thailand Tanpa Pemain Peringkat Teratas Dunia

41
×

Turnamen Bulutangkis Thailand Tanpa Pemain Peringkat Teratas Dunia

Share this article
PemainThailand terlihat sedang berlatih untuk menghadapi tiga turnamen besar di negara tersebut

LASAK.iD – Atlet bulutangkis Thailand mulai terlihat berlatih setelah dinyatakan negatif covid-19. Ini sebagai persiapan untuk tiga turnamen besar pada musim 2020 di Bangkok Muang Thong Thani yang akan diadakan mulai pekan depan dengan Yonex Thailand Open. Menurut situs resmi www.bwfbadminton.com sekitar 824 peserta juga dinyatakan negatif untuk virus corona baru. Hal yang mendorong turnamen di Thailand tetap di selenggarakan.

Zona hijau ini mencakup pemain, staf dan keseluruhan tim dari turnamen yang saling bersentuhan, seperti wasit, hakim garis, personel dari BWF dan Asosiasi Bulutangkis Thailand, staf medis dan kru produksi TV. Khusus zona hijau yang berasal dari luar Thailand harus menyertakan sertifikat negatif di negara mereka sendiri sebelum berangkat ke Bangkok. Tes kembali dilakukan setelah rombongan sampai di Thailand dan melakukan karantina kembali di hotel. Hal ini juga berlaku untuk pemain, staf dan personel lokal yang berbasis di Thailand.

Pemain sekarang diizinkan untuk berlatih di bawah protokol keamanan yang ketat. Tindakan karantina akan diberlakukan selama periode observasi wajib 14 hari termasuk selama pementasan Yonex Thailand Open“, kata BWF.

Tes covid-19 akan rutin dilakukan oleh pemerintah Thailand dan Asosiasi Bulutangkis Thailand hingga leg Asia selesai. Ketiga turnamen ini, yaitu Yonex Thailand Open (12-17 Januari), Toyota Thailand Open (19-24 Januari) dan terakhir HSBC BWF World Tour Finals (27-31 Januari).

Dua event pertama masuk ke dalam turnamen Super 1000, menawarkan total hadiah masing-masing sebesar US $ 1 juta (atau sekitar Rp 14 milyar). Sedangkan final musim 2020 memiliki total hadiah dana sebesar $ 1,5 juta (atau sekitar Rp 21 milyar). (kurs saat ini)

Pemain yang lolos ke World Tour Final akan ditentukan pada hasil dari Toyota Thailand Open. Delapan pemain dan pasangan teratas untuk setiap kategori di HSBC BWF Road to Bangkok Rankings akan diundang untuk berkompetisi di final musim. Namun, pemain yang berhak ikut serta di final musim untuk setiap anggota asosiasi terbatas pada dua pemain atau pasangan.

Turnamen yang akan diadakan secara tertutup tersebut tanpa nama-nama besar dari Jepang dan China. Semua pemain Jepang, termasuk peringkat 3 dan 4 dunia wanita, Akane Yamaguchi dan Nozomi Okuhara, tidak melakukan perjalanan ke Bangkok setelah rekan senegaranya Kento Momota, pemain pria top dunia, dinyatakan positif terkena covid-19. Asosiasi Bulutangkis China sendiri telah menarik timnya dari leg Asia karena pembatasan perjalanan.

Nama lainnya yang absen hadir dari Indonesia, ganda putra peringkat teratas, Kevin Sanjaya Sukamuljo bersama pasangannya Marcus Fernaldi Gideon terpaksa menarik diri dari leg Bangkok setelah dinyatakan positif covid-19.

Thailand akan dipimpin oleh peringkat 5 dunia wanita, Ratchanok Intanon dan pasangan ganda campuran peringkat 3 dunia, Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai. Turnamen akan disiarkan langsung di TrueVisions.

source by Bangkok Post