National

Kahf Lewat Kampanye #PerjalananBerKahf Bantu Bangun Mesjid di Pelosok

94
×

Kahf Lewat Kampanye #PerjalananBerKahf Bantu Bangun Mesjid di Pelosok

Share this article
Gambar oleh conandstudio dari Pixabay

LASAK.iD – Kahf merek lokal perawatan diri untuk pria memperkenalkan kampanye #PerjalananBerKahf dengan tagline “Ada keberkahan dalam setiap perjalanan”. Kampanye yang berangkat dari aktivitas lifestyle yang ternyata bisa berjalan beriringan dengan aktivitas sosial yang melahirkan kebaikan dan keberkahan.

Direfleksikan dengan memberikan akses ibadah berupa Mesjid serta ketersediaan air bersih. Terutama di pelosok Indonesia yang tidak memiliki akses memadai untuk kebutuhan ibadah dan air untuk penopang kehidupan sehari-hari.

Ini sebenarnya kampanye Kahf yang membawa semangat brotherhood dan sudah berjalan sejak tahun lalu. Ada sekitar 18 area atau kota dengan sekitar 100 komunitas yang terlibat. Kahf juga jalin kerjasama dengan Yayasan Mesjid Nusantara yang berpengalaman sejak 2012 lalu untuk membantu dalam mewujudkan tujuan kampanye tersebut.

Ini sebenarnya refleksi yang sudah kita lakukan sejak tahun lalu, bahwa aktivitas lifestyle bisa digabungkan dengan aktivitas sosial yang membentuk kebaikan dan keberkahan untuk disebarkan. Dengan membawa konsep sustainable yang fokus pada fasilitas ibadah berupa Mesjid yang ternyata menjadi permasalah di Indonesia yang masih jauh dari cukup atas ketersediaan itu“, ungkap Billy Dharmawan selaku Brand Manager Kahf.

Kampanye #PerjalananBerKahf targetkan 3 Mesjid selesai dibangun dengan daerah di Timur Indonesia masih menjadi fokus untuk mendapatkan fasilitas ibadah dan akses air.

Tahun ini kita targetkan minimal 3 atau 4 fasilitas ibadah bisa terbantu, tentu di daerah yang belum seberuntung kita di sini yang bisa merasakan ibadah dengan layak dan nyaman“, tambah Billy.

Satu di antaranya adalah Mesjid Al-Kahf yang berada di Desa Poco Dedeng Kecamatam Lembor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menjadi yang pertama selesai. Pembangunan yang di mulai pada 22 Maret 2023 lalu sebenarnya pemugaran Mesjid yang sudah ada untuk kemudian menjadi lebih layak dan nyaman.

Pras Purworo selaku Direktur Yayasan Masjid Nusantara mengatakan, “Sungguh sebuah berkah ramadan dapat berkolaborasi dengan Kahf dalam memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat di pelosok Indonesia. Melalui kampanye #PerjalananBerKahf, seperti pembangunan masjid Al-Kahf ini, kami berharap dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat akan tempat ibadah yang layak dan nyaman. Hal ini sejalan dengan visi dari Yayasan Masjid Nusantara sendiri.”

Warga Sumba menyambut antusias pemugaran Mesjid mereka yang sekarang diberi nama Mesjid Al-Kahf. Adhin Abdul Hakim yang terlibat langsung dalam pembangunan Mesjid Al-Kahf di Sumba beberapa waktu lalu pun mengiyakan hal tersebut.

Ia melihat langsung bagaimana warga Desa Poco Dedeng dengan menampung air hujan yang memang dibutuhkan selama pembangunan. Mengingat akses air yang tidak memadai dari Desa Poco Dedeng karena berada di ujung jurang.

Saya menyaksikan sendiri bagaimana progres dari pembangunan Mesjid Al-Kahf di Sumba beberapa waktu lalu. Masyarakat Desa Poco Dedeng sangat antusias dalam pengerjaan pembangunan masjid ini, sebelum mulai pengerjaan bahkan mereka sudah menampung air hujan yang nantinya dibutuhkan dalam pembangunan fisik masjid. Setiap hari masyarakat secara bergantian ikut swadaya mulai dari mengangkat bahan bangunan, mengaduk semen, dan pekerjaan-pekerjaan sederhana lain. Membuat saya refleksi diri apa yang saya telah perbuat dalam amal ibadah saya pribadi tahun ini. Insyallah, melalui kampanye #PerjalananBerKahf, semakin banyak orang yang terinspirasi untuk ikut beramal dalam pembangunan masjid di seluruh Indonesia”, tambah Adhin Abdul Hakim selaku aktor dan host dari Yayasan Masjid Nusantara.

Tim ahli pembangunan masjid yang datang dari luar daerah untuk bertanggungjawab atas projek pembangunan masjid Al-Kahf disambut baik dan difasilitasi oleh masyarakat, seperti tempat tinggal dan makan mereka sehari-harinya. Pengerjaan masjid Al-Kahf ini sangat guyub karena dari masyarakat sendiri sudah sangat lama mendambakan memiliki masjid yang bagus dan layak sebagai tempat ibadah.

Ricky Harun selaku Aktor, dan representatif Kahf Bro mengatakan, “Saya sangat terinspirasi dengan kampanye #PerjalananBerKahf ini. Mewakili Kahf Bro saya menghargai upaya Kahf dalam memfasilitasi komunitas untuk berbuat kebaikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu masalah sosial atau lingkungan. Semangat “brotherhood” di Ramadan ini fokus memotivasi orang untuk melakukan aksi bantu sesama sebagai bentuk dari amanah ibadah, serunya lagi sesuai dengan versi dan kreativitas masing-masing.”

Target saat ini dari kampanye #PerjalananBerKahf dapat menyelesaikan ketiga Mesjid sebelum perayaan Idul Fitri mendatang. Agar masyarakat di daerah tersebut sudah bisa menggunakannya saat pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Fitri.