Film

Rekomendasi 20 Film Yang Tayang Sepanjang Tahun 2021

39
×

Rekomendasi 20 Film Yang Tayang Sepanjang Tahun 2021

Share this article

LASAK.iD – Dunia memang masih dilanda virus covid-19 hingga memasuki awal tahun 2021. Meski begitu segala bentuk hiburan untuk masyarakat terus berjalan dan berproduksi. Salah satu yang industri tersebut adalah industri perfilman. Dilansir dari BBC Culture, ada sekitar 20 deretan film yang menarik untuk di tonton di sepanjang tahun 2021.

French Exit

Ketika komedi hitam sangat tajam ini ditampilkan sebagai bagian dari Festival Film New York, gebrakan penghargaan langsung dimulai untuk Michelle Pfeiffer. Dia berperan sebagai seorang janda kaya, glamor, memanjakan diri yang kehilangan kekayaannya dan apartemen mewah di New York, dan menghabiskan sisa uangnya untuk pindah permanen ke Paris. Putranya yang tanpa tujuan, diperankan oleh Lucas Hedges, mengikuti jejaknya. Nadanya pada berbagai waktu mordan, menyentuh dan lucu, dengan humor tertentu yang berasal dari seekor kucing yang bergabung dalam perjalanan. Semua itu dan pemandangan Paris yang indah dan bukan turis di permata ini yang harus menjadi terobosan bagi sutradara, Azazel Jacobs.

Dirilis pada 12 Februari di AS, 26 Februari di Inggris Raya dan Irlandia.

The United States vs Billie Holiday

Pada Mei 1947, salah satu penyanyi jazz paling penting di Amerika ditangkap karena memiliki narkotika. Sidang berikutnya dikenal sebagai The United States versus Billie Holiday. “And that’s just how it felt”, kata Holiday dalam otobiografi-nya. Sebuah drama baru yang disutradarai oleh Lee Daniels (Precious) berpendapat bahwa dia tidak berada di dermaga karena dia adalah high-profile pengguna narkoba, tetapi karena Biro Narkotika Federal ingin membayarnya kembali karena melakukan materi politik yang menghasut seperti Strange Fruit . Andra Day yang dinominasikan Grammy menjadi peran utama dan Trevante Rhodes (Moonlight) berperan sebagai agen rahasia yang beralih kesetiaan ketika dia jatuh cinta pada Lady Day. Film tersebut tentu harus memiliki soundtrack yang fantastis.

Dirilis pada 25 Februari di Belanda, 26 Februari di AS

The Many Saints of Newark

Sebagai cerita awal, empat belas tahun setelah The Sopranos berakhir, pencipta dan penulisnya, David Chase, memberikan prekuel dari salah satu serial televisi terbaik yang pernah dibuat. Tidak ada yang bisa menggantikan James Gandolfini, yang meninggal pada tahun 2013, dan yang menjadikan Tony, pria paruh baya, pria keluarga dan bos mafia, sebagai karakter klasik. Tapi Chase dan sutradara Alan Taylor meminta putra yang mirip Gandolfini, yaitu Michael Gandolfini, untuk memerankan Tony saat masih muda. Berlatar tahun 1960-an dan 70-an, dengan latar belakang kerusuhan dan kerusuhan rasial di Newark, New Jersey, dengan antagonisme antara orang kulit hitam dan orang Amerika Italia. Film ini dapat memberi kita petunjuk tentang dari mana semua kejahatan Sopranos itu berasal. Di antara pemeran: Vera Farmiga sebagai ibu mematikan dari Tony, yaitu Livia.

Dirilis secara internasional pada 11 Maret.

No Time to Die

Pertama karena cedera, kecelakaan dan pengunduran diri sutradara aslinya, Danny Boyle. Lalu ada pandemi, yang mendorong tanggal rilis kembali tertunda hingga tepat setahun. Tetapi pada bulan April, lebih dari lima tahun setelah pemutaran perdana Spectre, akhirnya kita akan melihat film Bond resmi ke-25. Apakah ini pantas untuk ditunggu? Nah, trailer-nya memiliki semua kekhasannya yang glamour, stunts dan ledakan yang Anda inginkan dari 007. Sutradara, Cary Joji Fukunaga (Beasts of No Nation, True Detective), adalah ahli action sequences dan lokasi eksotis. Phoebe Waller-Bridge (Fleabag/ Killing Eve) dipercayakan untuk memberikan bumbu naskah. Sebagai bad guys akan diperankan oleh dua pemenang Oscar, Christoph Waltz dan Rami Malek. No Time to Die bisa menjadi film Bond terbaik dari Daniel Craig. Sekaligus menjadi film terakhir dari sang aktor untuk universe dari 007.

Dirilis secara internasional pada 2 April.

Bios

Jika ada yang bisa mengajari robot untuk menjadi manusia, mungkin itu adalah Tom Hanks. Dia membawa persona pria terbaik yang pernah ada ke dalam perannya sebagai insinyur robotika yang telah menghabiskan 10 tahun tinggal di bunker setelah peristiwa apokaliptik memusnahkan sebagian besar populasi dunia. Dalam kondisi sakit parah, dia menciptakan robot yang diperankan oleh Caleb Landry-Jones, untuk merawat anjing kesayangannya setelah dia pergi. Mereka bertiga memulai perjalanan darat melalui Amerika Barat dengan perbekalan yang tersisa darinya. Ini menjadi sebuah cerita film yang merupakan bagian dari drama yang mengharukan, bagian dari kisah petualangan. Berasal dari sumber yang dapat dipercaya, yaitu Perusahaan produksi Amblin milik Steven Spielberg.

Dirilis pada 15 April di Argentina, Jerman, dan Belanda, 16 April di AS.

A Quiet Place Part II

Kami belajar pada tahun 2020 bahwa tidak setiap film perlu dilihat di teater. Satu pengecualian adalah sekuel John Krasinski dari hitnya A Quiet Place, tentang sebuah keluarga yang akan diserang oleh monster yang peka terhadap kebisingan jika mereka mengintip. Ketika saya melihat aslinya di teater yang sangat besar, tidak ada suara berondong jagung yang terdengar, hanya suara langka dari seluruh penonton yang menahan napas. Emily Blunt kembali sebagai ibu dari keluarga, dengan Millicent Simmonds dan Noah Jupe sebagai anak-anaknya dalam tindak lanjut dari salah satu film paling menegangkan tahun 2018. Krasinski sekali lagi menulis dan mengarahkan. Pemirsa aslinya akan mengingat dengan dingin mengapa dia tidak ada di layar.

Dirilis secara internasional pada 22 April

Ghostbusters: Afterlife

Paul Feig yang membuat reboot dari film Ghostbusters untuk versi wanita, meninggal dunia pada tahun 2016. Hal berimbas dengan penundaan sekuel dari Ghostbusters versi wanitanya. Produser lebih memilih untuk membuat sekuel langsung dari dua film pertama tahun 1980-an. Ghostbusters: Afterlife disutradarai oleh Jason Reitman, putra dari sutradara film orisinal-nya, dan para bintang aslinya pun akan kembali bermain, seperti Bill Murray, Dan Aykroyd, Sigourney Weaver, dll. Di sisi lain, Ghostbusters kali ini akan tampil lebih menarik dan berbeda dari film aslinya di tahun 1980-an dan juga dibandingkan dengan film karya Feig. Film kali ini, Ghostbusters: Afterlife berlatar di sebuah pedesaan, bukan lagi di Manhattan. Dengan menghadirkan penyelidik paranormal terbaru yang merupakan anak-anak sekolah (Finn Wolfhard, McKenna Grace).

Saya ingin membuat film tentang menemukan paket proton di gudang tua dan sensasi benar-benar memakainya untuk pertama kalinya“, kata Reitman kepada Vanity Fair.

Dirilis secara internasional pada 11 Juni.

Luca

Sukses memproduksi beberapa film animasi yang berlatar negara-negara di dunia, seperti Prancis (Ratatouille), Skotlandia (Brave) dan Meksiko (Coco), Pixar pergi ke Italia untuk kartun berikutnya. Hadirkan sunny coming-of-age comedy, film ini akan disutradarai oleh Enrico Casarosa dan ditulis oleh Jesse Andrews dan Mike Jones (penulis film Soul). Casarosa bersama Pixar sebelumnya sempat membuat film pendek berjudul La Luna di tahun 2011. Namun, Luca menjadi debutnya untuk sebuah karya panjang.

Ini adalah kisah yang sangat pribadi bagi saya, bukan hanya karena berlatar di Italian Riviera tempat saya dibesarkan, tetapi karena inti dari film ini adalah perayaan persahabatan“, kata Casarosa.

Tampil sebagai karakter pahlawan, seorang anak laki-laki bernama Luca yang memiliki musim panas yang sangat riang di tepi pantai dengan sahabat barunya. Satu-satunya yang menjadi halangan untuk Luca, bahwa teman barunya adalah monster laut yang menyamar.

Dirilis secara internasional pada 18 Juni.

Top Gun: Maverick

Top Gun pertama kali tayang di bioskop pada tahun 1986. Menunggu cukup lama, akhirnya sekuel dari Top Gun akan tayang di 2021. Sekuel-nya tetap menghadirkan, pilot Angkatan Laut AS yang sombong yang di perankan oleh Tom Cruise, Pete “Maverick” Mitchell adalah seorang kapten. Pete “Maverick” Mitchell memiliki pesaing lamanya Iceman (Val Kilmer) adalah seorang jenderal bintang empat. Tapi tidak ada tanda-tanda Kelly McGillis untuk kembali bermain sebagai Charlie. Untuk Top Gun: Maverick, Jennifer Connolly telah menggantikannya sebagai kekasih Cruise. Anggota baru lainnya adalah Jon Hamm, Ed Harris, dan Miles Teller sebagai putra dari teman Maverick yang dikenal dengan Goose. (Sayangnya, nama panggilannya bukan Gosling tapi Rooster).

Dirilis secara internasional mulai 2 Juli.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Film laris superhero Marvel tidak selalu ramah terhadap karakter komik Asia.  Iron Man 2 mengubah penjahat Cina, The Mandarin, menjadi aktor Inggris bernama Trevor Slattery (Ben Kingsley) dan Doctor Strange menjadi pria Himalaya, The Ancient One, menjadi wanita kulit putih (Tilda Swinton). Untuk menebus kesalahannya, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings memiliki pemeran yang hampir semuanya orang Asia,salah satunya adalah Simu Liu yang merupakan aktor keturunan Asia-Kanada. Liu akan berperan sebagai Shang-Chi, seorang Master of Kung-Fu yang diciptakan pada tahun 1973 untuk memanfaatkan popularitas serial televisi Kung Fu. Awkwafina dan Michelle Yeoh bergabung dengannya untuk ekstravaganza seni bela diri. Film kali ini akan menampilkan Tony Leung, aktor asal Hong Kong.

Dirilis secara internasional pada 9 Juli.

Last Night in Soho 

Edgar Wright selalu mengkhususkan diri dalam komedi aksi postmodern (Shaun of the Dead, Hot Fuzz, Baby Driver), tetapi film berikutnya tampaknya sangat berbeda. Ditulis bersama oleh Krysty Wilson-Cairns (1917), Last Night in Soho adalah drama horor psikologis yang membakar dengan lambat yang meresahkan dari Nicolas Roeg’s Don’t Look Now dan Roman Polanski’s Repulsion. Thomasin McKenzie dari Jojo Rabbit berperan sebagai perancang busana bercita-cita yang menyelinap kembali ke London pada 1960-an, di mana ia bertemu dengan seorang bintang muda pop yang diperankan oleh Anya Taylor-Joy dari The Queen’s Gambit. Sisa plot masih menjadi misteri, tetapi pemeran pendukung menampilkan beberapa ikon London, di antaranya Terence Stamp, Rita Tushingham dan Diana Rigg yang meninggal setelah syuting adegannya. 

Dirilis secara internasional mulai 23 Juli

Deep Water 

Apakah sudah waktunya bagi thriller erotis untuk kembali? Adrian Lyne dikenal sebagai sutradara karena genre neo-noir yang membuat berkeringat seperti pada film Fatal Attraction, 9 1/2 Weeks dan Indecent Proposal. Hampir dua dekade setelah film terakhirnya, Unfaithful tahun 2002, pria berusia 79 tahun itu kembali ke genre favoritnya dengan Deep Water. Film dengan torrid tale of jealousy dan pembunuhan berdasarkan novel karya Patricia Highsmith (Strangers on a Train/ The Talented Mr Ripley). Ben Affleck dan Ana De Armas berperan sebagai pria kaya dan istri mudanya yang cantik. Dia menutup mata untuk urusannya, untuk menghindari perceraian yang mahal, tetapi kemudian kekasihnya mulai sekarat dalam keadaan yang mencurigakan. Fakta menariknya, Gillian Flynn menyebut novel itu sebagai salah satu inspirasi Gone Girl, yang dibuat menjadi film yang dibintangi Affleck.

Dirilis secara internasional pada 13 Agustus

Candyman

Keberhasilan Jordan Peele dalam film Get Out membuka jalan bagi horor cerdas, bergaya, dan sadar rasial lainnya yang berbicara kepada penonton di luar penggemar genre tersebut. Film terbarunya yang di produksi dan ditulis oleh Peele, adalah bagian kontemporer dalam seri Candyman. Yahya Abdul-Mateen II dari Watchmen berperan sebagai seniman di lingkungan Chicago yang sekarang menjadi gentrifikasi dari film-film Candyman asli. Mempelajari kebenaran tentang hantu dengan kait di tangan yang muncul ketika Anda mengucapkan namanya lima kali di depan cermin. Candyman ini diarahkan oleh sutradara berbakat, Nia DaCosta. Bahkan Nia DaCosta akan mengarahkan Captain Marvel II sebagai projek film selanjutnya. Ini menjadikannya wanita kulit hitam pertama yang mengambil film dalam franchise megahit itu.

Dirilis secara internasional pada 27 Agustus

Dune

Apakah Anda menilai itu sebagai film klasik kultus (penujaan), atau apakah Anda cukup peka untuk menerima bahwa ini adalah salah satu film terburuk yang pernah dibuat? Dune karya David Lynch bukanlah sebuah kemenangan. Sekarang Denis Villeneuve telah membuat versinya dari epic interstellar novel karya Frank Herbert. Dilihat dari dua drama fiksi ilmiah terakhir Villeneuve, Arrival dan Blade Runner 2049, seharusnya Dune jauh lebih sukses daripada Lynch. Satu hal yang pasti, film yang disebut Villeneuve “Star Wars untuk orang dewasa” memiliki pemeran paling mengesankan tahun 2021. Timothée Chalamet adalah messianic hero, nama besar lainnya termasuk Javier Bardem, Oscar Isaac, Josh Brolin, Rebecca Ferguson, Jason Momoa, Charlotte Rampling, Zendaya dan Dave Bautista.

Dirilis secara internasional pada 1 Oktober

The Last Duel

Ini merupakan film berlatar abad ke-14 berdasarkan buku The Last Duel: A True Story of Trial oleh Combat di Abad Pertengahan Perancis oleh Eric Jager. Terbaru dari Ridley Scott adalah film aksi lainnya dengan pedang, yang memberikan gema dari kemenangan film Gladiator di Oscar sebagai Best Picture dan film pertamanya, The Duellists. Yang satu ini berlatar di Prancis, dengan kisah balas dendam berdasarkan peristiwa sejarah, duel terakhir yang diperjuangkan secara hukum. Adam Driver dan Matt Damon adalah duellist, dan tim kreatif yang bertabur bintang. Damon menulis skenario bersama Ben Affleck yang juga bermain sebagai peran pendukung, Nicole Holofcener dan Jodie Comer dari Killing Eve juga ikut terlibat.

Dirilis secara internasional mulai 14 Oktober

Eternals

Bahkan sebelum Nomadland yang mempengaruhi Chloe Zhao memasuki festival circuit, dia telah pindah ke proyek yang sangat berbeda, mengarahkan film yang menjadi bagian dari franchise Marvel. Enternals, film dari Marvel yang kali ini Chloe Zhao arahkan. Angelina Jolie, Kumail Nanjiani, Richard Madden, dan Brian Tyree Henry menjadi karakter utama dalam film sebagai Eternals, alien abadi yang telah bersembunyi di Bumi selama ribuan tahun. Mereka muncul dan bersatu untuk melawan Deviant jahat. Hal yang ditampilkan Zhao dalam Nomadland menjadi penggambaran dari sisi matanya dalam skala luas. Aksi dan efek khusus adalah cerita lain, tetapi ada banyak alasan untuk berasumsi dia akan menerjemahkan visinya ke dunia superhero. Cara yang pernah dilakukan Taika Waititi, melompat dari film yang lebih kecil ke Thor: Ragnarok. Ini membuktikan bahwa sensibilitas indie dapat memberikan kejutan selamat datang kepada yang berskala besar seperti Marvel Cinematic Universe.

Dirilis secara internasional pada 5 November

King Richard

Tahun 2021 akan menjadi tahun yang besar bagi biopik perintis Afrika-Amerika (lihat juga: The United States vs Billie Holiday and Respect, yang dibintangi oleh Jennifer Hudson sebagai Aretha Franklin), tetapi Raja Richard adalah yang paling menarik. Kisah underdog terakhir dari rags-to-riches ini dibintangi oleh Will Smith sebagai Richard Williams, ayah dari Venus (Saniyya Sidney) dan Serena Williams (Demi Singleton). Meskipun tidak memiliki latar belakang dalam tenis, dia mulai melatih mereka di lapangan umum yang terlantar di Compton, Los Angeles, ketika keduanya baru berusia empat tahun. Sedikit spoiler, mereka tumbuh menjadi dua olahragawan terhebat dalam sejarah. Sutradara dari King Richard adalah Reinaldo Marcus Green, yang melakukan debutnya terdahulu dengan luar biasa melalui Monsters & Men. Film ini sekaligus menjadikan pertama kalinya untuk Will Smith berada dalam film dengan sutradara berkulit hitam.

Dirilis pada 19 November di AS dan Turki, 25 November di Argentina

Nightmare Alley

Film-film seperti Pan’s Labyrinth dan The Shape of Water, Guillermo del Toro adalah salah satu sutradara paling orisinal dan paling berani saat ini, karyanya memadukan hati dan horor. Pastinya akan sangat menarik untuk melihat apa yang dia lakukan untuk menemukan kembali Nightmare Alley. Kisah berdasarkan novel yang diadaptasi menjadi film noir klasik tahun 1947 dengan nama yang sama. Bradley Cooper dan Cate Blanchett membintangi kisah seorang penipu yang bekerja sama dengan psikolog. Pemeran luar biasa lainnya termasuk David Strathairn, Rooney Mara, Toni Collette, Richard Jenkins dan Willem Dafoe. Guillermo del Toro memang menjadi magnet tersendiri para aktor untuk bisa bekerja sama denganya. Bahkan film-filmnya selalu menjadi daftar pilihan penikmat film untuk di tonton.

Dirilis pada 3 Desember di AS

West Side Story

Film adaptasi dari musikal klasik Broadway Leonard Bernstein dan Stephen Sondheim karya Steven Spielberg sebenarnya di jadwalkan dirilis tahun lalu, karena mendapatkan cerita adaptasi yang indah, penundaan perilisan bukanlah lagi menjadi masalah. Ansel Elgort (Baby Driver) dan wajah baru, Rachel Zegler memerankan karakter Tony dan Maria, seperti menyebrang pada karakter Romeo dan Juliet yang terjebak perang geng, antara Shark dan Jets pada tahun 1957 di Kota New York. Versi film ini ditulis oleh penulis naskah Tony Kushner, yang juga menulis Lincoln karya Spielberg. West Side Story menjadi yang pertama untuk Spielberg memproduksi film musikal tetapi dia memulai dengan keuntungan dari beberapa lagu paling indah yang pernah ditulis dalam Maria dan Tonight.

Dirilis secara internasional mulai 9 Desember

The French Dispatch

Jika berbicara sosok Wes Anderson memang memiliki cirinya tersendiri, penuh gaya dan lucu. Terlihat dalam karyanya yang berjudul Grand Budapest Hotel. Pada karya terbaru, The French Dispatch pun memiliki kemiripan, mulai dari pemeran, poster bergaya vintage hingga judul yang memberi isyarat. Film komedi ini pada awalnya ditetapkan untuk Festival Film Cannes 2020. Akhirnya akan tayang di banyak negara tahun 2021. The French Dispatch berlatar sebuah kota fiksi di Prancis, di kalangan jurnalis Amerika. Bill Murray memainkan transplant dari Kansas, pendiri majalah bernama The French Dispatch, yang dicontoh Anderson di The New Yorker beberapa dekade lalu, penuh dengan staf yang eksentrik. Pemerannya banyak dari aktor yang biasa bekerja sama dengan Anderson, termasuk Owen Wilson, Tilda Swinton, Adrien Brody, Benicio del Toro, Timothée Chalamet dan Frances McDormand. Film ini menjadi penggabungan tiga cerita berbeda, termasuk satu set di antara kaum radikal 1960-an. Dimana film ini menawarkan banyak ruang untuk Anderson menuangkan kecerdasan absurdnya.

Dirilis pada tahun 2021, tanggal akan diumumkan.

Jadi sudah menentukan film mana saja yang akan masuk dalam daftar tontonan kalian? Semoga pandemi cepat berlalu dan semua film ini akan masuk dan tayang di bioskop di Indonesia.