NationalNews

Dukung Pelaku Usaha Mikro, Habitat for Humanity Indonesia Adakan Pelatihan Kewirausahaan

46
×

Dukung Pelaku Usaha Mikro, Habitat for Humanity Indonesia Adakan Pelatihan Kewirausahaan

Share this article

LASAK.iDPandemi Covid-19 telah memberikan “pukulan” keras terhadap kehidupan keluarga berpenghasilan rendah di Indonesia. Mereka kehilangan sumber penghasilan di saat kebutuhan hidup semakin meningkat dengan bertambahnya biaya hidup baru seperti pembelian pulsa internet untuk anak-anak belajar secara daring (online) dan hal lainnya.

Banyak dari mereka yang ingin tetap dan terus berjuang menopang ekonomi keluarga disaat mengalami pemutusan hubungan kerja, pemotongan gaji, dan usaha yang tutup, namun tidak memiliki dan minim keterampilan untuk berdagang serta tidak ada modal usaha.

Untuk mendukung usaha menafkahi keluarga di masa pandemi Covid-19, Habitat for Humanity Indonesia bersama dengan PT Lautan Luas, Tbk (LTL)  dan PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) mengadakan Pelatihan Kewirausahaan.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menuturkan “Pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat tetap di rumah membuat peran rumah menjadi lebih penting karena menjadi benteng pertahanan utama agar terhindar dari virus. Namun, bagi para pelaku usaha mikro yang kehilangan pekerjaan tapi harus di rumah saja, hal ini terasa sulit untuk mereka bisa bertahan menghidupi keluarga. Habitat for Humanity Indonesia sebagai organisasi kemanusiaan yang berfokus pada hunian terdorong untuk membantu mereka tetap produktif dan berpenghasilan meski di rumah aja dengan menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan. Program ini dilakukan untuk membekali mereka menjadi wirausaha kuliner yang memiliki keterampilan membuat makanan dan minuman, yang dapat dipasarkan secara online dengan menggunakan FiberCreme, produk pengganti susu dan santan yang sehat dan berkualitas sehingga mereka bisa bertahan secara ekonomi dan menghidupi keluarganya”.

Habitat bersama PT. Lautan Luas Group (LTL) dan PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) membuat program memberikan bantuan usaha kepada 100 peserta pelatihan yang lolos seleksi dan menjadi merchant Grab Food. Selain pelatihan memasak, pelatihan memotret juga diberikan agar makanan dan minuman yang dijual dapat dipasarkan dengan foto-foto yang menarik. Selain bantuan usaha, akan dipilih juga 10 pemenang yang mendapatkan total hadiah puluhan juta rupiah, yaitu mereka yang berhasil meraih omset tertinggi penjualan di GrabFood selama sebulan.

Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PT Lautan Luas Tbk (LTL) dan PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) yang telah menjadi mitra kami sehingga pelatihan Kewirausahaan ini dapat terselenggara. Kepada peserta saya ucapkan selamat mengikuti dan harapan kami bahwa pelatihan ini membawa manfaat yang seluas-luasnya bagi peningkatan ekonomi keluarga dimasa pandemi ini”, tambah Susanto.

Eurike Hadijaya, Investor Relations & Corporate Communications Manager PT Lautan Luas Tbk mengungkapkan “PT Lautan Luas Tbk melakukan berbagai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan melalui 4 pilar kegiatan sosial kami yaitu pemberdayaan masyarakat, edukasi, pengembangan mata pencaharian dan lain-lain”.

Pandemi COVID-19 memberikan dampak kepada semua sektor kehidupan sosial masyarakat, baik sektor kesehatan maupun sektor perekonomian. Masyarakat perlu menyiapkan diri menghadapi dampak yang terjadi khususnya agar kebutuhan ekonomi tetap dapat terpenuhi.

Untuk membantu masyarakat dan pengusaha mikro yang terdampak PT Lautan Luas berkolaborasi dengan anak perusahaan yaitu PT Lautan Natural Krimerindo produsen Fibercreme dan Habitat for Humanity Indonesia mengadakan pelatihan Kewirausahaan 2020 berupa pelatihan memasak, fotografi makanan dan pemasaran  online kepada pelaku usaha mikro dan masyarakat terdampak Covid 19.

Pelatihan ini bertujuan menciptakan pengusaha baru makanan minuman serta membantu pelaku usaha mikro untuk berkembang dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hendrik Gunawan, Direktur PT Lautan Natural Krimerindo menyampaikan “Dalam masa pandemi ini, PT LNK banyak melakukan kegiatan untuk mendukung para pelaku bisnis makanan dan minuman yang terdampak pandemi melalui program FiberCreme Inside.  Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini pun merupakan perwujudan dari dukungan kami untuk UMKM makanan dan minuman. Melalui salah satu produk kami, FiberCreme, kami berharap bisa memberikan kemudahan dan nilai tambah bagi pelaku usaha makanan dan minuman melalui alternatif produk pengganti santan dan susu yang rendah gula dan tinggi serat sehingga bisa menjangkau lebih banyak kalangan masyarakat yang menginginkan hidup #EnakBisaSehat””.

Acara Pelatihan Kewirausahaan ini diharapkan tidak hanya menolong para rumah tangga bertahan di masa pandemi tetapi pelatihan ini menjadi modal dan bekal bagi mereka untuk berjuang secara mandiri, memenuhi kebutuhan hidup sebagai wirausaha yang dapat  mendukung kesejahteraan keluarga kedepannya.

Masyarakat dapat mengambil bagian mendukung keluarga-keluarga ini dengan berdonasi melalui https://kitabisa.com/campaign/habitatdukungusahaibu.