Review

Review: Haunted Mansion, Ketika Terjebak di Rumah Berhantu

85
×

Review: Haunted Mansion, Ketika Terjebak di Rumah Berhantu

Share this article

LASAK.iDHaunted Mansion menjadi produksi terbaru Walt Disney Pictures yang tayang di tanah air pada 26 Juli ini. Sesuai dengan judulnya, Haunted Mansion berkisah tentang Gabbie (Rosario Dawson) dan anaknya Travis (Chase W. Dillon) yang terpaksa pindah ke kota baru untuk melanjutkan kehidupan setelah kematian suaminya.

Gabbie dan Travis awalnya cukup bersemangat dengan kehidupan mereka yang baru. Kenyataan sering tidak sesuai harapan, karena keduanya justru mendapat teror dari para hantu yang telah lama mendiami rumah itu.

Masa lalu mengungkap rumah besar itu merupakan peninggalan seorang kaya raya di masa lampau bernama William Gracey (J.R. Adduci). Di masa lalu, Gracey yang tak rela ditinggal istrinya, Eleanor Gracey (Erika Coleman) menyewa jasa seorang ahli bernama Madame Leota (Jamie Lee Curtis) untuk memanggil roh istrinya.

Proses yang dilakukan selalu gagal untuk memanggil roh Eleanor, yang hadir justru berbagai macam roh. Hingga akhirnya ada satu roh penuh kejahatan karena sebuah dendam besar di masa lalu. Roh bernama Crump/Hatbox (Jared Leto) menjadi penguasa menakutkan bahkan untuk para roh di rumah tersebut.

Selama ratusan tahun Crump/Hatbox terus memenjarakan para roh hingga berjumlah 999. Ia membutuhkan satu nyawa untuk menyempurnakan niat jahatnya. Jiwa yang cocok dengan kesedihan yang mendalam ada pada sosok Ben Matthias (LaKeith Stanfield) sepeninggalan istrinya.

Sebelum Ben, ada seorang pria yang mengaku sebagai pastur bernama Father Kent (Owen Wilson) yang ikut terjebak dalam rumah berhantu itu. Father Kent adalah orang yang merekrut Ben untuk memotret hantu dengan alat yang diciptakannya.

Gabbie, Travis, Ben dan Father Kent yang merasa tidak sanggup menghadapi begitu banyak roh di rumah itu, memutuskan mencari bantuan dari para ahli. Pertama, seseorang bernama Harriet (Tiffany Haddish) yang berpengalaman untuk berkomunikasi dengan para roh.

Lalu, ada Bruce Davis (Danny DeVito), seorang profesor yang memiliki mengetahui dengan lengkap akan rumah milik William Gracey dan sejarah kelam yang menyelimutinya. Saking kuat kejahatan yang dibawa roh dari Crump/Hatbox, kelimanya mengalami banyak kesulitan.

Akhirnya bantuan dari Madame Leota yang selama ratusan terperangkap dalam sebuah bola kaca dan petunjuk dari buku miliknya. Kerja sama satu sama lain, bahkan dari para hantu yang akhirnya memihak mereka mampu mengalahkan Crump/Hatbox.

Review

Haunted Mansion bukanlah sebuah cerita baru, ini merupakan reboot dari film yang juga diproduksi oleh Walt Disney pada 2003 silam. Kini, Walt Disney melalui sutradara Justin Simien mengubah bagian tertentu filmnya yang juga menyesuaikan bagaimana penonton dan minat pangsa saat ini.

Konsep cerita yang dibangun masih merujuk kepada sebuah keluarga dan drama di dalamnya. Bedanya, pada film 2003 melibatkan sebenarnya satu keluarga, yaitu keluarga Evers. Filmnya kini, penafsiran berbeda tentang orang asing bernasib sama yang berjuang terlepas dari kutukan rumah berhantu William Gracey.

Perubahan lain dari penulis Katie Dippold pada karakter para roh/hantu. Sebelumnya, para roh sebagai antagonis berwujud nyata dengan segala aktivitas layaknya manusia. Versi terkini, visual effect lebih berperan dengan membuat karakter para roh/hantu sebenarnya dengan beragam rupa dengan wujud transparannya.

Perkembangan teknologi dalam industri film saat ini memegang peranan besar untuk Haunted Mansion 2023 dalam sinematografi dan visual effect filmnya. Jika dibandingkan dengan yang terdahulu itulah bagaimana secara kualitas jauh lebih baik.

Sama dengan film sebelumnya, komedi yang mengundang tawa hadir dari dialog dan juga body language yang menyangkup mimik/ekspresi wajah, gerak dan postur tubuh.

Sisi lain film ini dirasakan kurang pas untuk anak-anak tetapi juga kurang kuat untuk juga menyasar pada batasan usia dewasa. Film menjadi menggantung di tengah untuk target market yang ingin dicapai. Ini mengacu pada genre filmnya, komedi dan drama.

Komedinya tetap membuat tawa penonton tetapi tidak juga intens dan sebenarnya cukup sedikit untuk membuat penonton terbahak-bahak.

Drama filmnya memang cukup terasa lebih berfokus pada dua karakternya, Ben dan Travis tetapi penulis membuat setiap karakter memiliki kisahnya tersendiri. Tumpang tindih satu dengan yang lain pun tidak atau menghilangkan fokus drama utamanya. Hanya saja dramanya tidak juga yang terasa kuat dan deeper untuk membuat penonton terenyuh

Terlepas dari plus minus filmnya, Haunted Mansion 2023 cukup untuk menjadi tontonan yang menghibur. Terutama kekonyolan yang dihadirkan pemain untuk porsi karakter yang dimainkan masing-masing.

Production company: Walt Disney Pictures, Rideback
Distributor: Walt Disney Studio, Motion Pictures
Cast: LaKeith Stanfield (Ben Matthias), Rosario Dawson (Gabbie), Chase W. Dillon (Travis), Owen Wilson (Father Kent), Tiffany Haddish (Harriet), Danny DeVito (Bruce Davis), Jared Leto (Crump/Hatbox), J.R. Adduci (William Gracey), Jamie Lee Curtis (Madame Leota), etc
Director: Justin Simien
Screenwriter: Katie Dippold
Producers: Dan Lin, Jonathan Eirich
Duration: 2 hours 3 minutes